#NgobrolinCinta: Ketika Pergoki Pasangan Selingkuh, Mau Lanjut atau Disudahi Saja Nih Hubungan?

1.108 views
via: ftwinsane.com

Diselingkuhin? Aduh, pasti rasanya nyesek banget ya. Apa yang akan Kawan Muda lakukan jika ternyata pasangan bermain api di belakangmu? #NgobrolinCinta yang dicurangi tentu saja bikin hati sedih, marah, kecewa, semua campur aduk jadi satu. Apalagi kalau kamu berhasil memergoki kebersamaan pasangan dan selingkuhannya!

Beberapa orang pasti langsung mengambil tindakan impulsif ketika pergoki pasangan selingkuh. Mulai dari meneriaki pasangan atau selingkuhan, kalau cewek biasanya bakal menjambak si pelakor dan memukul-mukul pasangannya, atau kalau cowok biasanya naik tikam dan bahkan ada yang berujung pada tindak kriminal. Duh, ngeri enggak sih?

Oke, kamu memang diselingkuhin, tapi jangan terburu-buru saat mengambil keputusan. Yup, sadarlah bahwa kamu sedang emosi tingkat akut dan segala keputusan yang diambil saat emosi bisa menjadi bumerang buatmu ke depannya.

Nah, ketika kamu tahu bahwa pasangan selingkuh, inilah cara terbaik dan elegan untuk menyikapinya:

1. Enggak ada asap kalau enggak ada api, coba deh introspeksi dulu kelakuan atau sikapmu pada pasangan selama ini

via: indiewire.com

Seseorang tentu memiliki alasan tersendiri kenapa dia nekat dan tega berselingkuh dari pasangannya. Kamu mungkin berpikir bahwa itu sepenuhnya kesalahan pasangan dan men-judge bahwa dia jahat.

Namun, pernah enggak kamu menanyakan pada diri sendiri apakah kamu telah memperlakukan pasanganmu dengan baik?

Mungkin saja pasangan selingkuh karena kamu terlalu mengatur, mengekang, atau terlalu arogan. Sebelum mengambil keputusan, coba deh tenangkan pikiranmu dan merenung dulu.

2. Jangan tergesa-gesa menyudahi hubungan, coba diskusikan hal ini dengan kepala jernih bersama pasangan

via: susanwinter.com

Buat yang sudah menjalin hubungan cukup lama, tindakan pasangan yang selingkuh tentu membuatmu merasa ditikam diam-diam dari belakang. Rasanya pengin menyudahi semuanya saat itu juga. Yakin?

Coba deh pikirkan kembali keputusan tersebut. Jika memang pasanganmu memiliki sikap yang enggak banget, ditambah kamu menangkap basah dia selingkuh, perpisahan mungkin adalah keputusan terbaik.

Namun jika pasangan adalah pribadi yang baik, selalu memperlakukanmu dengan baik selama ini, maka jangan tergesa-gesa mengambil keputusan.

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, coba deh pikirkan kembali apakah ada sikapmu yang mungkin membuatnya jenuh atau kamu mungkin terlalu cuek padanya.  Kalau perlu nih, tanyakan baik-baik alasan kenapa dia berselingkuh.


BACA JUGA:


3. Jika pasangan menyesali dan ingin memperbaiki hubungannya denganmu, beri dia ultimatum agar kesalahan serupa tak terjadi

via: ScoopWhoop.com

Setiap hubungan pasti memiliki kerikil-kerikil tajam yang menghadang, salah satunya ya perselingkuhan. Meskipun ini bisa jadi lampu merah bahwa pasanganmu ternyata enggak setia, adanya perselingkuhan tanpa disadari bisa membuat hubunganmu dan pasangan semakin berkembang.

Ya, karena enggak selamanya perselingkuhan diakhiri dengan perpisahan. Bisa jadi perselingkuhan menjadi pelajaran yang berarti bagi sebuah hubungan sehingga hubungan itu bukannya berakhir malah menjadi kuat dari hari ke hari.

Namun sebagai pihak yang diselingkuhi kamu juga harus tegas, beri ultimatum pada pasanganmu. Jika dia mengulanginya lagi, jangan pernah memberinya kesempatan dua dan mintalah bukti nyata bahwa dia bisa memegang janjinya.

4. Lalu, bagaimana cara menghadapi selingkuhan pasangan?

via: Shutterstock.com

Ini mungkin menjadi bagian yang paling sulit. Kalau menghadapi pasangan kamu mungkin bisa tahan ya buat enggak emosi, kalau menghadapi si selingkuhan? Ugh, rasanya pengin diapain gitu biar gitu biar doi jera!

Namun, meneriaki, menjambak, atau kekerasan fisik lainnya belum tentu lho memberikan ‘pelajaran’ berarti buat dia. Coba deh ajak si selingkuhan ketemuan, bicarakan baik-baik tentang hubunganmu dan pasangan,  lalu coba ‘takut-takuti’ dia bagaimana jika nantinya dia juga diselingkuhi oleh pasanganmu?

Tak perlu pasang wajah galak, pasang wajah santai dengan nada bicara yang ngena juga bisa bikin dia terintimidasi kok. Daripada nambah-nambah dosa ya mukulin anak orang, kalau dilaporin dengan tuduhan tindak penganiayaan berabe juga :”)

Kesimpulannya sih, mau lanjut atau putus, sebaiknya kamu melakukan 4 hal di atas terlebih dahulu, baru deh memutuskan. Jangan gegabah dengan memutuskan hubungan saat itu juga atau berlaku kasar pada selingkuhan pasangan.

Selain kemungkinan kamu akan menyesali hal tersebut di kemudian hari, kamu enggak malu apa jadi tontonan banyak orang? Memang sih kamu lagi pergokin pasangan dan selingkuhannya, tapi mau enggak mau orang-orang jadi ngelihatin kamu juga kan?

Sumber: All Women’s Talk