Meski hati wanita rapuh, namun 6 hal ini bisa bikin jiwa wanita tangguh

Hari gini wanita harus pada posisi mandiri supaya nggak lagi dikibulin para pria. Mendapat predikat wanita tangguh, bisa terwujud kalau kamu pandai dalam mengatur kebaperan hati. Ada pula yang berasumsi, menjadi wanita cantik aja nggak cukup. Butuh kecerdasan dan keteguhan hati untuk menjadikan power tersendiri bagi wanita.

So, kalau kamu wanita berhati rapuh dan ingin mentalnya terlatih untuk menjadi tangguh. Ikuti 6 cara ini dan rasakan perubahannya:

#1. Jangan kayak krupuk melempem tapi beranilah dalam mengungkapkan pendapat

berbicara dengan cewek
Foto : understandingrelationships.com

Kalau kamu dalam situasi kerja kelompok atau sedang presentasi, jangan pasif atau sengaja melempar sesi tanya jawab ke teman cowok. Wanita itu berhak untuk mengemukakan pendapatnya, speak up!

 

BACA JUGA: Mengapa pria berpekerjaan mapan tak perlu khawatir dengan wanita berpenghasilan?

 

Keluarkan saran, ide dan alasan-alasan yang ada dipikiranmu. Meskipun nantinya bukan pendapatmu yang diambil, tapi responmu itu menunjukkan bahwa kamu salah satu wanita yang berani untuk bicara dan memang berhak untuk berpendapat.

#2. Wanita tangguh tidaklah bergantung pada pacar atau tebengan

sendirian
Foto : www.wnyc.org

Kalau biasanya kamu menghubungi demi mendapatkan tebengan teman atau pasangan, gimana kalau kamu mencoba untuk naik kendaraan umum? Atau minimal naik motor sendirilah. Kalau nggak bisa naik motor, kan bisa belajar pelan-pelan, nggak harus terus-terusan kecanduan sama tebengan temen. Dengan begitu kamu bisa pergi sewaktu-waktu tanpa bergantung dengan orang lain. Mandiri !

#3. Menjelajah tempat wisata sendirian untuk  merubah image manja

sendirian
Foto : www.ibtimes.co.uk

Biasanya, cewek manja selalu minta ditemenin kemana-mana tapi kalau kamu ingin merubah image itu, nikmati perjalanan secara sendirian. Pernah nggak sih kamu punya keinginan untuk traveling sendirian ke pantai atau kalau belum berani ngemall sendirilah.

 

BACA JUGA: 9 Tempat wisata di Brebes yang harus segera kamu kunjungi

 

Perjalanan yang dilakukan sendirian itu membuatmu menikmati atmosfir yang lebih khidmat dibanding ramai-ramai. Yang biasanya ngobrol seru-seruan sama sahabat, kini kamu harus lebih aktif tanya ke orang-orang nggak dikenal buat nunjukin jalan.  Tapi ada catatannya, asalkan pakaian atau aksesoris seperti perhiasan nggak mencolok, kamu aman kok! Hindari juga berpergian larut malam.

#4. Mau menerima kenyataan ketika menghadapi kegagalan. Kamu harus strong!

gadis-kuat
Foto : thestrongmovement.com

Cobaan memang banyak bentuknya termasuk ketika kamu menghadapi putus cinta atau kegagalan interview kerja. Rasa sedih yang menghampiri hatimu kadang terasa begitu menyakitkan. Itu wajar kok yang nggak wajar itu ketika kamu terus berlarut-larut dalam kesedihan.

Waktunya menjadi strong dengan menemukan hal yang hebat di luar sana. Mencintai orang yang lebih baik hingga menapaki karir yang lebih menjanjikan. Gunakan penolakan sebagai motivasi. Ingat selalu bahwa orang sukses pasti prosesnya panjang. Jadi, terima kenyataan, lupakan masa lalu dan gunakan waktumu untuk lebih berprestasi.

#5. Jangan mau terombang-ambing dengan omongan orang. Wanita tangguh harus punya visi dan misi yang jelas!

via: thebetterindia.com

Jangan biarkkan orang lain mengatur dunia dan urusanmu, pandailah dalam membuat target hidup. Kalau ada yang bilang, cewek ujung-ujungnya cuma jadi ibu rumah tangga, jangan langsung minder. Meskipun kenyataan itu emang bener, cewek pada akhirnya akan mengikuti kodrat sebagai ibu tapi ibu yang seperti apa?

 

BACA JUGA: Kepadamu wanita yang (terpaksa) aku sebut orang ketiga

 

Nggak salah dong kalau kamu nantinya akan menjadi sosok ibu yang berpendidikan tinggi dan memiliki karir cemerlang melebihi para lelaki untuk anak-anakmu kelak? Biarkan saja orang mengomentari keputusanmu saat ini. Kamu bisa kok cari dukungan lain untuk motivasi.

#6. Memaafkan mereka yang pernah menyakitimu dan diri sendiri

via: cloudlettings.co.uk

Ketika kamu pernah disakiti dan bekasnya masih belum bisa hilang, itu normal. Wanita memang diberi kemampuan daya ingat lebih tinggi dibanding pria. Namun usahakan untuk melepas semua luka daripada sibuk merancang  balas dendam. Maafkan mereka meski membutuhkan waktu lama.

Terlalu sibuk mengutuk bisa berakibat hidup yang tak tenang, penyakitan dan selalu dibayang-bayangi rasa dengki. Maafkan juga dirimu yang biasanya mengkritik dan nggak menghargai diri sendiri. Manusia nggak ada yang sempurna, nggak ada gunanya mendendam dan menyalahkan diri sendiri terlalu lama.