Kenapa Sih Pasangan Suami Istri Lama-kelamaan Wajahnya Makin Mirip? Ternyata Ini Lho Alasannya…

Coba deh Kawan Muda lihat teman-teman kamu yang sudah menikah atau mungkin kamu sendiri, sadar enggak sih kalau lama-lama wajah kalian jadi mirip dengan pasangan? Ya, enggak mirip-mirip banget sih kayak saudara kembar, tapi lama-lama ada hal yang membuat kalian tampak mirip.

Kamu mungkin enggak menyadarinya, tapi coba ingat-ingat lagi sudah berapa orang mengomentari kemiripan wajah kalian dari hari ke hari?! Ehm, katanya sih kalau punya wajah yang mirip dengan pasangan, itu berarti kalian memang jodoh.

Namun, bagaimana caranya ya wajah bisa menjadi mirip padahal enggak diapa-apain?!? Hayoloh, penasaran kan? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Karena menghabiskan banyak waktu dan melakukan segala hal bersama, pasangan suami istri lama-lama jadi mirip


via: trulia.com

Yup, selama hidup berumah tangga, berbagai hal telah kamu alami dengan pasangan. Mulai dari hal yang sedih-sedih hingga bahagia telah kalian lewati bersama.

Nah, pengalaman-pengalaman dan kebiasaan masing-masing akhirnya menyatu dan mempengaruhi satu sama lain. Lama-kelamaan, muncul kesamaan kepribadian dan keseharian, yang akhirnya membuat kalian tampak mirip.


BACA JUGA:


2. Sistem kekebalan tubuh yang sama membuat kalian tampak mirip

via: huffingtonpost.com

Menurut penelitian, pasangan yang telah menikah bertahun-tahun memiliki kekebalan tubuh yang mirip. Sistem kekebalan tubuh ini mempengaruhi gaya hidup keduanya, seperti kebiasaan makan atau olahraga.

Nah, karena sistem kekebalannya mirip, secara otomatis keduanya memiliki kebiasaan hidup yang sama atau bahkan saling mempengaruhi satu sama lain. Itulah yang perlahan membuat pasangan suami istri wajahnya makin mirip.

3. Selanjutnya adalah efek mirroring yang membuat pasangan suami istri menjadi mirip

via: fnp.com

Menurut penelitian nih, pasangan cenderung mengubah kebiasaan mereka di sepanjang kehidupan pernikahan. Mereka cenderung mengikuti kebiasaan dan bahasa tubuh satu sama lain. Inilah yang disebut efek mirroring, seseorang mengikuti kebiasaan pasangan yang dianggapnya nyaman. Karena memiliki kebiasaan dan bahasa tubuh yang sama, ekspresi wajah mereka lama-lama mirip.

4. Secara psikologis nih, semakin bahagia, wajah pasangan akan semakin mirip

via: thespruce.com

Psikolog asal Amerika, Robert Zanjonc, mencoba membandingkan foto pasangan di hari pernikahannya dengan foto mereka setelah menikah selama 25 tahun. Hasilnya pun mengejutkan.

Di awal pernikahan, wajah mereka ternyata enggak mirip sama sekali, tapi setelah 25 tahun menikah mereka tampak sangat mirip. Zanjonc pun menyimpulkan bahwa pasangan suami istri yang harmonis perlahan akan menunjukkan  kemiripan wajah.

Sekarang sudah tahu kan penjelasan logisnya kenapa wajah pasangan suami istri lama-lama bisa mirip? Yuk, mention teman atau pasangan yang memiliki wajah yang mirip 😉

Sumber: Vemale

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *