Itung-itungan Biaya Resepsi Pernikahan, Bisa Semurah Apa Sih?

691 views
resepsi pernikahan raisa hamish
via bridestory.com

Bicara soal pernikahan bukan hanya tentang cinta antara kamu dan dia. Lebih dari itu, ini tentang kesiapan menikah. Ada kesiapan mental, spiritual, fisik, ekonomi, komitmen, dan siap…a calonnya :p

Buat kamu yang lagi sibuk mempersiapkan pernikahan atau yang mungkin belum mau menikah tapi kepengin bayangin tentang pernikahan, Kita Muda mau kasih kamu rencana anggaran nih.

Biaya resepsi pernikahan biasanya membuat para muda-mudi menunda pernikahan. Ehm, apa iya semenakutkan itu? Kita itung-itungan dulu yuk, Kawan Muda.

Biaya nikah itu larinya ke mana aja sih? Dipakai buat apa sih? Dan, seberapa mahal sih? Check it out!

1. Venue

Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah soal venue. Ini penting banget karena biasanya gedung nikah itu harus di-booking setahun sebelumnya lho. Buset!

Tingginya permintaan menikah dan gedung nikah yang terbatas di suatu kota membuat pihak gedung memang menyewakan jauh-jauh hari sebelumnya.

Kamu akan diuntungkan kalau menikahnya di rumah. Nggak perlu sewa gedung. Tapi biasanya tetap sewa terop, kuade, panggung, meja, dan kursi.

Untuk biaya tergantung kota. Biasanya berkisar antara Rp 4-25 juta.

2. Undangan

Jumlah tamu undangan sangat menentukan seberapa besar biaya resepsi pernikahanmu. Kalau kamu hanya mengundang keluarga dan teman dekat, otomatis biaya yang kamu keluarkan nggak banyak-banyak.

Biasanya nih, di sini ini orang tua maunya ngundang banyak tamu sementara kamu maunya ngundang sedikit tamu aja. Saran dari Kita Muda sih, diskusi dulu sampai ketemu kata mufakat ya.

Kalau soal pernikahan, nggak usah banyak-banyak ngelawan orang tua deh!

Tips lagi, biar makin hemat kamu bisa banget pakai undangan online. Buat temen-temen kamu cukup pakai video atau foto aja. Buat temennya orang tua, baru deh pakai undangan cetak. Kalau bisa, yang cuma selembar. Biar hemat.

Biaya cetak per satu undangan berkisar antara Rp 2-10 ribu.
Biaya design ilustrasi pengantin berkisar antara Rp 25-100 ribu.

3. Catering

catering
catering | via verandabahrain.com

Pernikahan di Indonesia rata-rata besar biaya di bagian catering. Catering untuk resepsi pernikahan nggak mungkin cuma satu menu.

Ada menu buffee ada juga menu gubukan. Cara menghitung berapa porsi catering yang kamu pesan adalah:

Jumlah tamu undangan x 2 x 2 menu x 80%

Rumus dasarnya adalah jumlah tamu undangan dikali dua. Ini karena biasanya kalau orang ke kondangan itu bawa +1, nggak dateng sendirian. Meskipun ada juga yang dateng rame-rame segrup.

Dikali dua menu, karena tamu undangan biasanya makan lebih dari sekali.

Dikai 80% karena dari segitu banyak teman yang kamu undang, akan ada setidaknya 20% orang nggak bisa hadir.

Biaya catering buffee berkisar antara Rp 40-200 ribu per porsi.
Biaya catering gubukan berkisar antara Rp 10-50 ribu per porsi.

4. Souvenir

Souvenir pernikahan ini banyak banget macemnya. Dompet, tas, pemotong kuku, kopi, parfum, kue kering beserta toplesnya, cermin, alat dapur, dan lain-lain.

Apapun souvenirnya, biasanya dilihat dari kegunaannya. Nggak masalah kok pilih souvenir yang murah meriah, asalkan berguna.

Biaya souvenir berkisar antara Rp 2-50 ribu per satuan.

5. Fotografi

Ini nih, kamu sebaiknya berinvestasi di fotografi. Momen hari pernikahanmu nggak boleh terlupakan. Oleh karenanya, pilih vendor foto juga nggak boleh asal-asalan.

Biaya fotografi ini tergantung kebutuhanmu. Kamu maunya punya dokumentasi apa. Ada mulai dari prewedding, acara tradisional seperti siraman, pengajian, akad, hingga resepsi. Ada video, foto, hingga tambahan photobooth dan drone.

