Fotografer Ini Mengumpulkan Sampahnya Selama 4 Tahun dan Membuat Sebuah Proyek Foto yang Begitu Menyindir Gaya Hidup Masyarakat Modern!

Apa yang terjadi jika kamu enggak buang sampah selama empat tahun? Hemm, bisa ngebayangin enggak berapa banyak sampah rumah tangga yang berhasil kamu simpan? Satu mobil? Satu ruangan? Sepertinya kamu bakal kaget kalau tahu bahwa sampah selama setahun mungkin bisa memenuhi setiap sudut di rumahmu. Enggak percaya?

Antoine Repessé fotografer asal Lille, Perancis, telah membuktikannya sendiri. Sejak tahun 2011 lalu, Antoine memutuskan untuk menyimpan sampah-sampah miliknya yang bisa didaur ulang, seperti botol sampo/sabun, kotak susu, roll tisu toilet, hingga majalah/koran bekas.

Setelah empat tahun mengumpulkan sampah, dia kemudian mengubah sampah-sampah tersebut menjadi sebuah proyek foto yang begitu besar impact-nya untuk kehidupan kita. Daripada makin penasaran, yuk kita lihat bareng-bareng foto-fotonya berikut ini!

Mungkin kamu bertanya-tanya, ngapain sih Antoine  niat banget mengoleksi sampah miliknya? Apalagi selama empat tahun lamanya! Beuh, menggunung itu!

bahaya sampah plastik
via: upworthy.com

Ternyata, dia pengin menunjukkan pada kita semua betapa pentingnya mendaur ulang sampah dan penggunaan kemasan yang ramah lingkungan.

bahaya sampah plastik
via: upworthy.com

Yup, proyek yang bertajuk ‘#365Unpacked’ ini enggak hanya menegur kita para konsumen saja, tetapi juga produsen produk tersebut. Meskipun lewat karyanya, Antoine lebih menekankan pada peran kita sebagai konsumen.

bahaya sampah plastik
via: upworthy.com

BACA JUGA:


Selama 4 tahun, Antoine berhasil mengumpulkan lebih dari 70 m3 sampah yang terdiri atas: 1.600 botol susu, 4.800 roll tisu toilet, dan 800 kg koran.

bahaya sampah plastik
via: upworthy.com

Nah, untuk memberikan efek dramatis pada proyek fotonya, Antoine memilah sampah tersebut berdasarkan jenisnya. Dengan begitu, siapa pun yang melihatnya akan memahami bahaya dari masing-masing sampah-sampah yang dihasilkan.

bahaya sampah plastik
via: upworthy.com

Selama ini, kita hanya bingung memikirkan jumlah sampah yang dihasilkan tanpa mau mencari solusi bagaimana cara “melenyapkan” sampah tersebut. Karya ini membuat kita berpikir ulang mengenai nasib sampah-sampah yang kita buang.

bahaya sampah plastik
via: upworthy.com

Ke mana perginya mereka setelah kita membuangya ke tong sampah? Apakah mereka melayang-layang di lautan? Dibiarkan saja di tempat pembuangan akhir? Atau mungkin didaur ulang menjadi sesuatu yang berbeda sama sekali? Selama ini kita mungkin enggak pernah memikirkan hal-hal ini…

bahaya sampah plastik
via: upworthy.com

Semenjak dimulainya proyek ‘#365Unpacked’, Antoine lambat laun mengubah beberapa kebiasaan buruknya—dimulai dari cara dia makan. Yup, dia mulai mengurangi pembelian makanan beku kemasan dan makanan ringan untuk meminimalisir sampah plastik.

Kini, dia lebih sering masak sendiri di rumah daripada beli. Selain lebih sehat dan bisa membantu menyelamatkan lingkungan dari sampah, Antoine juga bisa berhemat. Wow, benar-benar menginspirasi ya fotografer yang satu ini! Salut!

Sumber: Upworthy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *