Terbukti secara ilmiah, kebiasaan ini hanya dimiliki orang-orang yang jenius! Kamu termasuk?

Berbicara tentang orang jenius, yang terlintas di benak Kawan Muda pasti mereka yang memiliki IQ tinggi. Ya, secara umum tingkat intelegensi bisa diketahui melalui serangkaian tes tertentu atau yang kita kenal dengan istilah tes IQ. Mereka akan disebut jenius jika memiliki IQ di atas 130.

Namun demikian, jenius tidak hanya perkara IQ tinggi saja dan ini akhirnya menimbulkan perbedaan pandangan di kalangan para ahli. Studi komprehensif terkait kejeniusan pun dilakukan. Hasilnya, orang yang jenius itu ternyata memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan mereka yang biasa saja.


Baca Juga: Buktikan kalau kamu jenius dengan menemukan perbedaan antara 9 gambar ini!


Penasaran apa saja ciri-ciri orang jenius itu? Yuk, kita lihat satu per satu daftarnya. Siap-siap dibikin kaget, ya, karena kebiasaan orang jenius benar-benar di luar dugaan.

1. Orang ber-IQ tinggi cenderung “pemalas”.

via: bbc.comv

Ketika orang normal sering bosan dan berusaha menyibukkan diri mereka dengan jadwal yang ketat, orang jenius cenderung tenggelam dalam pikirannya sendiri dan kurang aktif melakukan sesuatu. Mereka adalah orang yang menikmati saat-saat “tidak ada kegiatan” dan hal tersebut dimanfaatkan untuk bersantai. Orang jenius tidak berusaha aktif mengerjakan hal lain untuk membuat dirinya tetap sibuk.

2. Tak selamanya orang jenius itu daya ingatnya kuat, karena mereka biasanya melupakan hal-hal kecil.

via: parkinn.com

Ketajaman daya ingat menjadi salah satu ciri orang jenius. Namun menurut penelitian terbaru ,orang yang jenius itu biasanya melupakan hal-hal yang kurang bermanfaat. Mengapa demikian? Ini karena otak berusaha beradaptasi dengan hal baru dan menyediakan tempat untuk ide-ide baru, sehingga informasi yang lebih penting bisa diingat dengan baik setiap detailnya.

3. Terkadang orang jenius juga suka mengumpat saat berbicara.

via: time.com

Ya, cukup aneh bukan? Mengumpat saat berbicara tak selamanya menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang punya tingkat intelegensi rendah. Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang sering mengumpat memiliki kosakata yang lebih banyak dan ini termasuk tanda orang dengan IQ yang tinggi. Namun perlu diingat, bukan mengumpat tanpa sebab ya.

4. Orang jenius itu lebih menghargai dan percaya pada orang lain.

via: metro.co.uk

Sudah bukan hal baru kalau orang jenius itu umumnya tidak bisa percaya pada orang lain. Namun, anggapan tersebut ternyata tidak selamanya benar. Orang yang memiliki IQ jenius itu sebenarnya lebih menghargai dan percaya pada orang lain. Psst, tahukah kamu, berdasarkan penelitian, percaya pada orang lain bisa menjauhkanmu dari berbagai permasalahan kesehatan, lho!

5. Percaya atau enggak, orang jenius tidak suka daging merah.

via: framedcooks.com

Ini sebenarnya tidak  berlaku secara mutlak, tergantung pada kebiasaan yang diterapakan dalam keluarga. Namun berdasarkan polling yang dilakukan pada mereka yang memiliki IQ jenius, mereka lebih suka mengonsumsi daging putih (daging ayam, ikan) dan sayuran dibanding daging merah.

6. Jenius selalu punya banyak ide yang tak terduga, tapi sulit merealisasikannya.

via: lifehack.org

Orang jenius selalu memiliki ide yang out of the box. Anehnya, ide tersebut biasanya tak dapat direalisasikan dalam kehidupan nyata. Sebenarnya, mereka ingin merealisasikannya, tapi ketika akan melakukan hal tersebut, ide yang lebih bagus muncul dan demikian seterusnya. Inilah yang membut ide mereka hanya tinggal ide.

7. Ternyata oh ternyata, orang jenius itu suka kucing.

via: weruletheinternet.com

Kamu suka kucing atau memelihara kucing di rumah? Hemm, bisa jadi kamu tergolong orang yang jenius. Menurut penelitian, orang yang suka kucing cenderung lebih tenang, peka, dan memiliki IQ tinggi. Sedangkan mereka yang menyukai anjing cenderung aktif, terbuka, dan cenderung taat peraturan.

8. Sedikit tidur dan sering begadang? Mungkin kamu termasuk jenius.

via: thechart.blogs.cnn.com

Mereka yang jenius hanya memiliki waktu tidur yang sedikit. Yup, ini karena mereka tidur sangat larut dan masih sangat produktif di malam hari. Meskipun suka begadang di malam hari, mereka tidak pernah bangun terlambat, lho.

Bagaimana Kawan Muda, adakah ciri-ciri di atas yang sesuai denganmu?

Sumber: Brightside.me