Keterbatasan fisik bukanlah penghalang bagi seseorang untuk terus berprestasi atau berkarya. Salah besar jika kita menganggap penyandang disabilitas itu tak bisa berbuat apa-apa karena kekurangan yang ada pada diri mereka. Malahan, dewasa ini para penyandang disabilitas sudah berani unjuk kebolehan mereka di berbagai bidang.

Sudah saatnya kita berhenti menganggap remeh para penyandang disabilitas karena mereka sebenarnya sama seperti kita, hanya saja kita lebih beruntung karena terlahir dengan anggota tubuh yang lengkap. Yup, kekurangan fisik bukanlah penghalang bagi siapa pun untuk bisa hidup dengan “normal” dan beraktivitas layaknya orang-orang pada umumnya.

Nah, kali ini Kita Muda akan mengajak kamu berkenalan dengan  seniman-seniman disabilitas yang karya-karyanya dijamin bikin kamu melongo! Siapa sajakah mereka?

1. Pertama ada Mariusz Kedzierski. Terlahir tanpa tangan tak menghalangi lelaki ini untuk menggapai mimpi. Ya, Mariusz ingin sekali menjadi pelukis realis dan dia berhasil mewujudkan mimpi tersebut. Coba deh lihat karyanya, benar-benar keren kan?!?

via: boredpanda.com

2. Pernah dengar tentang Stephen Wiltshire? Lelaki ini sempat viral di media sosial karena memiliki ingatan fotografis. Hanya dengan melihat pemandangan sekitar, Stephen bisa lho menggambarnya kembali dengan mirip bahkan hingga detail terkecil. Padahal, Stephen didiagnosis autis sejak usia 3 tahun! Salut!

via: boredpanda.com

BACA JUGA:


3.  Meskipun Iris Grace menderita autisme, kedua orangtuanya tak pernah berhenti mengarahkan bakat dan minat Iris. Selama terapi berbicara, mereka mencoba mengenalkan Iris pada seni lukis. Siapa sangka, Iris ternyata calon seniman berbakat! Lihat saja betapa menakjubkannya karya-karya Iris!

via: boredpanda.com

4. Ketika hamil, ibu Peter Longstaff kerap mengonsumsi obat penenang thalidomide untuk mengatasi mual. Obat ini ternyata berdampak pada malformasi janin yang membuat Peter terlahir tanpa lengan. Meskipun terlahir tanpa lengan, Peter enggak mau menganggap dirinya berkekurangan. Ya, dia berhasil menunjukkan pada dunia bakat seninya yang enggak bisa dianggap remeh!

via: boredpanda.com

5. Terlahir dengan cerebal palsy atau lumpuh otak tak membuat Paul Smith menyerah pada hidup. Meskipun kesulitan dalam menggerakkan tubuhnya, Paul masih bisa menghasilkan karya lukis menakjubkan yang  dibuatnya dengan mesin ketik. Paul hanya menggunakan satu jari saja saat mengerjakannya. Keren!

via: boredpanda.com

6. Huang Guofu yang saat itu masih berusia empat tahun harus kehilangan kedua tangannya setelah tersengat aliran listrik. Namun, hal ini tak menghentikannya untuk meraih mimpi. Huang Guofu mulai belajar melukis dengan kaki sejak berusia 12 tahun. Dan perjuangannya pun tak sia-sia, kini dia bisa melukis tak hanya dengan kaki, tetapi juga dengan mulutnya.

via: boredpanda.com

7. Selanjutnya ada Rakan Abdulaziz Kurdi. Lelaki ini lagi-lagi membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukanlah penghalang bagi seseorang untuk berkarya, di bidang apa pun itu. Seperti Rakan yang menunjukkan kemampuannya melukis dengan gaya realisme.

via: boredpanda.com

8. Uttam Kumar Bhardwaj telah menciptakan sejumlah karya lukis menakjubkan hanya dengan kedua kakinya. Dia pun berhasil meraih medali emas dan beberapa penghargaan di bidang seni.

via: boredpanda.com

9. Sama halnya dengan Paul Smith, Doug Jackson juga terlahir dengan celebral palsy. Sejak berusia 11 tahun Doug Jackson belajar melukis, ya meskipun sebuah alat harus dipasang di kepalanya agar bisa menggerakkan kuas. Namun siapa sangka, di tengah keterbatasannya Doug tetap bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

via: boredpanda.com

10. Mata John Bramblitt hanya bisa membedakan sinar matahri dan kegelapan saja. Meskipun tak bisa melihat warna-warni dunia, John tetap bisa menghasilkan karya lukis yang indah menggunakan cat bertekstur.

via: boredpanda.com

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Semua manusia itu sama dan memiliki kesempatan yang sama. Meskipun terlahir dengan memiliki keterbatasan, jangan jadikan itu penghalang karena kita semua terlahir untuk menjadi pemenang.

Apa pun kesulitan atau tantangan yang kita hadapi dalam hidup, jangan dijadikan alasan untuk menyerah. Jangan pernah menyesal dengan apa yang kamu miliki dan syukuri apa yang kamu punya sekarang. Semoga kisah di atas menginspirasi kita semua agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi ya 🙂

Sumber: Bored Panda