Tak Hanya Emosi Saja yang Labil, 5 Hal Aneh Ini Akan Terjadi Pada Tubuhmu Pasca Putus Cinta!

3.926 views
via: brightside.me

Putus cinta deritanya memang tiada akhir. Rasa sakit hati setelah putus cinta memang wajar dirasakan oleh siapa pun yang mengalaminya. Namun jika dibiarkan berkepanjangan bisa berbahaya bagi kesehatan, baik secara kesehatan batin maupun fisik.

Yup! Kawan Muda enggak hanya merasa tertekan secara emosional saja, putus cinta akan berdampak buruk pada kesehatan fisikmu. Wah, kira-kira apa saja yang akan terjadi pada tubuh saat mengalami putus cinta, ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini, sebagaimana dilansir dari Brightside.me.

1. Ketika patah hati, kamu mengalami kecemasan berlebih dan susah tidur.

via: brightside.me

Manusia itu pada dasarnya membutuhkan kontak dengan orang lain. Ketika putus cinta dan memilih untuk sendiri, kamu akan kehilangan kontak dan merasakan kegelisahan berlebih yang bisa membuatmu gampang sakit.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa seseorang yang patah hati mengalami gejala-gejala yang mirip dengan orang yang kecanduan kokain. Mulai dari kecemasan dan paranoia berlebihan hingga pola tidur yang terganggu.

2. Kamu akan mengalami nyeri di bagian dada yang bisa berujung pada serangan jantung.

via: brightside.me

Putus cinta mengarahkan perasaan penolakan dan rasa sakit di dada. Nah, rasa sakit ini adalah rangsangan yang diberikan ke otak dan rasanya mirip dengan saat seseorang ketumpahan air panas atau terkena lukar bakar.

Lebih jauh lagi, menurut sebuah penelitian, orang yang terlalu berkabung saat kehilangan orang yang dicintainya (yang salah satu penyebabnya adalah patah hati), berisiko terkena serangan jantung enam kali lipat lebih besar!

Bahkan rasa patah hati yang terlalu lama dan mendalam bisa berpotensi menyebabkan kematian.

3. Putus cinta juga membuatmu mengalami masalah kulit seperti jerawat yang makin menggila dan kulit kusam.

via: brightside.me

Kawan Muda sadar enggak sih kalau kondisi kulit tiba-tiba menurun saat kamu mengalami patah hati? Misalnya, jerawat yang mendadak muncul di mana-mana.

Hemm, ini wajar sih karena kegalauan membuatmu sulit tidur, malas makan, stres, cemas, gelisah galau merana berhari-hari. Dan stres yang berkepanjangan ini memicu timbulnya jerawat di kulit dan bahkan rambut rontok!

4. Percaya atau tidak, patah hati bikin badan gampang pegal dan nyeri otot.

via: brightside.me

Dalam keadaan tertekan, orang lebih mudah mengalami cedera daripada biasanya. Dan karena sedang stres juga, kejang pada otot mungkin muncul, dan otot yang berkontraksi menyebabkan rasa sakit dan nyeri di berbagai bagian tubuh.

5. Selain itu, patah hati bisa membuatmu kehilangan nafsu makan atau bahkan mengalami kenaikan berat badan.

via: brightside.me

Pasca putus, banyak orang yang mengalami masalah dengan nafsu makan. Dalam jangka panjang, putus cinta bisa menyebabkan berat badan seseorang bertambah. Kenapa bisa demikan?

Stres menyebabkan sel pada tubuh kurang sensitif terhadap insulin dan tubuh mengeluarkannya lebih banyak lagi sehingga mempercepat akumulasi lemak.

Pasca putus juga membuatmu sulit tidur dan kurang tidur juga menjadi penyebab berat badanmu naik.

Itulah 5 dampak negatif putus cinta terhadap kesehatan tubuh. Merasa sakit dan galau sih boleh, tapi jangan biarkan sakit itu tinggal di hati terlalu lama.

Kawan Muda harus berhenti menyalahkan diri sendiri dan mulai belajar menerima atau memaafkan dengan ikhlas. Semangat, ya, buat kamu yang baru putus. Badai akan segera berlalu, kok…. 🙂