5 Bentuk #PostinganBaik di Media Sosial Yang Punya Pengaruh Untuk Menolong Banyak Orang

Kita semua tahu bahwa internet itu, khususnya media sosial, ibarat dua sisi mata pisau. Di satu sisi penggunaanya bisa menimbulkan dampak positif, di sisi lain juga bisa merugikan apabila kurang bijak dalam menggunakannya. Contoh nyatanya sudah banyak Kawan Muda, hoax yang ada dimana-mana dan begitu maraknya cyber bully.

Namun, kita bisa, kok, menghindari dampak buruk media sosial dengan menjadi pengguna internet yang bijak. Yup, kita harus selektif dan kritis dalam membaca informasi yang ada di media sosial. Dan yang terpenting, nih, selalu sebarkan #PostinganBaik di media sosial kamu.

#PostinganBaik itu bentuknya macam-macam dan tentunya bermanfaat bagi siapa pun yang melihatnya. Sriboga EasyMix  dan Kita Muda telah merangkum nih 5 bentuk #PostinganBaik yang bisa melawan dampak negatif dari media sosial. Yuk, disimak…

1. Berbagi artikel atau video lifehack atau tips trik yang berguna

smartphone
Foto : www.umts-stick.org

Masih suka menyebar berita hoax? Ugh, ke laut saja deh! Daripada share artikel yang belum terjamin kebenaran faktanya, nih, mending Kawan Muda share artikel atau video yang berisi tips dan trik. Buat kamu yang kreatif dan suka bikin barang DIY, bagikan saja tips dan trik-nya di akun media sosialmu. Kalau begini kan orang lain bisa dapat manfaat dari postingan-mu, kan?

2.  Memberi informasi tentang jalanan macet dan cuaca

foto-langit-18
Lokasi : Australia. Foto : Garry @Vision and Imagination

Yup, ini adalah cara simpel banget tapi berdampak besar buat banyak orang. Kalau Kawan Muda kebetulan menemukan rute jalan alternatif nih, jangan ragu untuk share di media sosial. Begitu juga kalau melewati jalan yang kebetulan ditutup, share info tersebut agar orang lain tidak kecele. Selain info jalanan macet, kamu juga bisa berbagi info tentang cuaca.

3. Membuat caption yang menarik dan memotivasi

share
Foto : Jingdaily.com

Membaca dan menulis quotes terkadang bisa membantu seseorang melewati masalah yang tengah dihadapi. Ya, kata-kata bisa jadi pemicu bagi seseorang untuk berpikir positif dan bangkit. Kalau kamu pandai dalam berkata-kata, jangan biarkan itu hanya tersimpan dalam pikiran. Bagikan kalimat inspiratif yang kamu buat sendiri atau mungkin mengutip milik seseorang di media sosial atau jadikan caption.

4.  Ucapan selamat

ucapan selamat
Foto : Thebalance.com

Tidak ada salahnya kan saling mengirim ucapan selamat ulang tahun atau perayaan hari besar tertentu pada teman atau kerabat dekat? Kamu bisa menuliskannya di akun media sosial milik mereka atau mempostingnya secara khusus di akunmu dalam bentuk quotes, gambar atau foto, atau video. Hemm, ini bisa membuat mereka senang kan?

5.  Foto dan upload penjaja makanan yang perlu dilariskan jualannya

easymix postingan baik
Foto : Sriboga EasyMix

Masih ingat kisah kakek penjual nasi uduk dan kakek pedagang pempek yang jualannya mendadak ramai gara-gara seorang netizen menggunggah foto mereka di media sosial? Kawan Muda juga bisa nih membantu pejaja makanan lainnya dengan ikutan kampanye #PostinganBaik yang diusung oleh Sriboga EasyMix.

Caranya mudah, kok, posting foto penjaja makanan langganan atau yang kamu temui di akun media sosial dengan hashtag #PostinganBaik. Dengan memposting tentang #PostinganBaik, kamu telah membantu penjaja makanan tersebut melariskan dagangannya.

Siapa bilang menyebarkan #PostinganBaik di media sosial itu sulit? Karena apa yang kamu posting di media sosial tidak bisa ditarik kembali, ada baiknya untuk membanjiri akunmu dengan hal-hal yang berbau positif dan beguna bagi banyak orang. Yuk, mulai terapkan di media sosialmu mulai dari sekarang 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *