Seperti yang Kawan Muda ketahui, baru-baru ini dunia politik dikejutkan oleh Menteri termuda di Malaysia, yaitu Syed Saddiq Abdul Rahman sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga di umurnya yang ke-25.

Lantas apa yang membuat Syed Saddiq ini terpilih sebagai Menteri, padahal umurnya masih terbilang muda? Kali ini, Kita Muda membuat rangkuman prestasi dan proses Syed Saddiq sehingga bisa menjadi Menteri.

1. Syed Merupakan Lulusan Hukum dari Universitas Islam Internasional Malaysia (UIAM)

lulusan hukum
Via sarvgyan.com

Pemuda kelahiran Johor ini dikenal karena memiliki bayak prestasi nasional dan internasional. Ia berhasil mendapatkan tiga kali penghargaan Asia’s Best Speaker di kejuaraan debat Asian British Parliamentary (ABP)

Semasa kuliahnya hingga ia lulus tahun 2016, Syed bekerja sebagai dosen paruh paruh waktu untuk kelas public speaking di kampusnya sejak tahun 2013. Selain itu, ia juga pelatih debat internasional di UIAM.

Baru-baru ini, Syed menolak kesempatan beasiswa untuk mengambil gelar Master jurusan Kebijakan Publik di Universitas Oxford. Ia menolak tawaran untuk semata-mata agar dapat mengikuti kontes pemilihan di kursi parlemen Muar, Johor

2. Karier Syed Saddiq

menteri malaysia
Via Instagra, @syedsaddiq

Pada tahun 2015 – 2016, Syed Saddiq bekerja di kantor riset Pemda Johor. Tahun 2016 ia bekerja untuk perdana menteri sebagai pekerja paruh waktu. Di tahun 2017, ia bertugas sebagai peneliti untuk Tun Dr Mahathir Mohamad


BACA JUGA:


3. Bergerak di Dunia Politik sejak Tahun 2016

syed saddiq
Via biswardihasbi.wordpress.com

Syed Saddiq merupakai Youth Chief dari Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) atau lebih dikenal dengan nama BERSATU yang didirikan oleh Perdana Menteri Mahathir Mohammad sejak tahun 2016.

Kemunculan Syed di ranah politik Malaysia dimulai sejak ia bergabung di Partai Pribumi Bersatu Malaysia pada 2016 dan menjadi calon legislatif untuk Kota Muar, Johor. Dalam pemilu ke-14 itu, anak terakhir dari empat bersaudara ini berhasil mengalahkan petahana dari Partai Barisan Nasional, Razali Ibrahim.

4. Syed Saddiq Dipercaya untuk Mendekati Generasi Muda

Via Facebook Syed Saddiq

Dalam beberapa tahun terakhir, Saddiq telah menjadi orang kepercayaan terdekat para koleganya yang lebih tua. Saddiq membantu para negarawan yang lanjut usia lebih dekat dengan masyarakat. Kebanyakan politisi menghadapi tantangan serupa, dimana mereka dikelilingi dan berbaur dengan wajah muda, yang umumnya tidak mereka kenal.

Bagi generasi millenial Malaysia, sosok Syed Saddiq dianggap dapat mewakili suara mereka.

“Saya kagum padanya karena dia menjalankan apa yang dia bicarakan – dia bilang dia ingin membuat perubahan, dia masuk politik dan dia melakukannya, tidak seperti banyak orang yang hanya bicara dan tidak melakukan apa-apa,” ujar seorang yang menonton video debat Syed di YouTube sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Sumber : Kumparan.com, rakyatjakarta.id, tempo.co, kompas.com