Menurut Penelitian di Inggris, Ternyata Wanita Lebih Bisa Bertahan dalam Status Single Daripada Pria, Lho! Kenapa Ya?

936 views

Bagi sebagian orang, baik pria atau wanita, menjadi single merupakan hal yang menyedihkan. Meskipun ada juga yang bilang menjadi single itu menyenangkan, tetap saja sendiri terasa menyebalkan. Ketika malam minggu atau masa liburan, orang lain berkencan dengan pasangannya dan kamu “hanya” menikmati film atau drama Korea yang sudah di download. Apalagi setelah sekian lama memiliki pasangan, lalu tiba-tiba jadi single, makin sebal lagi deh!

via: anotherimg.com

Tapi tahu tidak, jika membandingkan kondisi pria dan wanita yang sedang single, ternyata wanita cenderung lebih baik untuk mengatasi hal tersebut daripada pria. Menurut penelitian dari firma Mintel di Inggris, 61 persen wanita single merasa nyaman dengan keadaannya. Sedangkan hanya sekitar 49 persen pria yang nyaman untuk hidup tanpa pasangan. Dalam penelitian ini juga membahas bahwa pria ingin lebih cepat memiliki pasangan daripada wanita. Sebanyak 75 persen wanita mengatakan mereka tidak terburu-buru untuk mencari pasangan, sedangkan hanya sekitar 65 persen pria yang mengatakan hal sama.

Lho, kok bisa begitu?

via: menshealth.com

Ternyata pria cenderung untuk menghadapi tekanan sosial untuk mengekspresikan perasaan yang mereka pendam. Pria jarang untuk membicarakan perasaan atau masalah yang mereka alami ke teman mereka karena sulit bagi mereka untuk terbuka secara emosiona tanpa adanya pasangan. Berbanding terbalik dengan wanita, dimana mereka mendiskusikan perasaaan dan pikiran mereka, sehingga mengurangi beban akan kebutuhan untuk menjalin hubungan. Menurut Jack Duckett, seorang analis senior dari perusahaan Mintel, tidak adanya pasangan dalam kehidupan mereka membuat mereka tidak memiliki seseorang yang dapat diajak berbicara mengenai masalah dalam dirinya. Sehingga, banyak pria yang “tersiksa” ketika memiliki status single dalam hubungan mereka.

Jack juga menerangkan bahwa dari hasil penelitian tersebut banyak pria dan wanita yang tidak begitu berfokus untuk menjalin hubungan. Menurut Jack banyak faktor yang mendasari hal ini, misalnya adalah tingginya akan kebutuhan pendidikan, karir, dan keuangan, daripada hanya sekadar menjalin hubungan semata. Sehingga mereka nantinya akan siap untuk menjalin hubungan jika faktor-faktor utama tersebut sudah terpenuhi. Hmm, khas kaum millenials banget nggak sih?

Anyway, nggak usah terburu-buru untuk menjalin hubungan. Jangan takut untuk menjadi single, daripada menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak membuatmu nyaman, lebih baik menikmati waktu sendiri dulu, kan? When it’s the right person, at the right time, you won’t be swimming in doubts. Selamat menikmati waktu single, Kawan Muda!

sumber: Men’s Health