7 Fakta Pacaran Beda Usia. Jangan Gegabah Memutuskan!

14.815 views
fakta pacar beda usia
via: indiatoday.in

Ada yang bilang bahwa usia hanyalah sebuah angka. Namun dalam sebuah hubungan, perbedaan usia konon bisa memberikan dampak yang luar biasa pada langgeng atau tidaknya hubungan tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado tahun 2017 silam menunjukkan bahwa perempuan dan laki-laki yang menikah dengan orang yang lebih muda terbukti jauh lebih bahagia.

Sebuah studi tentang komitmen pada pasangan beda usia juga menunjukkan bahwa pasangan beda usia memiliki tingkat kepuasan lebih tinggi karena tingginya kepercayaan dan komitmen, jika dibandingkan dengan pasangan yang seusia.

Blake Lively dan Ryan Reynolds, Adam Levine dan Behati Prinsloo, Beyonce dan Jay-Z, serta the newlywed Priyanka Chopra dan Nick Jonas, adalah beberapa contoh pasangan selebriti Hollywood yang perbedaan usianya cukup jauh. Tiga pasangan yang disebutkan pertama telah berhasil membuktikan bahwa perbedaan usia bukan penghalang untuk menciptakan hubungan yang harmonis.

Meski demikian, fakta tersebut tak bisa dijadikan jaminan bahwa hubungan beda usia jauh lebih langgeng dibanding hubungan seusia. Menurut Andrew Francis dan Hugo Mialon dari Emory University, semakin besar perbedaan usianya, semakin besar risiko akan berpisah dalam hubungan.

Namun perlu diketahui, usia bukanlah faktor yang berdiri tunggal dalam menentukan kelanggengan sebuah hubungan. Ada faktor lain seperti sifat, kepribadian, dan bagaimana latar belakang masing-masing pasangan.

Kita Muda telah merangkum beberapa fakta tentang hubungan beda usia. Fakta ini mungkin bisa memberikan sedikit gambaran terkait tantangan dan kelebihan menjalin hubungan dengan pasangan yang berbeda usia.

1. Saling belajar, berbagi pengalaman, dan melengkapi satu sama lain

fakta pacar beda usia
Pacaran beda usia bisa saling melengkapi satu sama lain | via: tribunnews.com

Perbedaan usia membuat kamu dan pasangan memiliki cara pandang dan pengalaman yang berbeda. Di satu sisi, perbedaan bisa menimbulkan masalah tersendiri dalam hubungan kalian.

Namun jika disikapi dengan positif, perbedaan tersebutlah yang membuat kalian belajar untuk saling memahami dan mengerti. Hubungan kalian pun jauh lebih berwarna karena banyaknya hal baru atau pengalaman baru yang bisa dibagikan.

Meski kamu dan pasangan berusaha untuk nggak mempedulikan apa kata orang, kadang sikap judgmental mereka bisa buatmu gerah. Jika keluargamu masih bisa belum menerima hubungan ini, berilah mereka pengertian dan waktu untuk berpikir lebih jauh, karena hal ini menyangkut pada kebahagiaanmu juga.

2. Usia pasangan yang lebih tua membuat hubungan lebih dewasa

fakta pacar beda usia
Usia pasangan yang lebih tua membuat hubungan lebih dewasa | via: stateofmind13.com

Usia memang tidak menentukan kedewasaan seseorang, tapi semakin bertambah usianya, seseorang akan belajar banyak hal dalam hidupnya. Dan pengalaman tersebutlah yang membuat mereka lebih bijak dan dewasa.

Ketika menjalin hubungan dengan orang yang lebih tua, mereka akan menyeimbangkan emosimu. Kamu pun bisa belajar banyak hal darinya atau meminta saran saat akan mengambil keputusan-keputusan penting. Memiliki pacar yang lebih tua juga bisa meminimalisir drama dalam hubungan kalian.

3. Pasangan lebih muda membuat kamu lebih energik

fakta pacar beda usia
Pasangan lebih muda membuat kamu lebih energik | via: kveller.com

Punya pacar yang lebih muda akan membuat kamu merasa tertantang untuk mengeskplor hal baru. Pacar yang lebih muda biasanya masih aktif dan penasaran akan banyak hal. Kamu mungkin akan terkejut karena menemukan banyak hal baru darinya.

Namun kamu akan menemukan banyak hal seru dan menyenangkan, yang mungkin belum pernah kamu coba atau bayangkan sebelumnya. Hubungan pun akan jauh dari kata bosan karena kalian terlalu sibuk melakukan aktivitas seru bersama.

4. Belajar menahan diri dan ego

fakta pacar beda usia
Perbedaan usia bisa membuatmu belajar menahan diri dan ego | via: hollywoodreporter.com

Tanpa disadari, perbedaan usia membuat kalian belajar menahan diri dan ego. Ketika kamu dan pasangan memahami bahwa usia memberikan banyak perbedaan dalam hubungan, kalian  akan berusaha meminimalisir hal-hal yang bisa memperkeruh perbedaan tersebut.

Perlahan kamu dan pasangan bisa mengendalikan diri dan saling memahami sehingga perbedaan yang tadinya  menjadi momok akhirnya menjadi jalan bagi kalian untuk saling belajar dan saling melengkapi.

5. Harus siap beradaptasi dengan lingkaran pergaulan yang berbeda

fakta pacar beda usia
Tantangan pacaran beda usia adalah menyesuaikan diri dengan teman-teman pasangan| via: whosdatedwho.com

Meski memiliki banyak kelebihan, pacaran beda usia juga menimbulkan tantangan bagi yang menjalaninya.

Ya, kamu tak hanya menyesuaikan diri dengan pasangan, tetapi juga ‘lingkungannya’. Suka atau tidak, kamu harus bisa memahami teman-teman pasanganmu. Karena masalah bisa datang akibat ketidakcocokan di antara kamu dan lingkaran pergaulannya.

6. Komentar negatif dari orang terdekat

fakta pacar beda usia
Komentar negatif dari orang terdekat saat usia terpaut cukup jauh | via: justjared.com

Ketika hubungan terpaut sangat jauh, akan ada orang-orang yang memandang negatif  dan tak menyetujui hubungan kalian. Dibandingkan pasangan yang usianya sama atau berdekatan, banyak pasangan dengan perbedaan usia terpaut jauh tidak merasa didukung oleh teman atau keluarganya.

Kamu harus bersiap menghadapi hal ini. Jika tidak, komentar-komentar tersebut akan menjadi salah satu penyebab rusaknya hubungan kalian.

7. Masalah restu jika ingin melangsungkan ke jenjang lebih serius

fakta pacar beda usia
Hubungan beda usia sering terganjal restu orangtua | via: thisisinsider.com

Jika beda usia hanya terpaut sedikit, mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun jika kamu dan pasangan memiliki perbedaan usia yang lumayan jauh, belasan atau bahkan puluhan tahun misalnya, bersiaplah menghadapi penolakan dari orangtua saat akan melangsungkan ke jenjang yang lebih serius.

Orangtua mungkin punya banyak pertimbangan saat tidak merestuinya. Namun jika kamu dan pasangan betul-betul serius menjalani hubungan yang sudah terjalin, ada banyak cara untuk membuktikan pada orangtua bahwa usia bukanlah penghalang bagi hubungan kalian.