Apakah Cintamu Layak Diperjuangkan? Kenali Tanda-tandanya!

2.006 views
Cinta yang layak diperjuangkan
via: chrisandruth.com

Bagi sebagian besar orang, jatuh cinta menjadi salah satu momen yang menyenangkan dalam hidup. Apalagi jika mereka berhasil menemukan cinta sejatinya, soulmate-nya. Berbagai macam cara akan dilakukan untuk bisa memperjuangkan cinta tersebut hingga maut memisahkan.

Namun sayang, tak sedikit orang yang terjebak dalam ilusi cinta sejati. Alih-alih mempertahankan cinta yang ‘sesungguhnya’, mereka malah berkorban perasaan demi cinta semu yang sebetulnya tak layak diperjuangkan.  Meski cinta tersebut begitu menyiksa, mereka masih saja bertahan.

Bukan hal yang salah memang jika kamu ingin memperjuangkan cinta. Tapi untuk bertahan di sebuah hubungan yang membuatmu berkorban perasaan? Sebaiknya Kawan Muda memikirkan kembali hal tersebut.

Kamu mungkin mencintainya sepenuh hati, tapi jika hubungan tersebut lebih banyak merugikan atau hanya dia yang mendapat ‘keuntungan’ dari hubungan tersebut, apakah kamu masih berpikir bahwa dia adalah cinta sejatimu?

Perjalanan cinta memang tak selamanya mulusakan ada banyak tantangan yang menghampiri, tapi jangan pernah mau diperbudak cinta. Berjuang demi cinta sejati itu harusnya sebuah perjuangan yang sehat, perjuangan yang membuatmu berkembang. Jika perjuangan tersebut membuatmu babak belur, buat apa diteruskan sampai titik darah penghabisan?

Cobalah mengevaluasi kembali bagaimana hubunganmu dengan pasangan. Cinta kalian masih layak diperjuangkan jika…

1. Kamu bisa menjadi diri sendiri saat berada dalam hubungan tersebut

Cinta yang layak diperjuangkan
Jadilah diri sendiri di depan pasangan | via: themartinsphotography.com

Pernah dengar ungkapan kalau cinta bisa mengubah orang? Perubahan memang tak selamanya buruk, tapi jika perubahan tersebut membuatmu kehilangan jati diri dan membuat orang lain tak mengenalmu lagi,  ada baiknya untuk memikirkan kembali apakah keputusanmu untuk berubah sudah tepat.

Terkadang, seseorang rela berubah menjadi orang lain demi ‘menyenangkan’ orang yang dicintainya. Sah-sah saja jika kamu nyaman dan merasa lebih baik dengan perubahan tersebut. Bagaimana jika kamu merasa tak nyaman karena harus ‘berpura-pura’ demi kebahagiaan orang lain?

2. Masalah yang kamu hadapi dengan pasangan tidak pernah berujung ‘drama’

Cinta yang layak diperjuangkan
Jangan suka membesar-besarkan masalah | via: steemit.com

Hubungan yang bahagia itu bukan berarti hubungan yang tanpa masalah sama sekali.  Terjadi selisih paham dengan pasangan itu adalah hal yang sangat wajar. Akan menjadi tidak wajar jika setiap kali kalian berselisih paham, pertengkaran akan berujung drama.

Padahal pemicunya kemungkinan adalah hal-hal yang sepele. Jika kamu dan pasangan sering seperti ini, cobalah untuk mempertimbangkan kembali hubungan tersebut. Karena cinta yang layak diperjuangkan adalah cinta yang membuat siapa pun yang menjalaninya mampu berpikiran dewasa dan waras ketika menghadapi permasalahan.

3. Lebih banyak momen baik yang kamu rasakan ketimbang momen buruk

Cinta yang layak diperjuangkan
Lebih banyak momen bahagia ketimbang momen buruk ketika menemukan cinta yang tepat | via: freepik.com

Apa yang kamu rasakan ketika menjalin hubungan dengannya? Lebih banyak ‘lelahnya’ atau kamu enggak bisa mengungkapkannya karena kebersamaanmu dengannya membuatmu lupa waktu, lupa hari, atau bahkan lupa daratan?

Jika merasa hubungan tersebut membuatmu capek lahir batin, apakah kamu masih berjuang mati-matian untuk mempertahankannya? Jika kamu merasa lelah karena ‘jenuh’ dengan hubungan yang begitu-gitu saja, tak ada salahnya untuk mencari cara lain agar hubunganmu kembali menyenangkan.

Namun jika kamu lelah karena terlalu banyak berkorban tapi jarang menerima, lebih baik sudahi saja sebelum kamu babak belur diperbudak cinta.

4. Kamu dan pasangan bisa saling menghormati dan ada di tahap saling percaya

Cinta yang layak diperjuangkan
Cinta yang ‘sehat’ adalah ketika kamu dan pasangan bisa saling menghormati dan saling percaya| via: healthline.com

Cinta yang ‘sehat’ adalah ketika kamu dan pasangan bisa saling terbuka, saling percaya, saling mengerti dan  bisa memberikan ruang privasi untuk pasangan. Jika salah satu dari hal tersebut tidak bisa dipenuhi, sudah sewajarnya kamu bertanya pada diri sendiri, apakah cintamu ini sudah layak diperjuangkan?

Jika kamu dan pasangan masih baru menjalin hubungan, mungkin sangatlah wajar jika rasa saling pengertian atau saling percaya belum terbentuk dengan sempurna.

Sebaliknya, ketika hubunganmu sudah berlangsung lama atau bahkan mendekati tahapan yang serius, tak adanya sikap saling menghormati dan saling percaya bisa menjadi racun yang suatu hari nanti akan menghancurkan hubungan kalian.

5. Segala bentuk pertengkaran bisa diselesaikan dengan kepala dingin dan menghasilkan kompromi

Cinta yang layak diperjuangkan
Hubungan yang baik bisa menghasilkan kompromi saat berselisih | via: askmen.com

Bagaimana kamu dan pasangan menyelesaikan sebuah masalah? Apakah kalian sering mengalami cek-cok berkepanjangan, selalu mengungkit kesalahan, atau selalu membiarkan masalah tersebut menggantung tanpa solusi?

Masalah sekecil apa pun itu, sebaiknya kamu selesaikan saat itu juga dengan pasangan. Karena masalah yang sangat kecil bisa memicu permasalahan yang besar jika dibiarkan begitu saja. Apalagi saat kamu dan pasangan tak pernah mencapai tahap ‘kompromi’.

Hemm, apakah hubungan yang toksik seperti ini masih layak diperjuangkan? Jika kamu merasa bahwa ini layak, coba hitung berapa waktu yang terbuang saat kamu memikirkan permasalahan tersebut.

6. Kamu dan pasangan sama-sama berjuang untuk menjadi lebih baik

Cinta yang layak diperjuangkan
Kamu dan pasangan adalah tim, bukan berjalan sendiri-sendiri | via: moneycrashers.com

Cinta adalah hubungan yang saling timbal balik, dalam artian semua pihak harus merasa nyaman dan bahagia. Ketika satu pihak berusaha untuk menjadi lebih baik demi kebahagiaan pasangannya, yang lain juga harus melakukan sesuatu. Karena kamu dan pasangan adalah tim, bukan berjalan sendiri-sendiri.

Jika hanya satu orang yang berjuang, satu orang yang bahagia, dan satu orang yang ‘kesakitan’, apakah ini bisa disebut hubungan yang layak diperjuangkan? Sebagai tim, keduanya harus merasakan pahit dan manisnya cinta bersama-sama.

Memang sih, bukan hal yang mudah untuk mengakhiri sebuah hubungan yang sudah mengakar. Akan tetapi, sampai kapan kamu berjuang menahan sakit sendirian? Mengikhlaskan demi kebaikan satu sama lain, bukankah bagian dari perjuangan cinta juga?

Jadi, apakah hubunganmu dan dia sudah layak diperjuangkan hingga titik darah penghabisan?

Cinta yang layak diperjuangkan
Jenis cinta yang layak diperjuangan | Foto/Dok. Kitamuda.id