Menentukan souvenir pernikahan adalah hal yang gampang-gampang susah. Gampang kalau kamu punya budget banyak, jadi bebas milih apa saja, hehe. Susah saat budget souvenir pernikahan ditekan seminimal mungkin, tapi pengin menghadirkan souvenir pernikahan yang menarik. Nah lho, jadi bingung kan?

Sebenarnya kamu bisa, kok, mendapatkan souvenir pernikahan yang elegan dengan harga yang murah meriah. Semua kembali ke bagaimana kamu ‘mengakali’ hal tersebut. Mungkin dengan membungkus sendiri souvenir pernikahan atau membuat souvenir handmade. Pasti lebih murah, meski harus berjuang banget sih :”)

Untuk membantu Kawan Muda mencari souvenir pernikahan impian, yang tak hanya indah tetapi juga bermanfaat, Kita Muda sudah merangkum nih dari laman Hipwee dan Popbela ide souvenir pernikahan unik. Yuk, intip!

1. Sabun jadi souvenir pernikahan? Bisa, kok! Sabun handmade bakal jadi souvenir cantik dan bermanfaat untuk para tamu undangan. Harganya pun variatif mulai dari Rp 3 ribuan hingga Rp 13 ribuan. Nanti tinggal dibungkus pakai kertas daur ulang yang sudah dikasih kutipan manis.  

Sabun handmade bisa jadi souvenir cantik dan bermanfaat | via: rockytopsoap.com

2. Bikin souvenir pernikahan yang lain daripada lain? Kenapa enggak! Alat tulis seperti pensil bisa kamu sulap jadi souvenir cantik untuk pernikahan. Tinggal kasih beberapa pansil dalam satu kotak dan dibungkus dnegan kotak cantik, deh.

Kotak cantik berisi pensil untuk souvenir pernikahan | via: diyweddingmaster.com

3. Tanaman mini bisa jadi souvenir yang unik sekaligus bermanfaat. Harganya pun terjangkau karena kamu bisa membuat sendiri di rumah. Tinggal beli gelas kecil dengan harga mulai dari Rp 1.000 dan tanaman hias deh dengan harga mulai Rp 3.000. Untuk mempercantik, tinggal dikasih pita atau kutipan manis.

Ide souvenir pernikahan unik berupa tanaman mini | via: diyweddingmaster.com

4. Kopi seduh juga bisa kamu jadikan souvenir pernikahan dan bisa kamu kreasikan sendiri di rumah. Tinggal beli tabung reaksi untuk tempat ramuan kopi tersebut dan beli bahan-bahan yang diperlukan, seperti bubuk kopi, gula, mocca, krimer, dan cokelat. Lalu kamu susun deh takarannya biar bisa jadi kopi siap seduh untuk satu gelas. Satu tamu bisa dapat 3—5 ramuan. Unik kan?

Kopi siap seduh yang dibungkus cantik untuk souvenir pernikahan | via: diyweddingmaster.com

5. Atau kamu memberi tamu undangan biji kopi yang ditaruh dalam amplop menarik atau jar yang lucu. Selain biji kopi, kamu juga bisa memberikan bibit tanaman kecil yang bisa ditanam ulang oleh tamu undangan. Selain unik, souvenir pernikahan seperti ini juga selalu dikenang 😉

Biji kopi atau bibit tanaman bisa dijadikan souvenir pernikahan yang enggak biasa | via: imgkid.com

6. Souvenir pernikahan gantungan kunci memang sudah umum, sih. Namun kamu bisa memodifikasinya biar tetap keren dan kekinian. Kamu bisa pesan gantungan kunci bentuk puzzle, yang ketika digabungkan akan mengukir kata-kata indah. Nanti tinggal dibungkus dalam plastik atau kertas bungkus yang menarik.

Souvenir pernikahan berupa gantungan kunci unik| via: imgkid.com

7. Masih ingat dengan souvenir pernikahan Raisa dan Hamish? Keduanya memberi para tamu undangan tiga macam teh premium yang dikemas dalam kotak yang cantik. Kalau kamu punya budget yang lumayan, ide ini bisa dicontek.

Teh 3 Rasa, souvenir Raisa dan Hamish | via: Instagram.com/raisa6690

8. Siapa bilang kasih souvenir pernikahan gelas ketinggalan zaman? Contek deh ide teko unik dari pernikahan Syahnaz Sadiqah dan Jeje ‘Govinda’ ini. Bentuknya kayak teko, ya, tapi di bawahnya ada gelas yang bisa dipakai untuk minum. Manis banget kan?

Teko unik dari pernikahan Syahnaz Sadiqah dan Jeje ‘Govinda’| via: Instagram.com/syahnazs

9. Atau mau kasih souvenir pernikahan gelas yang dibungkus dalam kotak yang dibuat seperti buku layaknya souvenir pernikahan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie? Kalau begini kan souvenir gelasnya jadi enggak pasaran, hihi…

Cangkir yang dibungkus dalam kotak yang berbentuk buku layaknya souvenir pernikahan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie | via: popbela.com

10. Aromaterapi juga bisa jadi pilihan souvenir pernikahan menarik. Kamu bisa kasih aromaterapi berbentuk essential oil atau lilin aromaterapi dengan bentuk unik.

Aromaterapi juga bisa jadi pilihan souvenir pernikahan menarik | via: popbela.com

Meski kelihatannya hanya printilan dari sebuah pesta pernikahan, pemilihan souvenir pernikahan enggak boleh diremehkan. Berapa pun harganya, pastikan memberikan souvenir yang bermanfaat, ya, bagi tamu undangan. Semoga tips di atas membantu, ya!