Apa yang ada di pikiran Kawan Muda, kalau mendengar nama polisi? Bagi para keluarga atau pacarnya pasti bangga dong, karena orang kesayangannya adalah abdi negara.

Tapi bagi masyarakat biasanya sudah berpikir jelek aja kalau dengar kata polisi, yang uangnya banyak karena suap lah atau layanan masyarakat yang mengecewakan dan sebagainya.

Eh, tapi itu hanya stigma masyarakat ya. Kenyatannya nih, masih banyak kok polisi yang berhati baik, yang tetap menjalani tugasnya untuk melindungi negaranya, bukan hanya manusia tapi hewan. Seperti beberapa kisah dari polisi di bawah ini :

  1. Polisi yang menyelematkan salah satu bayi narapidana

Seperti yang Kawan Muda ketahui, baru-baru ini terjadi kerusuhan di Mako Brimob, Depok, yang berawal dari keributan antara tahanan dan petugas kepolisian karena masalah makanan.

via: tribunnews.com

Saat terjadi kerusuhan tersebut, ada bayi berumur 4 hari terjebak di dalam rutan. Hal ini dikarenakan Sang Ibu merupakan tahanan titipan di Mako Brimob. Sebelumnya, polisi sudah berusaha mengeluarkan ibu dan bayinya dari dalam rutan, tapi sang ibu tidak mau. Akhirnya polisi hanya membawa bayinya keluar untuk diamankan.

2. Polisi yang sebar cokelat untuk anak-anak yang memakai helm saat diboncengi motor oleh orangtuanya

Beberapa orangtua ketika membawa anaknya yang masih duduk di bangku TK – SD menganggap bahwa mereka tidak membutuhkan helm ketika dibonceng motor. Mungkin karena tidak akan ditilang meskipun bonceng tiga, toh masih kecil. Tapi bagaimanapun juga helm adalah hal pertama yang kita butuhkan ketika ingin mengendarai motor.

polisi
Via boombastis.com

Biasanya polisi akan mengeluarkan surat tilangnya bagi mereka yang melanggar hukum saat mengendarai. Mulai tidak pakai helm, surat-suratnya nggak lengkap, karena nerobos lampu merah, dan melanggar aturan lainnya.


BACA JUGA:


Ada hukuman, tentu ada penghargaan. Polisi lalu lintas yang tidak mau disebutkan namanya memberikan penghargaan berupa cokelat untuk anak-anak yang memakai helmnya saat dibonceng motor.

Anak kecil pasti akan langsung minta dipakaikan helm sama orangtuanya nih!

  1. Polisi membantu kucing menyeberang jalan

Sedang viral di platform social media Instagram, terdapat video seorang polisi dari Polres Muba, Sumatra Selatan, membantu kucing yang sedang menyeberang jalan dengan menghalang kendaraan yang ingin lewat untuk menurunkan kecepatan. Polisi tersebut sengaja tidak mengangkat kucing lalu memindahkannya ke seberang jalan.

polisi
Via brilio.net

Aksi polisi ini tentu membuat warganet salut, terutama para pecinta hewan. Tidak hanya manusia, polisi tetap membantu makhluk hidup lainnya, yaitu hewan, dengan sabar.

Sumber: Brilio.net, tribunnews.com, boombastis.com