Life begins at 30, hidupmu baru dimulai saat usia 30 tahun.

Kawan Muda mungkin enggak asing dengan ungkapan di atas. Banyak yang bilang bahwa “kehidupan” yang sesungguhnya baru dimulai saat memasuki usia 30-an. Meskipun bukan patokan resmi, usia 30 dianggap sebagai pintu gerbang kedewasaan.

Berbicara tentang “hidup dimulai saat usia 30 tahun”, sebagian orang sering menyalahartikan ungkapan tersebut. Mereka menganggap usia 20an adalah waktu yang tepat untuk bersenang-senang dan berbuat seenaknya. Padahal, usia 20an adalah saat yang paling ideal untuk merencanakan masa depan—waktu yang ideal untuk melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat untuk dirimu di usia 30 tahun nanti.


BACA JUGA: Ini lho 4 alasan mengapa beberapa perempuan memilih menikah di atas usia 27 tahun…


Karena itu, usia 20an sangat menentukan bagaimana masa depanmu kelak. Kamu memang berhak bersenang-senang menikmati usia 20an, tapi jangan sampai kebablasan dan lupa memasang kuda-kuda untuk fase kehidupan selanjutnya. Nah, agar kamu tidak menyesal saat usia 30an, ada baiknya kamu mulai mencicil untuk melakukan 15 hal ini di usia 20an:

1. Berhenti mencemaskan apa yang orang lain pikirkan dan katakan tentang dirimu. Selama kamu melakukan hal-hal yang baik, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

via: entrepreneur.com

2. Mengambil risiko; dalam hidup, cinta, penampilan, dan sebagainya. Berani mengambil risiko akan membuat hidupmu lebih berarti.

via: wisegeek.com

3. Pekerjaanmu tidak menggambarkan siapa dirimu. Begitu juga teman, penampilan, dan sebagainya. Karena itu kerjakanlah hal-hal baik, karena apa yang kamu kerjakan menggambarkan siapa dirimu sesungguhnya.

via: techworld.com

4. Melilih teman yang baik. Teman yang akan mencintaimu bahkan di saat kamu tak bisa mencintai diri sendiri.

via: businessinsider.com

5. Jangan membuang waktumu untuk meratapi sesuatu yang tak bisa diubah. Apa pun yang kamu rasakan, tetaplah bangkit dan hadapi dengan maksimal.

via: fhssbyu.com

6. Jangan menikah dengan seseorang yang baru kamu kenal karena merasa sudah waktunya untuk menikah.

via: witicles.com

7. Jangan takut gagal untuk sukses. Anggap saja kegagalan sebagai “bumbu” dalam perjalananmu menuju kesuksesan.

via: yellowstonepark.com

8. Uang dan kekayaan bukanlah segalanya. Memang, kamu bisa membeli apa saja dengan uang. Tapi, apakah dengan memiliki segala sesuatunya kamu akan 100% bahagia?

via: voiceofjournalists.com

9. Kebahagiaan bukanlah tujuan, kamu harus berhenti menentukan kapan harus bahagia. Karena kapan pun dan apa pun bisa membuat kamu bahagia. Tentukan kebahagiaanmu sekarang!

via: youthconnect.in

10. Perhatikan kesehatan, jangan sampai kamu terlihat lebih tua daripada umurmu.

via: resveralife.co

11. Meminta maaf dengan tulus. Berani mengakui kesalahan sekecil apa pun dan tak gengsi untuk mengucapkan kata maaf.

via: huffingtonpost.com

12. Memaafkan, baik diri sendiri maupun orang lain. Memaafkan adalah cara terbaik untuk menerima segala sesuatu yang terjadi pada kita.

via: pmap.co

13. Sadarlah, apa yang kamu inginkan dan sukai belum tentu bisa kamu dapatkan. Tapi, kamu pasti mendapatkan apa yang kamu butuhkan.

via: wisdomtimes.com

14. Fokus pada apa yang kamu kerjakan sekarang, tak perlu mematok ingin menjadi apa atau melakukan apa 5 atau 6 tahun lagi. Cukup jalani apa yang sedang kamu kerjakan dan hiduplah dengan tujuan yang jelas.

via: entrepreneur.com

15. Jangan terlalu merendahkan diri, karena semua orang itu memiliki kelebihan.

via: cubeacon.com

**

Dari 15 hal di atas, mana yang sudah kamu lakukan, Kawan Muda?