Selain Teori Mengenai Bumi Bulat, Ada 4 Teori Lain yang Juga Pernah Muncul Sebelumnya!

Bentuk bumi memang selalu menjadi perbincangan umum yang masih diperdebatkan. Sejak Phytagoras mengajukan gagasan bahwa bumi itu bulat, perdebatan mengenai bentuk bumi pun semakin terjadi hingga saat ini. Ada yang bilang bumi itu datar, persegi, bahkan bumi dalam bumi!

Meskipun banyak teori yang menurut kalian agak nggak masuk akal atau aneh, tapi nggak ada salahnya untuk dipelajari agar lebih memperdalam ilmu pengetahuanmu. Dilansir dari jalantikus, ini dia teori bentuk bumi itu:

1. Bumi berbentuk kotak

via: askamathematician.com

Seorang pensiunan ilmuwan NASA, Prof. Keith Loore, mengatakan bahwa Bumi tidak mungkin berbentuk bulat. Menurutnya Bumi memiliki sudut-sudut bumi berupa deretan pegunungan yang menjulang tinggi hingga ke angkasa. Ia juga menambahkan jika bumi bulat tanpa sudut, perputaran pada poros bumi akan lebih cepat, dan bisa mengakibatkan kehidupan di bumi terlempar ke luar angkasa. Selain itu, gesekan oksigen di atmosfer terhadap udara bisa menyebabkan radiasi nuklir yang menghanguskan dunia dalam sekejap. Sehingga, Prof Keith Loore mengatakan bahwa bentuk bumi adalah kotak.

2. Bumi berada dalam punggung kura-kura

via: toptenz.net

Kalian pasti tahu mitologi Yunani dimana Atlas menahan bola dunia di punggungnya? Nah kali ini ada metologi lain pada kebudayaan kuno yang mengatakan bahwa Bumi sebenarnya berada dalam punggung kura-kura. Terdengar aneh memang, tapi mitologi ini seringkali diceritakan pada kebudayaan kuno seperti China, India, dan Indian Amerika. Saking kuatnya teori ini, bahkan ada teori ilmiahnya yang bernama Geoterrapinism Theory, yang dimunculkan oleh Jasper Danckaerts!

3. Ada bumi dalam bumi

via: aetheforce.com

Nah lho, bingung pasti maksudnya. Sama seperti konsep jeruk dalam jeruk, konsep bumi dalam bumi berarti ada sebuah bumi lagi dialam bumi yang berongga. Konsep ini sudah ada sejak dahulu, dimulai dari jaman Yunani Kuno yang dicetuskan oleh Aristoteles hingga ilmuwan abad belasan seperti Edmund Halley dan John Cleves Symmes. Kesamaan dari konsep-konsep yang mereka ajukan adalah bumi memiliki rongga yang memiliki lubang atau pintu untuk masuk kedalam bumi berongga tersebut. Istilah mudahnya adalah bumi mirip dengan cangkang kerang.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa bumi memiliki 4 bumi lagi yang berukuran lebih kecil didalamnya, atau bahkan bumi yang dihuni makhluk hidup saat ini merupakan bumi yang ada dalam perut bumi lebih besar. Untuk mengetahui lebih lanjut, coba deh baca Hollow Earth Theory.

4. Bumi merupakan program komputer raksasa

via: youtube.com
via: ytimg

Kalian yang membaca ini pasti mengatakan kalau teori ini lebih nggak masuk akal dan terkesan dibuat-buat. Tapi teori ini memang ada, lho, bernama Digital World Theory. Secara ringkas teori ini mengatakan bahwa akibat kemajuan teknologi dan informasi yang pesat, membuat kita menduga “jangan-jangan kita hidup di sistem komputer, dan semua kehidupan ini hanyalah simulasi?”. Hayo lho!

Nah ternyata teori mengenai bumi ini unik dan tidak terduga juga, ya! Tapi ingat Kawan Muda, selama tidak ada penjelasan ilmiah yang jelas, logis, dan didukung dengan fakta nyata, jangan serta merta untuk mempercayai suatu teori. Belajar untuk jadi kaum millenial yang cerdas dan mampu memilah informasi sesuai fakta. Oke, Kawan Muda?