Kalau lagi survey vendor foto, lihat-lihat dulu aja di galeri Instagram atau website-nya ya. Cocokkan hasil foto dengan harga, sebanding nggak. Rundingan juga berdua dengan pasangan, maunya yang mana.

Kalau bisa juga cari vendor foto yang bisa on time. Referal dari teman atau kerabat yang terpercaya bisa kamu pilih. Pokoknya, buktikan dulu bagaimana cara kerjanya dari beberapa testimoni.

Biaya fotografi berkisar antara Rp 2-25 juta, tergantung kebutuhan.

6. Pakaian

Demi menunjang penampilan, pakaian di hari istimewa pun harus kamu perhatikan. Besarnya biaya untuk outfit ini lagi-lagi tergantung konsepmu mau gimana.

Mau bikin sendiri atau sewa. Seragam keluarga mau disewain atau dikasih kain. Mau ganti dua tiga kali atau pakai satu gaun dan jas saja.

Pokoknya, pastikan sesuai dengan hati nurani dan tema pernikahan secara keseluruhan ya. Pastikan kamu percaya diri saat memakai baju nikah yang sudah kamu pilih.

Biaya pakaian pernikahan berkisar antara Rp 300 ribu – 25 juta.

7. MUA

Sama halnya dengan baju atau outfit nikahan. Make up juga sangat mendukung untuk membuatmu tampil cerah dan segar.

Pengantin wanita nih yang demen ngurusin ginian. Pengantin pria mah, iya-iya aja. Biaya MUA sekarang juga nggak murah-murah amat lho. Kalau lihat standarnya, kamu bisa cek di Go Glam untuk kota-kota tertentu.

Biar hemat, kamu bisa minta tolong ke keluarga yang jago dandanin orang aja. Atau, latihan dulu dengan nonton tutorial make-up pengantin ala beauty vlogger. Dandan sendiri, lebih hemat deh!

Biaya MUA wedding berkisar antara Rp 200 – Rp 10 juta.

8. Dekorasi

pernikahan chelse olivia glenn alinskie
dekorasi pernikahan chelsea olivia | via bridestory.com

Kesan mewah dan sederhana suatu resepsi pernikahan biasanya terpancar lewat dekorasi pernikahan. Ceila, terpancar.

Iya, jadi mau seheboh apa, sedetail apa, atau seminimal apa dekorasimu akan menentukan seberapa besar biaya yang harus kamu keluarkan.

Selain tingkat kerumitan, vendor dekorasi juga memperhitungkan luas gedung. Balik lagi ke tema atau konsep pernikahanmu ya. Sesuaikan dekorasi dengan lokasi, jangan sampai dekorasi pernikahan membuat lokasi resepsimu terlihat sempit.

Biaya dekorasi berkisar antara Rp 1-25 juta.

9. Hiburan

Nggak ketinggalan, hiburan juga butuh biaya. MC, kalau menggunakan jasa MC dari pihak luar (bukan keluarga) juga ada biayanya.

Hiburan mau gambus, band akustik, electone, orchestra, atau solo saxophone juga perlu biaya. Di beberapa daerah juga ada hiburan non-musik seperti pertunjukan tari.

Kalau bisa nih, sesuaikan dengan selera rata-rata tamu yang datang ya. Biasanya yang akan menikmati hiburan di hari resepsi pernikahan itu tamunya. Kalau kamu si pengantin, ya sedikit lah. Paling-paling ke-distract dengan antrian salaman atau antrian foto.

But that’s okay, hiburan ini tujuannya biar acara syukuran pernikahanmu semakin ceria!

Biaya hiburan berkisar antara Rp 2-25 juta.

10. Administrasi KUA

Terakhir, administrasi KUA juga pastinya butuh biaya dongs. Biasanya besarnya Rp 600.000 kalau kamu mau menikah di luar kantor KUA. Biaya operasional ini sudah termasuk jasa penghulu dan administrasi.

Kalau mau hemat, nikahnya di kantor KUA aja pas weekday. Biaya? Gratis!

 

Hmm… apalagi ya kira-kira perintilan pernikahan yang butuh biaya? Any idea? Sharing dong!

Segini dulu aja ya, Kawan Muda. Buruan sekarang buka aplikasi kalkulator dan hitung berapa perkiraan biaya pernikahan yang kamu butuhkan.

Semoga pernikahanmu dilancarkan!