Punya Banyak Teman, Seberapa Pentingkah?

887 views
punya banyak teman vs. punya sedikit teman

Dulu mungkin banyak yang beranggapan bahwa orang yang temannya sedikit adalah orang yang kurang menyenangkan, pendiam, atau tak pandai bergaul. Ini juga berlaku sebaliknya pada mereka yang lingkaran pertemanannya luas. Orang seperti ini dianggap pandai bergaul, ramah, dan punya sikap yang menyenangkan.

Padahal, jumlah teman bukanlah ukuran bahwa seseorang punya pribadi yang menyenangkan. Begitu pula dengan mereka yang temannya bisa dihitung dengan jari, tak semuanya memiliki pribadi yang membosankan. Apalagi seiring bertambahnya usia, orang-orang tertentu akan kehilangan satu per satu temannya dan cenderung mempertahankan lingkungan pertemanan yang kecil.

Apakah ini sebuah pertanda buruk? Sebagaim makhluk sosial, haruskah kita memiliki banyak teman? Memiliki teman sangatlah penting, tapi bukan berarti jumlahnya harus banyak. Sebetulnya, bukan kuantitas yang dilihat dalam sebuah pertemanan, tetapi kualitasnya.

Terkadang ada orang yang tampak memiliki banyak lingkaran pertemanan, tetapi tak ada yang menguntungkan sama sekali. Dalam artian, pertemanan tersebut tak membantunya berkembang di banyak sisi dan malah merugikan. Hal ini bukan berarti bahwa kamu tak boleh memiliki relasi pertemanan yang luas.

Punya banyak teman juga memiliki banyak sisi positif dan menjadi anugerah tersendiri bagi seseorang yang mampu mempertahankan lingkaran pertemanannya yang luas hingga dewasa. Pada akhirnya, semua tergantung pada masing-masing orang yang menjalani.

Punya banyak teman akrab atau punya sedikit teman yang berkualitas sebetulnya #samasamabaik. Berikut adalah beberapa keuntungan dari masing-masing pilihan. Yuk, intip!

Ketika kamu punya banyak teman akrab maka…

Hidupmu akan lebih berwarna karena teman-temanmu yang siap meramaikan suasana.

punya banyak teman vs. punya sedikit teman
Hidupmu akan lebih berwarna karena teman-temanmu yang siap meramaikan suasana | via: theatlantic.com

Serunya punya banyak teman adalah ketika beberapa orang sedang sibuk, kamu masih punya teman lain yang bisa meramaikan hidupmu. Dan ketika semuanya kumpul, suasana akan semakin ramai. Pasti pembicaraan seru tak aka nada habisnya karena kalian enggak akan pernah kehabisan topik buat dibahas.

Banyak teman berarti banyak orang yang punya pemikiran atau sikap yang beda. Ini akan melatih sikap toleran.

punya banyak teman vs. punya sedikit teman
Semakin banyak teman, semakin banyak pula penyesuaian yang harus dilakukan | via: broadwaynaz.com

Semakin banyak teman, semakin banyak pula penyesuaian yang harus dilakukan. Di satu sisi hal ini bisa jadi tantangan, di sisi lain hal ini adalah sebuah anugerah, kenapa? Karena kamu belajar untuk menerima kekurangan dan kelebihan orang. Sebenci apa pun dengan sikap atau kebiasaannya, kamu akan berusaha menerima hal tersebut karena dia temanmu.

Dengan teman yang banyak, akan tumbuh teman atau kenalan baru yang akan menambah warna dalam hidupmu (ehm, siapa tahu ketemu jodoh juga!).

punya banyak teman vs. punya sedikit teman
Dengan teman yang banyak, akan tumbuh teman atau kenalan baru | via: scarymommy.com

Temanmu mungkin punya teman lain di luar sana. Dari situ kamu mungkin bisa kenal dengan teman-teman baru temanmu. Tanpa disadari, relasimu semakin banyak gara-gara dikenalkan oleh teman-temanmu. Nah, siapa tahu kan dari situ kamu bisa ketemu tambatan hati, ehehe.

Kalau punya banyak teman, bala bantuannya banyak. Satu berhalangan, bisa hubungin yang lainnya :”)

punya banyak teman vs. punya sedikit teman
Kalau punya banyak teman, bala bantuannya banyak | via: joinonelove.org

Salah satu kelebihan kalau punya banyak teman adalah bala bantuan yang tak terbatas. Ketika ada di masa-masa sulit, mereka akan selalu ada untukmu. Dan banyaknya dukungan akan membuatmu merasa lebih baik. Apalagi saat harus menghadapi sesuatu yang berat, bantuan yang datang dari banyak teman akan membantumu untuk bangkin kembali.

Di sisi lain, punya teman sedikit bukan sesuatu yang menyedihkan, kok, karena…

Sedikit teman, sedikit konflik, dan minim drama. Hidup akan lebih nyaman dan terhindar dari drama pertemanan.

punya banyak teman vs. punya sedikit teman
Sedikit teman, sedikit konflik, dan minim drama | via: romper.com

Kebayang enggak sih gimana kalau punya teman dekat yang banyak banget? Paling enggak enak kalau ada yang bertengkar dan kita bingung harus bersikap apa karena takut memihak. Namun ujung-ujungnya juga bakal ‘terpecah’ karena ada yang memihak si A atau si B. Nah, kalau kamu punya teman yang bisa dihitung pakai jari, kemungkinan tersebut akan bisa dihindari.

Jumlah teman yang sedikit membuatmu lebih mudah menyelami masing-masing sifat atau karakter temanmu.

punya banyak teman vs. punya sedikit teman
Teman yang sedikit membuatmu lebih mudah menyelami masing-masing sifat atau karakter | via: harpercollins.com.au

Memahami satu orang saja sulit, bagaimana kalau banyak? Sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk dilakukan, tapi kemungkinan kita akan lebih kenal ke beberapa orang saja akan terjadi. Dan kemungkinan teman yang satu akan iri pada yang lain karena kamu lebih mengenal yang lain juga bisa terjadi di kemudian hari. Itulah mengapa punya teman sedikit terbilang ‘aman’ karena kamu bisa lebih mudah menyelami sifat atau karakter masing-masing temanmu.

Semakin sedikit jumlahnya, semakin mudah pula menjaga hubungan tersebut.

punya banyak teman vs. punya sedikit teman
Semakin sedikit jumlahnya, semakin mudah pula menjaga hubungan tersebut | via: childmags.com.au

Salah paham dalam pertemanan adalah hal yang tak bisa dihindari. Ketika jumlah teman sedikit, akan lebih mudah mengendalikan hal tersebut. Dan kamu akan lebih mudah menjaga hubungan pertemanan yang terjalin. Karena dengan jumlah yang sedikit, kamu akan berusaha meraih temanmu agar tidak lost contact meski kalian telah menjalani kehidupan yang berbeda.

Teman yang sedikit membuatmu tahu mana yang betul-betul bisa diandalkan di segala situasi.

punya banyak teman vs. punya sedikit teman
Teman yang sedikit membuatmu tahu mana yang betul-betul bisa diandalkan di segala situasi | via: thecusp.com.au

Karena sudah kenal luar dalam, kamu jadi tahu mana teman yang betul-betul ikhlas kalau membantu dan mana yang ‘ada maunya’. Ketika berada dalam kesulitan dan butuh bantuan mendesak, kamu akan tahu siapa yang harus dihubungi. Dan mereka pun akan langsung membantumu tanpa perlu berpikir dua kali.

Lagi-lagi Kita Muda tak bosan mengingatkan bahwa bukan masalah kuantitas yang harus dititikberatkan, tetapi kualitas hubungan pertemanan kalian. Kalau punya banyak teman yang positif, loyal, dan saling support; kenapa tidak dipertahankan? Punya teman beberapa tapi ngertiin kamu luar dalam? Kenapa harus merasa kesepian? Sepakat?

Haruskah Punya Banyak Teman?!? | Foto/Dok. Kitamuda.id