Ingin Bahagia? Cobalah untuk Menyerah pada Hal-Hal Ini, Nomor 3 Penting Banget!

2.212 views
via: videezy.com

Bahagia adalah sebuah pilihan. Ya, karena kita yang menentukan hidup kita sendiri dan pilihan kita itulah yang membawa kita dalam kebahagiaan hidup. Sayang, terkadang manusia terjebak dalam pilihan-pilihan yang malah membuat hidup mereka semakin sulit.

Bukannya tak ada pilihan lain, tapi mereka memaksakan diri untuk memilih hal tersebut—lagi dan lagi. Lama-kelamaan, mereka jatuh dalam sebuah kebiasaan yang malah membuat hidup mereka jauh dari kata bahagia.

Dan ketika tahu bahwa mereka berada dalam krisis, barulah mereka menyadari bahwa ada hal-hal dalam hidup yang harus dibuang jauh-jauh dari pilihan kita agar hidup lebih bahagia ke depannya. Apa saja?

1. Takut untuk keluar dari zona nyaman

via: lifebuzz.com

Kamu selalu bertahan agar dirimu tetap menjadi dirimu yang seperti biasanya. Padahal, ketika berada di dalam masa-masa sulit, kamu harus berani memilih antara tetap menjadi dirimu yang dulu dan hidupmu akan terus begitu-begitu saja, tanpa tantangan. Atau, kamu keluar dari zona nyaman dan memikirkan cara-cara lain untuk melanjutkan hidup.

2. Terlalu keras pada diri kita sendiri

via: lifebuzz.com

Berhentilah memarahi atau menyakiti dirimu atas hal-hal yang telah kamu lakukan. Manusia sangat wajar berbuat kesalahan dan memiliki kekurangan, jadi jangan menyalahkan diri sendiri karena kamu memiliki hal itu. Jangan merasa enggak pantas juga saat menyadari dirimu jauh dari kata sempurna. Cintailah dirimu sendiri, dirimu yang sebenarnya, dan jangan mau dibutakan oleh kekuranganmu.

3. Rasa penyesalan yang terlalu berlebihan

via: lifebuzz.com

Menyesal itu wajar, kita semua merasakan hal itu saat segala sesuatu tak sesuai dengan ekspektasi. Namun dihantui penyesalan, rasanya kamu enggak perlu melakukannya. Bukan berarti kamu melupakan sama sekali, tapi rasa penyesalan itu akan lebih positif jika kamu berusaha untuk terus melakukan introspeksi, koreksi, dan berusaha untuk mencapai masa depan yang lebih baik.


BACA JUGA:


4. Terjebak dalam hal-hal negatif di sekitarmu

via: lifebuzz.com

Berpikir positif bagaimanapun kondisimu adalah hal yang penting. Ya, jangan biarkan hidupmu dikuasai oleh pikiran-pikiran negatif, meskipun kamu berada dalam suasana yang “negatif” sekalipun. Ingatlah bahwa pikiran yang negatif menghalangi kita untuk melakukan segala sesuatu dengan baik.

5. Berpikir bahwa hidup orang lain lebih baik

via: lifebuzz.com

Rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau, tapi demi memiliki rumput yang begitu hijau, mereka pasti bekerja keras juga kan? Itulah sebabnya jangan pernah menganggap bahwa orang lain lebih beruntung darimu. Di dunia ini, mendapatkan  sesuatu yang berharga itu bukanlah perkara mudah. Siapa pun itu, pasti melewati perjuangan yang sepadan dengan hasil yang didapatkannya.

6. Membandingkan hidupmu dengan orang lain

via: lifebuzz.com

Ketika melihat orang lain yang lebih sukses darimu, kamu berusaha untuk melakukan apa yang dia lakukan agar bisa sukses juga. Apakah ini akan membuatmu berhasil di kemudian hari? Tentu saja tidak! Setiap orang punya tujuan dan perjalanannya sendiri-sendiri. Hidupmu tak akan pernah sama dengan orang lain sehingga lakukanlah apa yang bisa dan ingin kamu lakukan. Jangan jadikan orang lain sebagai patokan.

7. Terlalu memikirkan penilaian orang

via: lifebuzz.com

Apa pun yang dipikirkan orang tentangmu, jangan terlalu dimasukkan ke hati. Ya, mereka enggak benar-benar tahu apa yang kamu alami bukan? Ini adalah hidupmu, lakukanlah apa yang menurutmu benar dan baik. Jangan biarkan dirimu sengsara karena penilaian orang yang mungkin enggak mengenal dirimu dengan baik.

8. Mempertahankan hubungan yang enggak sehat

via: lifebuzz.com

Entah itu hubungan dengan kekasih atau teman, jika sudah menyakitkan dan membuatmu enggak memiliki ruang untuk bergerak, ada baiknya kamu keluar dari sana. Apakah kamu mau menghancurkan diri sendiri demi orang lain? Ingatlah, di luar sana masih banyak orang-orang yang layak untuk kamu perjuangkan seperti anggota keluarga. So, jangan buang tenagamu untuk orang-orang yang enggak peduli padamu ya!

Itulah hal-hal yang harus kamu buang jauh-jauh dari hidup jika ingin hidup lebih bahagia ke depannya. Mudah bukan untuk menjadi orang yang bahagia? Kini saatnya kamu merenung dan menentukan pilihan, melepas semua hal di atas dan bahagia atau membiarkannya dan terpuruk. Semoga tips di atas bermanfaat, Kawan Muda 😉

Sumber: Lifebuzz