Jangan Sedih! Ini 7 Cara Mudah Membangun Self-Love

783 views
Cara-mudah-self-love
Self love | via pexels.com

Self-love adalah tameng di hampir setiap masalah kehidupan. Ngeri kan, tiap denger berita (mostly luar negeri) orang bunuh diri karena depresi. That’s why, self-love alias sikap mencintai diri sendiri itu penting, Kawan Muda.

Dalam hidup kamu nggak cuma dituntut untuk berhubungan baik dengan Tuhan, manusia lainnya, hewan, tumbuhan, dan lingkungan, tapi juga diri sendiri. Jangan sampai, kamu menjadi pribadi yang ‘melenceng’ gara-gara lupa buat self-love.

Emang harus gimana sih self-love itu? Yuk, ikuti cara mudah self-love berikut ini ya!

1. Memulai hari dengan bersyukur

Bersyukur-cara-mudah-self-love
Bersyukur | via pexels.com

First thing first, buka mata dan mulailah pagi dengan bersyukur. Kamu dikasih kesempatan hidup, kesehatan, kesibukan maupun waktu luang harus disyukuri. Lalu, coba deh bikin daftar hal positif apa aja yang bakal kamu lakukan hari ini. Semangat pagi akan membawa energi positif sepanjang hari.

2. Lakukan hal yang kamu kuasai

Sibukkan diri dengan hal-hal bermanfaat. Bekerja atau belajar, misalnya. Kamu yang menyukai pekerjaan dan merasa itu passion-mu, bersyukurlah. Kalau kamu harus menjalani hari di bawah tekanan dari pekerjaan yang nggak kamu suka, ulik lagi. Pasti ada kok sesuatu dari dirimu yang bisa di-explore! Lakukan hal yang kamu senangi.

3. Bergabung dengan komunitas

Cara mudah self-love berikutnya adalah ikut komunitas. Komunitasnya apa? Ya bebas asalkan positif, nggak sesat, dan nggak merugikan. Contohnya kamu bisa ikut komunitas pecinta hewan kucing, komunitas peduli sesama, komunitas otomotif, komunitas sepeda gunung, komunitas pecinta film anime tertentu, dan lain-lain. Berada di kumpulan orang-orang baik akan membuat kualitas diri menjadi lebih baik loh.

4. Membersihkan lingkungan

Lihat sekelilingmu, stres bisa saja tercipta dari sana. Kamar berantakan, meja kantor apalagi, duh bersihin sebentar deh. Minimal 20 menit per hari untuk merapikan tempat yang biasanya kamu singgahi itu perlu.

Bersihkan lingkungan juga bisa. Ehm, maksudnya, bersihkan dirimu dari toxic people. Kalau orang tersebut suka mengeluh, melontarkan energi negatif, mending jaga jarak atau atur tindakan preventif ya.

5. Ciptakan me-time

me-time-cara-mudah-self-love
Me time | via pexels.com

Me-time ini bentuknya bisa macem-macem, ke salon atau ke mall pun kadang juga bisa dianggap me-time. Mau olahraga, liburan, atau meluangkan waktu untuk hobi itu penting banget.  Intinya, refreshing lah! Biar badan dan pikiran semangat. Hindari pusing berlarut-larut mikir kerjaan atau mantan. Ups!

Oh iya, kalau bisa ini tuh harus rutin. Apalagi olahraga. Kalau kamu sibuk, paling nggak seminggu sekali sempatkan berolahraga. Liburan juga perlu, kalau toh nggak bisa sebulan sekali, paling nggak sekali dalam tiga bulan deh. Jangan nimbun uang cuma biar bisa kaya tapi lupa memanjakan dirimu ya, Kawan Muda.

6. Memperkuat spiritual

Memperdalam ilmu agama juga bagian dari self-love. Ini sebagai perisai biar apapun masalahmu, kamu ingat kalau kamu punya Tuhan. Tugasmu cuma menjalani masalah dan mencari jalan keluarnya, dengan sabar dan optimis. Kalau “inside-out”mu kuat, selemah apapun “outside-in” nggak bakal bikin kamu down. Sebab kamu punya motivasi diri yang kuat.

7. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Last but not least, teruslah berpikir positif. Kurang-kurangi membandingkan dirimu dengan orang lain. Hilangkan sifat iri dan dengki terhadap keberhasilan orang lain. Apapun itu, pokoknya kamu hepi aja lah. Tebarkan cinta dan semangat positif di manapun kamu berada. Cie gitu.

Nah, kalau setiap hari kamu merutinkan kegiatan positif ini kamu bakal lebih mencintai dirimu. Jangan lupa bersyukur lagi sebelum kamu memejamkan mata di malam hari ya, Kawan Muda. Cintai dirimu, karena kamu terlalu berharga untuk tidak dicintai.