Inspirasi Pernikahan Berlatar Candi Borobudur, Sakral dan Syahdu

2.553 views
inspirasi pernikahan tradisional
Inspirasi pernikahan tema tradisional | via: instagram @askaraphotography

Meski di zaman sekarang tema pernikahan modern kian banyak digandrungi, masih banyak pasangan yang memilih tema tradisional untuk hari bahagia mereka. Tak melulu karena tuntutan keluarga besar, beberapa memang suka dengan konsep adat atau tradisional karena dianggap lebih sakral.

Memang sih terkesan ribet karena banyak sekali rangkaiannya. Belum lagi kalau kamu dan pasangan berasal dari suku yang berbeda dan berencana menggelar pesta pernikahan dua kali. Namun bukan berarti pernikahan adat tak bisa jadi referensi kamu.

Apalagi kalau bercita-cita ingin menggelar pesta pernikahan yang beda daripada yang lain. Seperti pasangan Kleting Titis Wigati dan Rock,, yang melangsungkan pernikahan mereka di pelataran Candi Borobudur. Whoa, berasa ratu dan raja Jawa sungguhan, ya :”)

Biar tahu bagaimana keseruan menikah dengan latar belakang Candi Borobudur, yuk intip foto-fotonya berikut ini. Siapa tahu jadi inspirasi pernikahan kamu nantinya.

1. Pernikahan Kleting dan Titis yang berlangsung pada 2016 tahun lalu terasa sekali adat Jawanya. Semua rangkaian, mulai dari prosesi siraman hingga resepsi, berlangsung di wilayah Candi Borobudur.

inspirasi pernikahan tradisional
Pernikahan adat Jawa dengan latar Candi Borobudur | via: instagram @askaraphotography

2. Ternyata banyak juga pasangan yang memilih Candi Borobudur sebagai venue pernikahan mereka. Seperti penyanyi Vicky Shu dan suaminya Ade Imam, dan pasangan Crazy Rich Surabayan, Julius Maruta dan istrinya Patricia Ellen Setiawan. Kedua pasangan ini sama-sama menggelar pernikahan di pelataran Candi Borobudur pada 2017 silam.

inspirasi pernikahan tradisional
Inspirasi pernikahan tema tradisional | via: instagram @askaraphotography

3. Whoa, keren banget. Jadi penasaran, bagaimana ya kalau pengin menikah di Candi Borobudur juga? Ah, pasti syahdu banget bisa ijab qabul dengan latar belakang Candi Borobudur, seperti pasangan Kleting dan Titis.

inspirasi pernikahan tradisional
Ijab qabul dengan latar Candi Borobudur | via: instagram @kleting

4. Inspirasi pernikahan dengan latar Candi Borobudur memang membutuhkan persiapan ekstra. Apalagi harus mengurus perizinan tempat, izin keramaian dan penggunaan drone.

inspirasi pernikahan tradisional
Ingin menikah di Candi Borobudur harus mengurus perizinan jauh-jauh hari | via: instagram @askaraphotography

5. Nah, ada dua venue yang bisa disewa untuk menggelar resepsi pernikahan di Candi Borobudur,  yakni di Lumbini (untuk pesta skala besar) dan Marga Utama.

inspirasi pernikahan tradisional
Resepsi pernikahan di Candi Borobudur | via: instagram @askaraphotography

6. Masing-masing tempat sewa lahannya dikenakan biaya sekitar Rp 50 juta per hari untuk Lumbini dan Rp 40 juta per hari untuk Marga Utama. Ingat, hanya sewa lahannya saja ya :”)

inspirasi pernikahan tradisional
Suasana resepsi pernikahan di Candi Borobudur | via: instagram @amandasya

7. Jika pernikahan dilangsungkan saat siang hari, akan dikenakan biaya tiket masuk ke Candi Borobudur karena masih masuk jam operasional. Jika pesta pernikahan digelar di atas pukul lima sore sampai pukul sepuluh malam, penyelenggara hanya dikenakan biaya sewa lahan saja.

inspirasi pernikahan tradisional
Harga sewa lahan untuk acara pernikahan di Candi Borobudur sekitar Rp 40-50 juta per hari | via: instagram @kleting

8 .Mau menikah dengan pemandangan Candi Borobodur yang ‘menyala’ indah di malam hari? Kamu harus menyiapkan dana tambahan sekitar Rp 2,5 juta per jam untuk lampunya.

inspirasi pernikahan tradisional
Di malam hari pemandangan Candi Borobudur akan tampak lebih indah | via: instagram @amandasya

9. Hemm, lumayan juga ya dana yang digelontorkan untuk menikah di Candi Borobudur. Namun sepadan dengan keindahan dan pengalaman yang didapatkan.

inspirasi pernikahan tradisional
Pernikahan impian dengan latar Candi Borobudur | via: instagram @dierabachir_photography

10. Resepsi pernikahan digelar malam hari sambol melepaskan lampion cantik. Adudu, ini sih dream wedding banget! Tertarik dengan inspirasi pernikahan di Candi Borobudur?

inspirasi pernikahan tradisional
Dekorasi pernikahan Jawa outdoor | via: instagram @dierabachir_photography