8 trik psikologi untuk mempelajari tentang kehidupan sosial

Berkomunikasi dengan orang merupakan hal yang sering kita lakukan. Tak harus berpidato atau ceramah untuk mencapai kata komunikasi, percakapan sepele seperti lagi apa?, enaknya masak apa ya hari ini? merupakan dialog yang selalu hadir dalam hidup, Kawan Muda.

Namun komunikasi bisa jadi ribet ketika udah timbul salah paham. Apa yang kita maksud terkadang nggak sampai kepada lawan bicara sehingga muncul salah tangkap. Itu pengaruh gangguan yang kadang nggak disengaja, misalnya suara berisik dari jalan raya sehingga ketika kamu bicara si doi nggak dengar, atau bahkan karena nadamu yang kelewat tinggi sehingga yang ditangkap orang lain adalah maksud yang berbeda.

 

BACA JUGA: Analisis dampak “Om Telolet Om” terhadap kelangsungan hidup masyarakat dunia

 

Untuk itu, kamu perlu mempelajari trik psikologi supaya nggak kejadian tuh kesalahpahaman demi meningkatkan komunikasi dan hubungan yang nyaman dengan orang lain. Nggak cuma dalam hal bicara aja tapi perilaku-perilaku lain tentang kehidupan sosial, udah dikemas Kita Muda untuk kamu.

  #1. Tataplah mata lawan bicaramu ketika dia memberikan jawaban yang kurang memuaskan

via: simple.wikipedia.org

Terkadang dalam suatu percakapan serius kita kurang puas dengan jawaban lawan bicara yang suka nyolot, bercanda atau dia nggak mudeng maksud dari pertanyaan kita. Dari pada capek mengulang pertanyaan yang sama lebih baik cobalah untuk menatap matanya dalam-dalam. Cara itu membuat si doi terpojok dan di bawah tekanan, sekejab dia akan merasa lebih berkonsentrasi dengan pertanyaan yang kita lontarkan ketimbang menjawab dengan selengekan 

#2. Stay calm ketika berhadapan dengan orang yang banyak bicara

sabar
Foto : mux82.wordpress.com

Kamu pasti pernah deh merasakan, dilibatkan dalam kondisi di mana orang lain yang melakukan tapi namamu juga ikut kebawa-bawa. Itu pasti nyebelin banget dan bikin emosi naik.

 

BACA JUGA: Selalu merasa dikejar-kejar waktu? 5 tips ini akan membantumu memaksimalkan setiap menit dalam hidup

 

Nah untuk mengatasi hal itu, kamu cukup diam aja dan jujur, toh suatu saat dia bakalan minta maaf ke kamu atas apa yang terjadi ketika dia kena batunya. Dari pada kamu capek marah-marah meladeni orang yang nggak penting bagi hidup kamu.

#3. Duduk berdekatan dengan orang yang agresif untuk menghindari serangan

via: Freelancer.com

Ketika kamu berada di kondisi berkumpul bersama orang-orang agresif atau suka membully di sebuah pertemuan. Dan kamu tau tuh percakapan kalian biasanya semakin panas ketika ada salah satu teman yang bakalan di-bully untuk lucu-lucuan, mungkin salah satunya adalah kamu.  Untuk menghindari hal itu, cobalah duduk di sebelah teman yang suka membully, meski rasanya canggung dan nggak nyaman tapi itu efektif banget untuk mengurangi tingkat serangan bullying ke kamu.

#4. Mengingat nama semua orang jika kamu ingin menjadi popular

via: acieap.wordpress.com

Setiap orang ingin terkenal, ya paling nggak menjadi popular di kalangan RT nggak masalah. Kalau kamu ingin menjadi popular dengan rekan-rekan dan kolega, biasakan deh untuk mulai memanggil orang dengan nama mereka ketika ngajak ngobrol.

 

BACA JUGA: Inilah tanda-tanda orang yang menyia-nyiakan hidup dan waktunya di umur 20-an! Apakah kamu termasuk?

 

Seseorang akan merasa special ketika kamu mengingat dia dengan nama pertama mereka.

#5. Tuliskan isi pikiranmu ketika merasa stress atau cemas

menulis
Foto : www.biographywritingservices.com

Kita semua pernah merasa stress dengan pekerjaan atau cemas menunggu kabar interview kerja. Dari pada dibatin aja, ada baiknya tuliskan kecemasan itu dalam buku kemudian tutup rapat. Percaya atau nggak gangguan itu akan lebih mudah hilang dan kamu mendapatkan fokusmu kembali untuk memulai aktivitas baru. Karena secara nggak sadar kamu udah membagi pengalaman burukmu meski hanya dalam goresan kata.

#6. Menempatkan postur tubuh dengan baik dapat meningkatkan kepercayaan diri

percaya-diri
Foto : psychologyformarketers.com

Untuk kamu yang suka minder, mulailah meminimalisir rasa minder dengan  menguasai postur tubuh. Ambillah beberapa ruang untuk bergerak, dengan begitu kamu lebih mungkin untuk merasa percaya diri.

 

BACA JUGA: Hidup ini wang-sinawang. Saat kamu mikir hidup orang lain enak, mereka yang menjalani belum tentu merasa demikian. Begitu pula sebaliknya!

 

Hindari membungkuk atau menunduk dalam suatu kondisi, itu memicu ruang gerakmu menjadi sempit.

#7. Membuat orang merasa dibutuhkan ketika kamu meminta bantuan

via: cloudlettings.co.uk

Gunakan kalimat “Aku membutuhkan bantuanmu…”, jika kamu membutuhkan bantuan seseorang. Dengan begitu, orang merasa dibutuhkan dan tak ingin membuatmu kecewa atas pertolongannya. Memulai percakapan dengan kalimat itu juga lebih mungkin untuk menerima bantuan lebih banyak.

#8. Menghangatkan tangan sebelum berjabat tangan dengan orang lain

Foto : youtube.com

Percayalah pada kekuatan jabat tangan. Karena ketika tanganmu mendadak dingin saat berjabat tangan, itu menunjukkan suatu ketidakpercayaan.

 

BACA JUGA: 10 hal yang harus kamu hapus demi memperoleh kebahagiaan hakiki dalam hidup

 

Sebaliknya, tangan hangat diartikan sebagai suasana yang bersahabat. So, ingin dekat dengan atasan? Hangatkan dulu tanganmu biar makin friendly.

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll