5 Inspirasi Resepsi Pernikahan Sederhana Hemat Budget

inspirasi resepsi pernikahan sederhana

Obrolan soal pernikahan nggak pernah bosan untuk terus dibahas. Buat kamu yang sudah siap menikah, kasih tahu dong udah sejauh mana nih persiapan kamu?

Biasanya yang paling ribet itu mempersiapkan resepsi pernikahan. Kalau akad sih, tinggal daftar ke KUA, lalu bisa diselenggarakan secara privat dan sakral seperti di masjid atau di rumah saja. Kalau mau praktis, bisa juga sekalian di gedung sebelum resepsi dilangsungkan.

Membayangkan inspirasi pernikahan sederhana, ternyata nggak cuma di halaman rumah aja lho. Memang sih, memanfaatkan halaman di sekitar rumah merupakan opsi, tapi ada lagi nih contoh yang bisa kamu tiru.

Dengan biaya resepsi pernikahan yang nggak terlalu banyak, kamu bisa banget merayakan resepsi pernikahan yang tetap apik, nyaman bagi para undangan, serta sakral dan penuh cinta. Kesannya juga akan terus kamu ingat seumur hidup.

Gemes banget deh kalau ngomongin resepsi pernikahan ini, langsung aja yuk intip beberapa inspirasi berikut!

 

1. Nyaman dengan konsep piknik, dengan karpet dan bantal-bantal

inspirasi resepsi pernikahan sederhana piknik
via seputarpernikahan.com

Resepsi pernikahan kecil-kecilan berkonsep picnic wedding ini masih jarang di Indonesia. Namun bukan berarti kamu nggak bisa mewujudkan menikah seperti ini ya! Banyak banget taman atau cafe berkonsep taman yang bisa kamu gunakan.

Undang orang-orang terdekat dan keluarga. Meski tanpa panggung pelaminan, suasana resepsi yang romantis dan bahagia tetap akan kesampaian. Gunakan pakaian terbaikmu, berbahagialah sebagai pengantin baru.

2. Back to nature. Pemandangan alam sebagai backdrop

inspirasi resepsi pernikahan sederhana pantai
via liputan6.com

Masih ingat dengan pernikahan Ringgo-Sabai? Atau Raisa-Hamish? Raffi Ahmad dan Nagita Slavina? Serta beberapa pasangan artis lainnya yang mengusung konsep resepsi pernikahan di alam bebas seperti pantai.

Kalau di alam, dekorasinya nggak harus banyak-banyak. Cukup sederhana saja. Jadikan pemandangan alam yang indah sebagai backdrop. Hasil foto udah pasti bagus! Suasana pernikahan juga nggak akan pernah bisa kamu lupakan.

3. Epic! Tema bohemian di hutan pinus dengan hiasan lampu bohlam

inspirasi resepsi pernikahan sederhana bohemian
via hipwee.com

Andien, penyanyi bersuara emas ini merayakan pesta pernikahannya dengan konsep bohemian. Berada di hutan pinus saat sore menjelang senja, ide resepsi seperti ini bisa banget kamu tiru.

Kalau bisa, sarankan tamu undangan untuk tidak memakai heels ya. Soalnya ini kan di hutan. Di rerumputan. Lebih baik dengan formal casual. Kalau konsep outdoor, ingat selalu bahwa keberhasilan resepsimu ini sesuai cuaca. Sehingga usahakan jangan pas musim hujan ya!

4. Ekonomis, memanfaatkan halaman luas di pekarangan rumah

Cara ini banyak digunakan di resepsi pernikahan di Indonesia. Memanfaatkan halaman rumah sehingga tidak perlu menyewa gedung. Dekorasi boleh seadanya. Atau mau kamu hias secantik mungkin sesuai selera kamu.

Ekonomis tanpa menghilangkan kesan romantis. Jangan lupa atur waktu resepsinya sehingga kamu nggak akan kerepotan di rumah dan nggak sesak jika jumlah tamu yang diundang cukup banyak.

5. Ala silaturahim lebaran, prasmanan di dalam rumah bersama keluarga dan sahabat

Di rumah saja. Makanan bisa masak sendiri atau catering dan prasmanan. Seperti saat kamu tunangan atau seperti saat silaturahim lebaran. Hanya keluarga dan orang-orang terdekat. Bertukar cerita, suasana lebih akrab.

Jangan lupa berfoto bersama. Mengabadikan momen. Suasana yang dekat, ceria, dan gembira di hari terbahagiamu. Murah dan berkesan!

 

Begitulah, Kawan Muda. Sekarang tinggal tergantung selera kamu, si calon, dan keluarga mau yang mana.

Anyway, kalau kamu mau yang ‘besar-besaran’ alias lebih mewah juga nggak masalah kok. Nggak ada yang salah dengan pesta pernikahan. Terpenting adalah komitmenmu untuk menikah setia sehidup semati. Tsaaaah.

Gimanapun konsep resepsi pernikahanmu, semoga langgeng ya!

Mau Nikah? Intip Inspirasi Wedding Dress Cantik ala Desainer Lokal Ini

white wedding dress

Pernikahan merupakan sebuah fase awal kehidupan baru. Di mana kamu dan pasangan kamu akan menjalani kehidupan rumah tangga. Berkomitmen untuk selalu ada satu sama lain sampai selamanya, sehidup semati.

Banyak hal yang harus kamu siapkan menuju pernikahan. Apalagi jika nantinya kamu punya banyak acara. Nggak cuma akad. Tapi juga ada pengajian, resepsi, hingga ngunduh mantu.

Selain niat, mental, spiritual, tabungan, dan restu orang tua kamu nantinya pasti akan disibukkan dengan segelintir persiapan acara. Mulai cari vendor, cari venue, cari fotografer, MUA, dan nggak kalah penting adalah outfit kamu saat menikah nanti.

Nih, ada beberapa desainer Indonesia yang punya wedding dress cantik. Intip yuk, siapa tahu bisa jadi inspirasi kamu nantinya.

1. Gaun cantik yang dipakai Kimberly Rider di hari istimewanya ini dirancang oleh desainer Biyan. Sederhana dengan brokat motif bunga.

View this post on Instagram

Repost @kimbrlyryder – Thank you 2018, what a journey.✨

A post shared by BIYAN (@biyanofficial) on

2. Energy of Akad dari Syahrini dan Reino Barrack yang sangat fenomenal. Wedding dress untuk akad mereka merupakan rancangan dari Eddy Betty.

3. Adrian Gan, salah satu desainer terbaik Indonesia ini selalu menampakkan kesan sederhana tapi mewah lewat berbagai design wedding dress custom miliknya.

4. Desainer sekaligus artis Ivan Gunawan juga selalu memanjakan kliennya dengan wedding dress yang memukau. Hasil karya Ivan Gunawan ini sering mendapat apresiasi di tingkat Internasional.

5. Tampil syar’i di hari pernikahan, percayakan pada Laksmi Muslimah. Selain custom minta dibuatkan, kamu juga bisa menyewa berbagai macam koleksi Laksmi.

View this post on Instagram

Kalau sewa busana di Laksmi satu set dapat apa aja yaa? . Satu set sewa busana di Laksmi akan dapat busananya yang pasti yaaa, lalu ada hijabnya bisa request nihh selain pasminah yg panjang bisa buat syar'i kayak gini, bisa juga lohh minta request bahan lain untuk mengkombinasi penampilannya nanti . Tak lupa nanti akan ada veil cantik yang bisa request juga mau yg seperti apa. Ada long veil yang sampai menyentuh tanah, ada yg 3D flower seperti ini, ada veil dengan motif kebaya, veil minimalis juga ada . Bingung?? Tenang nanti akan dibantu oleh tim consultan wedding dan wardrobe Laksmi yg super ramah yang akan membantu menyesuaikan mana yg bagus untuk kamu 💕💕 . Foto by @jellymotion_id #laksmiislamicbride #laksmimuslimah #kebayalaksmi #muslimahweddingsurabaya #bridalmuslim #pengantinmuslim #weddingsurabaya #surabaya #hijabersurabaya #weddingmuslim #traditionalwedding #weddingtraditional #akadnikah #resepsi #weddingorganizersurabaya #gaunsurabaya #gaunmuslimahsurabaya #inspirasipernikahan #bridestory #brideideas #weddingdress #weddingmuslimah #hijabwedding #weddinghijab #weddingdress

A post shared by Laksmi Muslimah (@laksmimuslimah) on

 

Masih banyak desainer Indonesia yang menggarap fashion wedding dress specialist. Ini hanya lima dari sekian banyak, semoga bermanfaat ya!

Wedding dress nggak harus beli langsung jadi yang harganya selangit. Kamu bisa mengakalinya dengan bikin sendiri dengan beli bahan yang sesuai dengan budget. Selain itu kamu juga bisa sewa atau malah pakai wedding dress bekas orang tua seperti Nadine Chandrawinata.

Anyway, semoga lancar terus ya persiapan pernikahannya!

Inspirasi 10 Fashion Turtleneck Stylish ala Seleb

nia ramadhani turtleneck

Inspirasi soal fashion bisa datang dari mana saja. Jujur deh, kamu pasti banyak niru gaya artis, aktor, atau selebgram favorit kamu, kan?

Nggak terkecuali waktu memakai turtleneck. Kalau kamu masih bingung enaknya style baju dengan kerah tinggi nan hangat ini mau diapain, kamu bisa contek beberapa gaya berikut.

Inilah inspirasi fashion turtleneck ala seleb Indonesia.

1. Amanda Rawles

amanda rawles turtleneck
via instagram.com/amandarawles

Amanda Rawles punya gaya sendiri. Style fashion yang sering kita tonton di film barat ini juga bisa kamu tiru kalau lagi liburan. Turtleneck, leather jacket, skinny jeans, baret cap, dan overknee boots. Chic abis!

2. Andien

andien turtleneck
via instagram.com/andienaisyah

Turtleneck nggak cuma bisa dibiarkan polos sebagai top shirt atau basis shirt. Tiru nih gaya Andien, ibu satu anak ini mengolaborasikan turtleneck swaetshirt dengan midi dress bermotif. Lengkap dengan yellow kitten heels. Feminin yet stylish!

3. Ayudia Bing Slamet

ayudia turtleneck
via instagram.com/ayudiac

Buat kamu yang moslem dan pengin tampil pakai trendy, contek nih gaya Ayudia. Paduan hijab sporty, turtleneck tunic dengan layer cut, skinny pants, dan boots pendek. Keren!

4. Cut Syifa

cut syifa turtleneck
via instagram.com/cutsyifaa

Manis banget tampilan Cut Syifa ini. Cocok buat kamu yang bertipikal sederhana, nggak neko-neko, dan girly. Kombinasikan turtleneck t-shirt dan midi skirt cut. Pakai flatshoe atau wedges casual juga oke!

5. Febby Rastanty

febby rastanty turtleneck
via instagram.com/febbyrastanty

Kalau mau ke mall, nonton konser, or even hangout bareng temen-temen kamu bisa tiru nih gaya Febby Rastanty. Turtleneck sweatshirt dipadu dengan mini skirt dan gaya rambut cepolan. Kalau sudah begini, kamu bisa pakai sepatu boots biar makin keren!

6. Gritte Agatha

gritte agatha turtleneck
instagram.com/gritteagathaa

Gritte Agatha memberikan kesan dewasa dengan celana kulot bermotif lokal, white t-shirt turtleneck dan pink denim jaket. Biarkan rambutmu terurai gitu aja biar makin santai.

7. Marsha Aruan

marsha aruan turtleneck
via instagram.com/aruanmarsha

Tampil casual, kekasih dari El Rumi ini memadukan cut out shoulder turtleneck berwarna hitam. Dengan skinny pants bernuansa baby pink dan pump heels hitam. Marsha Aruan terlihat cantik dan anggun sesuai dengan usianya yang masih belia.

8. Nissa Sabyan

nissa sabyan turtleneck
via instagram.com/nissa_sabyan

Oversized turtleneck sweater ala Nissa Sabyan ini udah hits banget lho. Buat kamu hijabers yang ingin tampil gaya, bisa nih dicontek. Atur hijab rapat ke leher, gunakan long basic skirt, serta sempurnakan dengan sport shoes. Outfit ini cocok digunakan waktu nongkrong bareng teman, jalan-jalan di mall, atau acara nonformal apapun.

9. Patricia Gouw

patricia gouw turtleneck
via instagram.com/patriciagouw

Fashion yang satu ini cocok ditiru pas lagi musim dingin atau musim hujan. Buat kamu yang PD dengan tampilan nyentrik, kamu bisa tiru Patricia Gouw yang memadukan turtleneck sweater, rok motif abstrak, topi, dan sepatu boots.

10. Vanesha Prescilla

vanesha turtleneck
via instagram.com/vaneshaass

Tampil imut dan manis ala Vanesha Prescilla. Dirinya memadukan turtleneck sweater dengan rok overall dark denim aksen kancing. Gaya Vanesha ini dilengkapi dengan kacamata putih frame jumbo yang hits di tahun 90-an. Gemes banget!

 

So, gaya siapa yang paling cocok dengan selera fashion-mu?

Jangan Sedih! Ini 7 Cara Mudah Membangun Self-Love

Cara-mudah-self-love

Self-love adalah tameng di hampir setiap masalah kehidupan. Ngeri kan, tiap denger berita (mostly luar negeri) orang bunuh diri karena depresi. That’s why, self-love alias sikap mencintai diri sendiri itu penting, Kawan Muda.

Dalam hidup kamu nggak cuma dituntut untuk berhubungan baik dengan Tuhan, manusia lainnya, hewan, tumbuhan, dan lingkungan, tapi juga diri sendiri. Jangan sampai, kamu menjadi pribadi yang ‘melenceng’ gara-gara lupa buat self-love.

Emang harus gimana sih self-love itu? Yuk, ikuti cara mudah self-love berikut ini ya!

1. Memulai hari dengan bersyukur

Bersyukur-cara-mudah-self-love
Bersyukur | via pexels.com

First thing first, buka mata dan mulailah pagi dengan bersyukur. Kamu dikasih kesempatan hidup, kesehatan, kesibukan maupun waktu luang harus disyukuri. Lalu, coba deh bikin daftar hal positif apa aja yang bakal kamu lakukan hari ini. Semangat pagi akan membawa energi positif sepanjang hari.

2. Lakukan hal yang kamu kuasai

Sibukkan diri dengan hal-hal bermanfaat. Bekerja atau belajar, misalnya. Kamu yang menyukai pekerjaan dan merasa itu passion-mu, bersyukurlah. Kalau kamu harus menjalani hari di bawah tekanan dari pekerjaan yang nggak kamu suka, ulik lagi. Pasti ada kok sesuatu dari dirimu yang bisa di-explore! Lakukan hal yang kamu senangi.

3. Bergabung dengan komunitas

Cara mudah self-love berikutnya adalah ikut komunitas. Komunitasnya apa? Ya bebas asalkan positif, nggak sesat, dan nggak merugikan. Contohnya kamu bisa ikut komunitas pecinta hewan kucing, komunitas peduli sesama, komunitas otomotif, komunitas sepeda gunung, komunitas pecinta film anime tertentu, dan lain-lain. Berada di kumpulan orang-orang baik akan membuat kualitas diri menjadi lebih baik loh.

4. Membersihkan lingkungan

Lihat sekelilingmu, stres bisa saja tercipta dari sana. Kamar berantakan, meja kantor apalagi, duh bersihin sebentar deh. Minimal 20 menit per hari untuk merapikan tempat yang biasanya kamu singgahi itu perlu.

Bersihkan lingkungan juga bisa. Ehm, maksudnya, bersihkan dirimu dari toxic people. Kalau orang tersebut suka mengeluh, melontarkan energi negatif, mending jaga jarak atau atur tindakan preventif ya.

5. Ciptakan me-time

me-time-cara-mudah-self-love
Me time | via pexels.com

Me-time ini bentuknya bisa macem-macem, ke salon atau ke mall pun kadang juga bisa dianggap me-time. Mau olahraga, liburan, atau meluangkan waktu untuk hobi itu penting banget.  Intinya, refreshing lah! Biar badan dan pikiran semangat. Hindari pusing berlarut-larut mikir kerjaan atau mantan. Ups!

Oh iya, kalau bisa ini tuh harus rutin. Apalagi olahraga. Kalau kamu sibuk, paling nggak seminggu sekali sempatkan berolahraga. Liburan juga perlu, kalau toh nggak bisa sebulan sekali, paling nggak sekali dalam tiga bulan deh. Jangan nimbun uang cuma biar bisa kaya tapi lupa memanjakan dirimu ya, Kawan Muda.

6. Memperkuat spiritual

Memperdalam ilmu agama juga bagian dari self-love. Ini sebagai perisai biar apapun masalahmu, kamu ingat kalau kamu punya Tuhan. Tugasmu cuma menjalani masalah dan mencari jalan keluarnya, dengan sabar dan optimis. Kalau “inside-out”mu kuat, selemah apapun “outside-in” nggak bakal bikin kamu down. Sebab kamu punya motivasi diri yang kuat.

7. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Last but not least, teruslah berpikir positif. Kurang-kurangi membandingkan dirimu dengan orang lain. Hilangkan sifat iri dan dengki terhadap keberhasilan orang lain. Apapun itu, pokoknya kamu hepi aja lah. Tebarkan cinta dan semangat positif di manapun kamu berada. Cie gitu.

Nah, kalau setiap hari kamu merutinkan kegiatan positif ini kamu bakal lebih mencintai dirimu. Jangan lupa bersyukur lagi sebelum kamu memejamkan mata di malam hari ya, Kawan Muda. Cintai dirimu, karena kamu terlalu berharga untuk tidak dicintai.

Bikin Terenyuh, Foto Perbedaan Dua Dunia Ini Akan Membuatmu Besyukur dan Makin Peduli dengan Sekitar

Hidup dalam damai, siapa yang tak menginginkannya? Semua orang tentu ingin tinggal di lingkungan yang nyaman dan aman. Tak ada suara peluru, tak ada suara ledakan, atau erangan pesawat tempur. Semua umat manusia, di mana pun mereka berada, tentu ingin tidur di balik selimut yang hangat dan bercengkerama dengan anggota keluarga di ruang tamu yang dipenuhi gema tawa. Continue reading “Bikin Terenyuh, Foto Perbedaan Dua Dunia Ini Akan Membuatmu Besyukur dan Makin Peduli dengan Sekitar”

The 5-Hour Rule, Cara Mudah yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Minggunya Agar Sukses Seperti Bill Gates

Siapa teman-teman Kawan Muda yang ingin sukses? Pasti setiap orang menginginkan untuk sukses dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari keluarga, pekerjaan, pendidikan, hingga percintaan. Rasanya hidup belum lengkap jika belum sukses. Tetapi ternyata ada peraturan khusus yang bisa mengantarmu ke gerbang kesuksesan seperti Mark Zuckerberg, Oprah Winfrey, atau Bill Gates. Wih, apa itu?

The 5-Hour Rule merupakan suatu tindakan di mana kamu menyisihkan 5 jam setiap minggunya untuk fokus dan mempelajari suatu hal baru. Jangan sampai teralih dengan hal lain selama 5 jam ini. Fokus untuk mengembangkan sekaligus memperbaiki dirimu lebih baik dari sebelumnya selama 5 jam ini.

The 5-hour rule sangat membantu bagi kalian yang sering merasa stuck, jenuh, atau kurang ide. Seringkali kamu berada dalam posisi di mana kamu terus melakukan hal yang sama lagi dan lagi, tapi tidak ada yang berubah. Nah, the 5-hour rule ini membantu kamu untuk lebih produktif sekaligus mengembangkan potensi diri kamu yang terpendam.

Apa saja 5 poin utama dari peraturan ini? Yuk, kita lihat:

1. Membaca

via: medium.com

Membaca adalah salah satu kebiasaan yang wajib banget Kawan Muda punya. Awalnya memang sulit, tapi kalau kamu membiasakan untuk membaca 1 chapter 1 hari, maka lama-lama kebiasaan membaca ini akan tertanam dalam diri kamu. Hampir semua orang sukses di dunia mengatakan bahwa membaca bukan hanya sebagai hobi, namun juga sebagai kebiasaan sehari-hari, misalnya Elon Musk dan Bill Gates. Kalau kamu nggak suka untuk membawa buku kemana-mana, kamu bisa untuk mengunduh atau berlangganan ribuan e-book gratis dari situs terkenal seperti Kindle, atau Amazon Books.

2. Refleksi

via: netdna.ssl.com

Refleksi dapat berarti apapun, baik refleksi diri maupun refleksi hal yang kamu lakukan atau kamu pelajari pada hari itu. Apapun bentuknya, selalu tulis hal yang kamu pelajari tersebut. Inilah yang di sebut sebagai refleksi. Tuliskan hal-hal yang kamu pelajari setiap harinya dalam sebuah buku, dan hal tersebut akan membantu untuk menyimpan ingatan di otak dalam jangka waktu lama.

3. Eksperimen

via: edu.au

Salah satu sosok terkenal di dunia, Thomas Alfa Edison, sebelum berhasil menemukan formula lampu bohlam, Ia melakukan eksperimen hingga ribuan kali. Kalau kamu tetap melakukan hal yang sama lagi dan lagi, kamu nggak akan mempelajari hal baru, atau mendapatkan hal baru dari kegiatan monoton tersebut. Kamu nggak akan berkembang dong, jadinya? Nah untuk itulah perlu adanya eksperimen. Nggak usah takut gagal, coba saja dulu, karena semakin sering kamu mencoba ilmu dan kreativitas kamu akan terasah. Ingat, pengetahuan bisa di pelajari dalam hal apapun, termasuk hal gagal.

4. Jangan menggabungkan bekerja dengan belajar

via: yourstory.com

Stop menggabungkan belajar dengan bekerja. Kalau selama ini kamu merasa sudah bekerja keras, dan tetap merasa stuck tidak mendapatkan apapun, hal ini karena kamu hanya fokus untuk bekerja menyelesaikan masalah, dan tidak memiliki waktu untuk belajar. Namun jika mengikuti the 5-hour rule, kamu dapat mengembangkan skill kamu lebih cepat, karena kamu mendedikasikan waktu untuk itu.

5. Fokus pada perkembangan diri dan produktivitas

via: sfdcstatic.com

Bagian ini adalah yang terpenting dari the 5-hour rule, yaitu berfokus pada pembelajaran jangka panjang (lifelong learning). Gali sedalam mungkin potensi dirimu dengan berfokus pada perkembangan diri jangka panjang, yang dapat berguna bagi kamu pada 20, atau 30 tahun mendatang.

Kalau kamu menerapkan the 5-hour rule ini secara maksimal, percaya deh sukses akan datang ke hidupmu, baik dari segi kehidupan profesional, maupun pribadi. Ada nggak di antara Kawan Muda yang sudah menerapkan cara-cara di atas? Kalau ada, share yuk di kolom komentar!

sumber: Feedfond

10 Common Sense Dasar yang Harus Kamu Terapkan Jika Ingin Menjadi Manusia Berakal dan Berbudi Luhur

Common sense atau akal sehat merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu pemikiran dari aktivitas manusia yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu, serta bersifat konstan. Common sense sendiri bersifat umum yang di dasarkan untuk kebersamaan manusia. Secara singkatnyacommon sense dapat berarti suatu pengetahuan dasar tentang tindak tanduk manusia dalam kehidupan bersama.

Nah yang unik di era saat ini adalah, banyak masyarakat yang sudah tidak lagi menerapkan common sense ini dalam kehidupan sehari-hari. Padahal banyak banget lho, hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan dalam kehidupanmu, dan memberi manfaat sekaligus kemudahan bagi orang lain. Tetapi sayangnya karena keegoisan dan lebih mementingkan diri sendiri, common sense ini seringkali terlupakan.

Demi mengembalikan jiwa manusia yang luhur dan berakal, ada baiknya jika mulai saat ini kita menerapkan common sense dalam masyarakat. Apa saja jenis common sense yang sebaiknya kamu lakukan? Yuk, kita lihat:

1. Nggak menaruh barang-barangmu seenaknya di fasilitas umum, misalnya di kursi ruang tunggu atau kursi kendaraan umum

via: boredpanda.com

2. Nggak seenaknya melempar sampah ke tempat sampah, lalu tidak diambil kembali saat nggak masuk ke tempatnya. Bikin kotor!

via: boredpanda.com

3. Nggak berdiam di sisi yang seharusnya untuk orang berjalan, karena dapat menghambat mereka yang sedang terburu-buru

via: boredpanda.com

4. Tidak bermain smartphone saat ada orang lain sedang berbicara

via: boredpanda.com

5. Mendahulukan orang yang sedang keluar dari kendaraan umum, dan nggak memaksa masuk begitu saja saat pintu terbuka

via: boredpanda.com

6. Tidak menggunakan lampu sen secara sembarangan di jalan raya, terutama saat berkendara di jalan tol

via: boredpanda.com

7. Menggunakan headset saat mendengarkan musik, agar tidak mengganggu orang di sekitar kita

via: boredpanda.com

8. Selalu sopan dan bersikap menghargai terhadap pelayan restoran

via: boredpanda.com

9. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setiap kali sehabis dari toilet 

via: boredpanda.com

10. Jangan berkendara sambil menggunakan ponsel, karena dapat membahayakan dirimu dan pengendara di sekitarmu.

via: boredpanda.com

Nah sudah tahu kan sekarang Kawan Muda, jenis-jenis common sense dasar yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Ingat, jangan hanya selalu memikirkan diri sendiri, namun juga selalu pentingkan orang lain, bahkan untuk stranger sekalipun. Yuk, berbuat baik dan tulus di dunia mulai sekarang, Kawan Muda!

sumber: Boredpanda

5 Hewan Ini Ternyata Memiliki Keunikan yang Bisa Menyala dalam Gelap, Cantik Banget Warnanya!

Kawan Muda, kalian sadar nggak kalau sebenarnya bumi menyimpan banyak keunikan yang kamu nggak pernah tahu sebelumnya? Beragam keunikan biota, botani, dan hal lain di bumi yang menyimpan milyaran misteri yang dapat membuat kamu terperangah. Keunikan inilah yang akan membuat kamu semakin menghargai ciptaan di bumi, dan akan menjaganya sebaik mungkin.

