Ini Lho Inovasi di Dunia Kedokteran yang Dapat Mempermudah Perawatan Kesehatan di Masa Depan!

2.225 views

Sejak perkembangan teknologi semakin maju, semakin mudah juga untuk kita dalam mengembangkan aspek kehidupan, salah satunya adalah inovasi dalam bidang kedokteran. Inovasi yang dikembangkan untuk teknologi kedokteran pun semakin canggih. Kalau jaman dahulu inovasi yang berkembang adalah lahirnya antibiotik, atau ditemukannya mesin X-ray, sekarang bahkan ditemukan pisau bedah pintar dan lensa kontak super canggih!

Apa saja kira-kira inovasi teknologi untuk dunia kedokteran? Dilansir dari brightside, ini dia:

1. Anatomi hologram

via: brightside.me

Buat anak kedokteran nih, biasanya mereka mempelajari ilmu anatomi manusia melalui buku atau manekin yang menggambarkan secara lengkap mengenai anggota tubuh manusia. Tapi karena perkembangan teknologi semakin maju dan canggih, sekarang nggak perlu lagi ribet-ribet lihat dari buku. Microsoft sedang mengembangkan teknologi HoloLens, yang memproyeksikan informasi digital melalui apa yang kita lihat. Keren banget, kan? Melalui teknologi ini pastinya dokter dimasa depan akan lebih mudah untuk meneliti anatomi manusia, dan menghasilkan bedah tubuh yang lebih akurat pastinya.

2. Kontak Lensa untuk penderita diabetes

via: brightside.me

Google memang selalu di depan untuk inovasi teknologi terbaru. Salah satunya adalah lensa kontak ini. Dibuat untuk mempermudah penderita diabetes dalam mengetahui kadar gula di tubuh. Mereka nggak perlu lagi ribet-ribet lagi melakukan pengambilan darah untuk mengecek kadar glukosa tubuh. Cukup menggunakan lensa kontak ini untuk melihat tingkat glukosa dari air mata yang dihasilkan. Keren abis!

3. 3D printing

via: brightside.me

Yep, benar sekali. Di masa depan 3D printing bukanlah hal yang mustahil. Obat, anggota tubuh prosthetic, dan organ bisa lho di print jadi nyata seperti kita nge-print kertas. Teknologi 3D bioprinting saat ini digunakan untuk mempelajari pengobatan regeneratif. Bahkan dalam contoh organ printing, para peneliti menemukan cara untuk menggabungkan material dan sel biologis, yang dapat digunakan untuk membuat jaringan hidup dalam membuat organ. Canggih banget!

4. Pisau bedah pintar

via: brightside.me

Untuk dapat mengangkat tumor, dokter bedah seringkali menggunakan metode surgical ontology. Nah untuk menghindari adanya area kanker baru, jaringan yang berada di sekitar tumor tersebut harus diangkat. Ada inovasi bernama iKnife tool, yang dapat meminimalisir tertinggalnya jaringan kanker lama di tubuh pasien. Alat ini dapat melihat dan mengidentifikasi area tumor, dan menghilangkannya tanpa bekas. Keren!

5. Data ownership

via: brightside.me

Setiap orang pasti memiliki rekam jejak data kesehatan yang berisi seputar kondisi kesehatan tubuh. Masalahnya adalah, seringkali data ini tertukar, hilang, atau salah interpretasi. Awkward banget, kan? Nah dimasa depan nanti, data kesehatan setiap orang akan lebih mudah diakses karena adanya sensor kesehatan, dan alat diagnosa yang portable. Jadi untuk masa depan nanti setiap orang akan mendapatkan perawatan kesehatan yang efisien, karena data kesehatan mereka ada dalam satu tempat yang sama dan mudah diakses. Enak kan?

Gimana Kawan Muda? Canggih banget ya teknologi kedokteran dimasa depan nanti. Ada nggak Kawan Muda disini yang berminat untuk jadi dokter? Siapa tahu bisa “mencicipi” teknologi canggih ini nantinya. Ada yang tertarik?