Apa sih yang enggak bisa kita lakukan dengan internet? Selain mengakses informasi dan hiburan, adanya internet bisa membantu kita mendapat uang tambahan.

Tak bisa dipungkiri, kebutuhan hidup yang semakin meningkat terkadang membuat kita harus mencari tambahan penghasilan di luar pekerjaan utama.

Nah, beberapa dari kamu mungkin adalah pekerja nine to five, sehingga mustahil bekerja di dua tempat sekaligus. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki dua pekerjaan dalam satu waktu,’ kan?

Yup, dengan bantuan internet, Kawan Muda bisa mendapatkan tambahan penghasilan kapan pun dan di mana pun; tanpa terikat jam kerja atau tanpa harus ke kantor.

Lantas, bisnis internet apa saja sih yang bisa dicoba untuk mendapatkan uang tambahan? Berikut Kita Muda dan Niaga Hoster telah merangkumnya untuk kamu. Simak ya…

1. Kamu bisa mendapatkan uang melalui program periklanan di website (blog)atau media sosial yang kamu kelola.

pinjam uang
Foto : uangteman.com

Buat Kawan Muda yang punya website/blog, kamu bisa nih mendaftarkan blog kamu ke program periklanan website, misalnya Google Adsense. Sistemnya, kamu akan dibayar berdasarkan setiap klik yang dilakukan ke website/blog atau biasa disebut PPC (pay per click). Soal berapa biaya iklan per klik-nya, ini sudah ditentukan terlebih dahulu oleh si pengiklan.

Selain melalui program PPC, kamu juga bisa nih menyediakan space iklan untuk para pengiklan langsung. Biasanya, pengiklan langsung ini menawarkan pos sponsor, iklan banner, atau tautan teks untuk dipromosikan di blog kamu.

2. Enggak cuma website, kamu juga bisa mendapatkannya juga melalui aplikasi android.

via: androidauthority.com

Kalau enggak punya website/blog, kamu bisa nih mencoba alternatif lain yaitu melalui aplikasi Android. Hah, gimana caranya tuh?

Sekarang sudah banyak aplikasi Android yang memberikan penghasilan pada para user mereka. Yup, Kawan Muda tinggal download dan install saja aplikasi Android penghasil uang semacam WHAFF Rewards, Tap Cash Rewards, Grab Points, Cash Pirates, dan masih banyak yang lainnya.

Kalau sudah, kamu tinggal ikuti deh instruksi atau tugas yang diminta oleh aplikasi tersebut. Biasanya sih diminta menonton video yang disediakan, isi survei, atau download aplikasi tertentu.

Nantinya, kamu akan mendapatkan rewards berupa dollar jika sudah melakukan instruksi yang diminta. Enak banget kan, enggak pakai ribet deh pokoknya.

3. Kamu juga bisa menjadi Affiliate Marketer.

manfaat menulis online
via: blogzest.com

Apa sih affiliate marketer? Mereka ini adalah pihak yang menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi atas penjualan yang dilakukan (semacam makelar, tapi online).

Para affiliate marketer ini akan mencari pengunjung website (visitor) sebanyak-banyaknya (bisa website produk digital, fisik, atau keduanya).

Kalau si affiliate marketer berhasil menarik pengunjung untuk melakukan transaksi di website yang dipromosikan, dia akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik website tersebut.

4. Karena semua sudah online, ya buka toko online aja.

menulis to do list
Foto : www.phcorner.net

Selanjutnya, kamu juga bisa nih jualan online dan buka toko online sendiri. Enggak harus bikin produk sendiri kok, kamu bisa menjual barang yang dibeli dari tempat lain dengan sistem drop ship atau reseller.

Selain promosi lewat media sosial, ada baiknya nih kamu mempromosikan produk-produk kamu melalui blog/website. Ya, awalnya bikin blog sederhana dulu deh, lama-kelamaan pasti bisa berkembang kok.

Kenapa sih harus bikin website/blog? Karena media tersebut bisa jadi tempat ‘resmi’ untuk mempromosikan bisnismu secara lengkap di internet. Pengunjung atau calon klien bisa melihat penjelasan jasa/produk, profil, hingga testimoni pelanggan. Website/blog juga bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

Jika sudah memiliki blog/website, pastikan menggunakan web hosting terbaik dan andal ya untuk situs kamu. Kawan Muda bisa nih mempercayakan urusan web hosting pada Niagahoster.

Niagahoster menawarkan beragam paket web hosting murah yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Jika Kawan Muda bingung milih paket apa,  kamu tinggal bilang saja ke pihak Niagahoster karena mereka akan memilihkan paket yang tepat untuk website kamu.

Dengan server uptime yang demikian tinggi (garansi uptime 99,9% dengan bandwidth unlimited), fitur hosting yang lengkap, control panel user friendly dan mudah, gratis domain & SSL, panduan penggunaan lewat knowledgebase super lengkap, live chat support 24 jam, dan harga terjangkau, layanan web hosting di Niagahoster benar-benar recommended deh buat toko online kamu!

Oh ya, Niagahoster lagi punya beberapa penawaran dan promo menarik nih. Salah satunya adalah diskon hosting up to 40%. Wah, lumayan banget kan tuh. Buruan deh langsung meluncur ke web Niagahoster untuk mengintip promo menarik lainnya.

5. Yang terakhir, kamu bisa “jual skill” kamu dengan membuat “jasa online.”

menulis
Foto : jljconsultancy.com

Jika kamu memiliki bakat atau keahlian tertentu, jangan ragu lagi untuk menjalankan metode ini. Misalnya nih kamu adalah seorang desainer grafis, bukalah usaha sampingan untuk mendapatkan uang tambahan dengan menjual keahlianmu.

Terlebih lagi jika kamu memiliki koneksi yang banyak. Kemungkinan besar bisnis online-mu akan berjalan sesuai harapan dan usahamu untuk menghasilkan uang tambahan akan terasa lebih mudah.

Awalnya mungkin kamu tawarkan dulu jasamu ke kerabat atau teman-teman terdekat. Kamu bisa membantu mereka desain logo, banner, brosur, packaging produk, website header, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan promosi mulut ke mulut dari orang terdekat, siapa tahu kan usahamu bisa jadi meluas?

Nah itulah tadi cara untuk mendapatkan tambahan uang melalui internet. Kawan Muda enggak perlu pusing lagi deh memikirkan gaji di kantor yang kecil karena sudah punya solusi untuk mencari uang tambahan di luar.

Memang sih, semua enggak semudah membalikkan telapak tangan, tapi enggak ada salahnya bukan buat dicoba? Apalagi bisnis online kian berkembang, kalau giat dan ulet, pasti bisnis kamu bisa tumbuh lebih besar dan tentu saja pundi-pundi rupiah mengalir lancer ke dompet 😉