9 Perbandingan antara Tubuh Manusia dengan Teknologi Modern yang Tidak Kamu Ketahui Sebelumnya

Kawan Muda, tahukah kamu kalau sebenarnya tubuh manusia merupakan sistem terbaik yang ada di planet? Seberapa banyaknya teknologi canggih yang diciptakan, tetap tidak akan bisa menyaingi uniknya sistem tubuh manusia. Ada beberapa hal dalam tubuh manusia yang kualitasnya bisa dibandingkan dengan teknologi saat ini. Nggak percaya?

Dilansir dari brightside, ini dia 9 perbandingan antara tubuh manusia dengan teknologi modern:

1. Kapasitas Megapixel

via: brightside.me

Sebenarnya sih kalau dari segi ilmiah, kita tidak bisa membandingkan kapasitas megapixel yang ada dalam mata dengan kamera digital. Tapi untuk sekadar pengetahuan saja, kalau ternyata di mata kita terdapat kapasitas 126 megapixel yang terletak di pupil mata. Bandingkan dengan kamera ponsel yang terbagus saat ini “hanya” memiliki kapasitas 12 – 18 megapixel. Keren banget!

2. Ukuran dari perekaman video 1 detik

Percaya atau tidak, tapi penglihatan kita selama 1 detik setara dengan ukuran video sebesar 21.45 GB. Sedangkan pada i-Phone, 1 detik perekaman memiliki ukuran sebesar 375 MB. Beda banget ya, bedanya?

3. Kapasitas penyimpanan

via: brightside.me

Otak memiliki 100 triliun neuron, dimana setiap neuron menciptakan sekitar 1000 synapses yang dapat menyimpan data. Artinya kalau dilipat gandakan, otak memiliki kapasitas penyimpanan hingga 100 TB! Salah satu komputer terhebat di dunia, “Titan” bisa mencapai sistem memori ini, dengan kapasitas sebesar 710 TB. Tapi tidak semua komputer bisa memiliki kapasitas sebesar itu, tetapi hampir semua otak manusia memiliki kapasitas penyimpanan yang sama, iya kan?

4. Jumlah informasi 

via: brightside.me

Berdasarkan channel ilmiah Veritasium, diperkirakan pada tahun 2020 total informasi yang tersimpan mengenai makhluk hidup akan mencapai 40 zettabytes. Tapi, kamu tahu tidak kalau dalam tubuh manusia sendiri terdapat informasi yang mencapai 60 zettabytes? Lebih besar daripada informasi yang ada di bumi, kan?

5. Informasi genetik

via: brightside.me

Namun ada hal yang dimana tubuh manusia memiliki perbandingan yang sama dengan teknologi, salah satunya adalah informasi genetik. Informasi genetik seseorang hanya membutuhkan kapasitas sebesar 1.5 GB. Setara dengan sistem operasi iOS 10 yang membutuhkan jumlah yang sama.

6. Reaksi kimiawi

via: brightside.me

100.000 reaksi kimiawi terjadi di otak setiap detiknya, dan kecepatan ini setara dengan kecepatan kereta Shanghai Maglev. Kereta ini merupakan salah satu yang tercepat di dunia, mencapai 430 km per jam. Luar biasa!

7. Cara kerja otak

via: brightside.me

Ada suatu ungkapan yang mengatakan bahwa manusia sebenarnya hanya menggunakan kapasitas otaknya sebesar 10%, dan ternyata ini adalah mitos. Otak sebenarnya menggunakan sebanyak mungkin sumber daya pada saat tertentu. Cara kerja ini bisa dibandingkan dengan cara kerja radio, dimana kita hanya mendengarkan satu gelombang dalam satu waktu, meskipun kenyataannya ada banyak 100 gelombang lain yang bisa kita pilih.

8. Kekuatan otak

via: brightside.me

Untuk membandingkan kekuatan otak dengan minimum kapasitas 20 W, kita perlu komputer supet yang membutuhkan kapasitas 1.4 MW, atau 70.0000 lebih besar. Sulit, kan?

9. Kemampuan regenerasi

via: brightside.me

Ini bagian yang paling penting, otak dan tubuh manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk regenerasi dan memperbaiki kerusakan serius. Tapi tahukah kalian, bahkan gadget terhebat di dunia tidak bisa melakukan hal itu.

Nah sekarang sudah tahu kan, kemampuan tubuh manusia itu luar biasa hebat? Banyak sekali misteri dan informasi tubuh manusia yang belum terungkap, dan kehebatan tubuh manusia ini tidak ada apa-apanya dengan kecanggihan teknologi modern. Jadi, jangan pernah ragukan kehebatan tubuhmu, ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *