Percaya atau Tidak, Ternyata Kebahagiaan dalam Pernikahan Membawa Dampak Baik untuk Kesehatan Tubuh, Lho! Ssst, Bisa untuk Mencegah Terkena Alzheimer Juga!

Menikah dengan seseorang yang kamu cintai merupakan tahapan besar dalam hidupmu. Menghabiskan waktu hingga akhir hayat bersama seseorang yang mau untuk menerima dirimu apa adanya, tanpa ketakutan sedikitpun, membawa kebahagian tersendiri bagi siapapun. Rasa bahagia karena cinta mendalam ini akan terus ada dan membuat kehidupan pernikahan kalian menjadi menyenangkan. Saking bahagianya nih, perasaan bahagia ini bisa mempengaruhi kesehatan diri kalian juga, lho!

Ketika kamu bahagia dan dipenuhi rasa cinta yang mendalam, otomatis tubuh kamu juga akan bereaksi untuk mengikuti perubahan emosi yang kamu alami. Mulai dari tekanan darah yang membaik, risiko terkena Alzheimer akan semakin rendah, hingga fungsi paru-paru semakin baik. Keren banget, kan? Nah selain tiga diatas, apa saja ya dampak kesehatan yang ditimbulkan dari pernikahan? Yuk, kita lihat:

1. Risiko terkena Alzheimer semakin rendah

via: rd.com

Banyak hal baik dalam hidupmu yang membantu untuk merendahkan risiko terkena Alzheimer, dan pernikahan adalah salah satunya. Penelitian menunjukkan bahwa pria dan wanita yang telah menikah memiliki 43% kesempatan lebih rendah untuk terkena Alzheimer pada saat mereka tua. Jadi nih kalau pasangan kamu menyebalkan dan saking kesalnya ingin membuat kamu pisah dengan dia, coba pikirkan lagi bahwa bertengkar dengan pasangan dapat membuat otakmu bekerja lebih aktif, dan tentunya terhindar dari Alzheimer.

2. Tekanan darah tubuhmu akan membaik

via: rd.com

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit manusia yang paling mematikan di dunia. Tetapi kamu bisa kok untuk terhindar dari penyakit mematikan ini dengan menikah. Yupsie, pasangan yang telah menikah akan memiliki risiko lebih rendah utuk terkena tekanan darah tinggi daripada mereka yang single. Para peneliti dari Brigham Young University melakukan monitoring terhadap tekanan darah selama 24 jam, dan menemukan bahwa mereka yang telah menikah memiliki hasil lebih baik daripada mereka yang single. Jadi, masih mau untuk terus single?

3. Fungsi paru-paru akan jauh lebih baik

via: rd.com

Menarik nafas dengan paru-paru yang sehat, siapa yang nggak ingin? Ketika kita masih muda sih, bernafas merupakan hal biasa yang setiap orang pasti dapatkan, tetapi ketika tua percaya deh, kalian akan senang ketika fungsi paru-paru kalian masih seperti waktu muda. Menurut penelitian dari Health Psychology, hubungan jangka panjang, entah pernikahan atau hal lainnya, dapat membantu untuk memperbaiki fungsi paru-paru seseorang. Mungkin terkesan hal yang biasa, tapi kalau masih bisa bernafas dengan lancar tanpa gangguan, kenapa tidak disyukuri kan?

4. Memiliki jantung sehat

via: rd.com

Nggak hanya tekanan darahmu yang terpengaruh karena pernikahan, jantung kamu pun juga. Menurut penelitian dari European Journal of Preventive Cardiology, pria dan wanita yang telah menikah memiliki kesehatan jantung yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Bahkan nih, ketika pasangan yang telah menikah terkena penyakit jantung, kemungkinan mereka untuk survive akan lebih tinggi. Mungkin karena support dari orang yang tersayang membuat mereka ingin segera sembuh, ya?

5. Akan selamat dari penyakit kanker

via: rd.com

Nah yang ini nih paling keren dampaknya. Menikah memang tidak akan mengurangi risiko seseorang untuk terkena penyakit kanker, tapi bisa membantu untuk selamat dari penyakit tersebut. Menurut para ilmuwan ketika mereka meneliti catatan medis lebih dari 800.000 orang, ditemukan bahwa pria dan wanita single memiliki tingkat kesempatan kanker sebesar 27% dan 19% lebih tinggi daripada mereka yang sudah menikah.

Kalau sudah melihat dampak kerennya pernikahan terhadap kesehatan tubuh, jadi ingin cepat-cepat menikah nggak sih? Mungkin pernikahan menjadi suatu hal yang berat dan menyulitkan, tetapi demi kesehatan masa depanmu, kenapa nggak dicoba, ya kan?

sumber: Reader’s Digest

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *