Siapa sih yang enggak pernah tidur saat jam pelajaran? Kayaknya hampir semua pelajar pernah tidur saat jam pelajaran, dari yang enggak sengaja ketiduran karena semalam habis nugas banyak banget atau yang emang kerjaannya tidur. Jadi masuk kelas hanya untuk absen. Tapi pas jam istirahat matanya segar bugar. Hayo siapa Kawan Muda yang suka seperti ini?

Biasanya para guru akan memutar otak bagaimana supaya anak didik mereka tidak ada yang tidur saat jam pelajaran, apalagi di jam-jam terakhir.

Tidak hanya satu guru yang memikirkan apa solusi dari mereka yang suka tidur di kelas, tetapi di SMP Hangzhou nomor 11 ini semua guru ikut memikirnya. Akhirnya ketemu lah solusi yang sangat tepat supaya anak didik mereka tidak tidur saat jam pelajaran, yaitu memasang kamera CCTV.

Bukan sembarang kamera CCTV yang hanya menunjukkan kegiatan di kelas, tetapi kalau kamera CCTV ini adalah manusia dan tinggal di Indonesia mungkin sudah dianggap punya indera keenam.


BACA JUGA :


Kamera CCTV ini tidak hanya berfungsi untuk memantau kondisi di kelas, melainkan juga mampu mendeteksi mimik wajah murid-muridnya. Dari yang kantuk, marah, sedih, bahagia, atau kesal karena ada quiz mendadak dari guru, semuanya  terdeteksi oleh kamera berteknologi tinggi tersebut.

Tidak cukup membaca mood kalian, kamera ini juga bisa loh menganalisis aktivitas siswanya.  Kawan Muda yang suka tidur, yang aktif di kelas, menulis, atau dengerin lagu saat guru sedang menjelaskan? Semua bisa terdeteksi sama kamera CCTV ini, yang kemudian kalau ada perilaku yang ganjil dari siswa tersebut akan langsung dilaporkan ke guru yang sedang mengajarnya saat itu. Sehingga guru akan langsung mengingatkan muridnya.

Menurut seorang pejabat sekolah setempat, sistem ini sangat efektif dan efisien untuk memeriksa kehadiran dan keaktifan kelasnya.

Absen pakai finger print, tanda tangan, atau dipanggil satu-satu untuk membuktikan bahwa siswanya datang sudah tidak dipakai di sekolah ini. Karena kamera ini bisa mengenali wajah para siswa dan mengabsennya secara otomatis.

Tenang, bagi kalian para siswa yang merasa tidak adil karena adanya CCTV ini, CCTV ini juga mengawasi para guru untuk meninjau kinerjanya di kelas. Hal ini bisa dilihat berdasarkan reaksi dari para siswa saat menerima pelajaran, ekspresi guru, dan lain-lain.

Bagi para guru dan siswa di SMP Hangzhou hal ini tentu sangat berguna dan membantu mereka untuk bersikap baik.

Baik terpaksa atau tidak, hal baik ini tentu akan menjadi kebiasaan di sekolah tersebut.

Sumber : Keepo.me