Bermodal motor butut, semangat driver ojek online yang sudah senja ini tak kunjung surut

2.800 views
via: brilio.net

Di zaman yang serba modern ini, angkutan umum berbasis online sepertinya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Tak bisa dipungkiri, angkutan umum berbasis online memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya.

Harga yang terjangkau, faktor kenyamanan, potongan harga pada saat-saat tertentu, hingga aneka promo lainnya membuat jumlah masyarakat yang menggunakan angkutan berbasis online semakin meningkat.

via: detik.com

Masyarakat pun berbondong-bondong ingin jadi driver ojek online dan tak sedikit tukang ojek pangkalan yang alih profesi menjadi pengojek dengan sistem online tersebut. Salah satunya adalah Pak Hermanto, driver Gojek yang kisahnya sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Pak Hermanto menjadi “tenar” bukan karena berhasil mengejar jambret atau membubarkan tawuran antar pelajar. Lelaki yang tak lagi muda dan tampak sangat kurus ini menjadi terkenal setelah netizen mengunggah fotonya ketika sedang bekerja menggunakan motor bututnya.

via: vemale.com

Ya, jangan bayangkan Pak Hermanto membawa motor yang bagus layaknya driver ojek online lainnya. Karena yang dia miliki hanyalah motor jenis RX-King yang sudah butut dan kondisinya pun memprihatinkan. Syukur kalau penumpang masih mau menaikinya, kalau tidak?

Namun, semangat dan kerja kerasnya bikin trenyuh dan patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, banyak orang di luar sana yang menganggur dan saat ditanya kenapa tidak menjadi driver ojek online, mereka menjawab tidak bisa menggunakan smartphone!

via: vemale.com

Padahal Pak Hermanto sudah tua dan dia masih mau berusaha  mengikuti perkembangan zaman meski harus menanggung risiko ketika membawa motor bututnya. Beruntung ada netizen yang menyebarkan foto Pak Hermanto ketika bekerja, sehingga bantuan spare part dan donasi untuk perbaikan motor Pak Hermanto pun mulai mengalir.

via: vemale.com

Motor Pak Hermanto akhirnya direstorasi oleh komunitas RX-King Jakarta. Motor yang tadinya sangat mengenaskan dan terdapat kerusakan dimana-mana, kini menjadi lebih aman, nyaman, dan tentu saja lebih layak dipakai. Sekarang Pak Hermanto bisa mengantar penumpang tanpa perlu khawatir lagi motornya rusak dan membahayakan keselamatan mereka.

via: cerpen.co.id

Kisah Pak Hermanto kembali menjadi teguran bagi kita semua. Usia jangan dijadikan alasan, jika kamu masih mampu dan memiliki kemauan, mempelajari hal baru yang terkesan asing pun bukanlah hal yang mustahil. Selain itu, keterbatasan fasilitas juga jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Karena jika tidak bergerak dari sekarang, Kawan Muda akan semakin tertinggal dari yang lain.

via: setia1heri.com

Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran hidup dari kisah Pak Hermanto ini, ya 🙂

Sumber: Vemale.com