Nah salah satu keunikan yang terdapat pada biota bumi yaitu adanya beberapa hewan yang menyala dalam gelap aka glow in the dark. Lho, kaya stiker dong? Well, yang jelas 5 hewan di bawah ini bisa menyala dalam gelap dengan tujuan untuk melindungi diri dan berkomunikasi pastinya. Heran, kan? Biar nggak penasaran, yuk kita lihat hewan apa saja:

1. Kalajengking

via: abc.net.au

Hewan yang jadi inspirasi untuk film The Scorpion King ini ternyata bisa menyala dalam gelap, lho! Bahkan para ilmuwan pun tidak menemukan penyebabnya, dan mengeluarkan berbagai hipotesis seperti bawaan alam, atau kecelakaan genetik. Tapi yang jelas nih, kalajengking bisa memancarkan cahaya bawaan berwarna soft blue green apabila kamu paparkan sinar UV langsung. Keren ya!

2. Siput Clusterwink

via: keepo.me

Disebut juga sebagai Hinea Brasiliana, siput ini punya keunikan yang bisa memancarkan cahaya berwarna hijau. Fungsinya? Untuk perlindungan sekaligus komunikasi terhadap jenisnya. Menurut penelitian Nerida Wilson, cahaya ini keluar hanya jika tubuh dari siput ini tersentuh, yang kemudian setelah diteliti, cahaya tersebut dihasilkan dari reaksi kimiawi dari dalam tubuh siput. Unik, ya!

3. Cookiecutter Shark

via: sharkdevocean.wordpress.com

Nggak semua hiu bentuknya garang bin ganas yang bisa bikin kamu berteriak setiap kali lihat film Jaws, atau yang terbaru The Meg. Hiu yang hidup di kedalaman 500m ini agak sulit untuk ditemukan, selain itu bentuk dan warnanya yang nggak biasa, membuat hiu ini tidak mudah dikenali. Hanya saja, keunikan tubuhnya yang bisa memancarkan cahaya membuat hiu ini menjadi terkenal. Fenomena unik yang bernama biofluorescence ini dipercaya oleh para ilmuwan, sebagai cara untuk melakukan komunikasi dengan spesies hiu lain, yang memiliki kelebihan untuk melihat pancaran cahaya khusus.

4. Ubur-ubur

via: treehugger.com

Sama seperti Cookiecutter Shark, ubur-ubur aka jellyfish juga bisa untuk menyala dalam gelap. Fenomena yang disebut sebagai bioluminescence ini merupakan suatu fenomena yang terjadi ketika zat kimia mengaktifkan elektron dalam tubuh hewan tersebut. Bioluminescence ini bisa muncul ketika dipicu oleh hal seperti enzim dan perpindahan energi dalam tubuh. Uniknya nih, bioluminescence ini selain ditemukan pada ubur-ubur juga ditemukan pada hewan lain seperti kunang-kunang. Jenis ubur-ubur yang memiliki bioluminescence ini antara lain siphonophores, sea pens, dan ctenophores.

5. Kunang-kunang

via: wonderslits.com

Kalau yang ini pasti udah nggak asing lagi ya, Kawan Muda. Sama seperti penjelasan diatas, kunang-kunang memiliki zat bioluminescence yang terproduksi ketika oksigen berkombinasi dengan kalsium, adenosine triphosphate, dan zat kimia yang akhirnya membuat tubuh kunang-kunang memancarkan cahaya. Uniknya nih, cahaya ini dipancarkan ini bukan cahaya “panas” seperti cahaya pada lampu bohlam, melainkan cahaya “dingin” yang tidak menghabiskan banyak tenaga kunang-kunang.

Unik juga ya, fenomena hewan-hewan yang bisa glow in the dark ini. Memang ternyata beragam keunikan di bumi ini yang kita tidak tahu kenyataannya. Oh iya omong-omong, ada hewan lain nggak yang bisa menyala dalam gelap, Kawan Muda?

Sumber: Berbagai sumber.