Wangi adalah hal yang diwajibkan di dunia, hal ini juga berguna untuk kebahagiaan seluruh umat manusia di dunia. Pasti risih banget ketika kalian mencium bau tidak sedap dari badan seseorang, rasanya langsung ingin menyumbangkan minyak wangi. Apa lagi kalau lagi berdesakan di dalam bus atau kereta. Pengap plus bau badan itu udah enggak banget deh, Kawan Muda.

Setiap orang pasti ingin tampil wangi di berbagai kesempatan, apalagi ketika kalian ingin ketemu gebetan atau pacar, duh udah pasti numpahin minyak wangi ke badan deh. Iya, parfum itu dipakai di badan bukan baju kalian.

Tapi kalian pernah nggak sih suka sama harum dari produk minyak wangi tersebut tapi wangi alkoholnya terlalu menyengat atau ada wangi yang kurang pas gitu? Atau kalian tipe yang selalu menggunakan parfum di berbagai kesempatan dan selalu banyak? Waduh bisa-bisa uang jajan bulanan habis ke parfum semua tuh.

Mulai sekarang kalian bisa say goodbye buat parfum mahal, karena kali ini Kita Muda akan memberi cara bagaimana membuat parfum sesuai keinginan kalian!

Alkohol

alcohol
via bayanmall.com

Alkohol termasuk bahan yang wajib dalam dunia perminyak wangian, yang berbeda adalah kalian mau memakai alkohol ini seberapa banyak. Disarankan untuk tidak terlalu banyak memakai Alkohol karena ini dapat membuat baju berwarna kuning.

Untuk membuatnya ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Siapkan dua essential oil degan aroma berbeda sesuai keinginan Kawan Muda
  • Tuang 10 tetes untuk masing-masing aroma ke wadah yang sudah diisi 100 ml alkohol
  • Masukkan bunga melati sebanyak satu genggam
  • Tutup wadah dan diamkan selama 2 malam
  • Tadaa! Parfum kalian siap digunakan

Lilin Madu

bees wax
via blog.sukawu.com

Kawan Muda tidak suka parfum dengan alkohol menyengat? Tenang ada 1001 cara menuju Roma. Kalian bisa menggunakan bahan lilin madu. Lilin madu ini punya aroma yang bertahan lebih lama dibanding alkohol loh. Caranya adalah :

  • Didihkan air sebanyak 75ml
  • Masukkan satu sendok makan lilin madu sampai meleleh
  • Jika sudah, tuangkan essential oil dengan aroma sesuai keingina kalian sebanyak 40 tetes.
  • Aduk dan tunggu sampai dingin.
  • Masukkan ke dalam botol parfum dan parfum siap digunakan

BACA JUGA:


Minyak Almond

minyak almond
organict.facts.net

Kalian punya minyak almond di rumah? Nah kalian juga bisa nih pakai ini. Caranya :

  • Campur 1 sendok makan minyak almond dengan 3 sendok alkohol
  • Masukkan 25 tetes essential oil dari dua aroma berbeda sesuai keinginan kalian
  • Jika sudah tercampur, tutup botol dan diamkan terlebih dahulu

Minyak Zaitun

minyak zaitun
via stylecraze.com

Minyak zaitun nggak cuman buat masakan loh, tapi banyak juga kegunaan lainnya. Salah satunya wewangian seperti zaman Cleopatra yang memasukkan minyak zaitun ke dalam bak mandinya.

  • Campurkan minyak zaitun dengan alkohol dan lelehan lilin madu, panaskan.
  • Masukkan essential oil sesuai seleramu
  • Parfum siap digunakan

Tepung Maizena

tepung maizena
via youtube.com

Pasti Kawan Muda heran kenapa tepung maizena dipakai buat parfum nanti kalau jadinya kental, gimana? Nah karena ini bentuknya tepung, tepung maizena gunanya untuk jadi bedang di badan. Caranya sebagai berikut :

  • Siapkan toples selai bekas, 2 sendok makan maizena, parfum kesukaanmu, 6 kapan berbentuk bundar
  • Semprotkan parfum ke kapas sebanyak mungkin
  • Masukkan kapas ke dalam toples
  • Tuangkan tepung maizena
  • Tutup toples rapat-rapat dna simpan selama 2 malam
  • Bedak siap digunakan

Gimana idenya? Kawan Muda berniat mencoba salah satu dari cara di atas?

Sumber : Keepo