Pasangan mana pun yang menjalani sebuah hubungan, pasti tak pernah lepas dari sebuah masalah. Terkadang, masalah yang dihadapi bisa menimbulkan kesalahapahaman dan membawa mereka ke dalam sebuah pertengkaran. Sebenarnya, ini adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan.

Akan menjadi tidak wajar jika tingkah masing-masing pihak masih kekanak-kanakan sehingga membumbui pertengkaran dengan drama yang sebenarnya tidak perlu!

Nah, untuk mencegah agar kamu dan pasangan tidak terlibat dalam pertengkaran yang lebih besar dan pelik (terutama buat kalian yang sudah menikah), ada beberapa hal yang pantang banget dilakukan saat kamu beda pendapat atau selisih paham dengan pasangan.

Kira-kira apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Menyeret atau melibatkan anggota keluarga lain ke dalam pertengkaran kalian.

bertengkar dengan pasangan
via: brightside.me

Oh well guys, ini kalian yang tengah bertengkar, untuk apa diadukan pada orang lain? Boleh-boleh saja curhat pada anggota keluarga atau teman dekat, tapi tak perlu menjelek-jelekkan pasangan di depan mereka.

Kamu tak perlu mencari dukungan atau pembenaran atas rasa kesalmu kepada pasangan. Lebih baik, selesaikan semuanya berdua dan cari solusinya berdua. Jangan sampai anggota keluarga lainnya ikutan salah paham gara-gara kekesalan sesaatmu pada pasangan 🙂

2. Menggunakan kekerasan fisik untuk melampiaskan kekesalan pada pasangan.

bertengkar dengan pasangan
via: brightside.me

Kamu berharap “lega” atau “masalah kelar” setelah memukul pasangan? Wah, jangan harap! Melakukan tindak kekerasan pada pasangan malah menambah runyam pertengkaran yang terjadi.

Lagipula, pasanganmu bukanlah “barang” yang bisa seenaknya dipukul atau ditendang. Ketika kamu merasa otak sudah panas dan pertengkaran kalian tampak menjurus ke arah yang tidak diinginkan, diamlah sejenak, bernafas, lalu ajak pasanganmu ke suatu tempat yang menyenangkan untuk membicarakan masalah kalian.

3. Mengungkit-ungkit kesalahan pasangan di masa lalu atau mengungkit hal lain yang tak ada sangkut pautnya.

bertengkar dengan pasangan
via: brightside.me

Jika kamu kesal pada pasangan gara-gara dia suka meletakkan barang sembarangan, ya cukup menegur dia atas kesalahannya tersebut. Jangan menyebutkan hal lain di luar itu.

Misalnya, kamu mengungkit-ungkit keteledoran pasangan yang lupa mematikan keran air dengan benar atau mengkritik sifat pasangan yang diam-diam kamu benci. Jangan lakukan ini ya kalau enggak pengin masalahmu tambah runyam.

4. Membawa-bawa kata “cerai”

bertengkar dengan pasangan
via: brightside.me

Sedikit-sedikit bilang cerai, ugh big no! Kamu pikir mengucapkan kata “cerai” itu hal yang wajar meskipun sebenarnya kamu enggak bermaksud seperti itu? Meski hanya ancaman atau ketidaksengajaan, coba deh minimalisir mengucapkan kata ini saat bertengkar hebat dengan pasangan. Kalau bisa sih jangan pernah mengucapkannya!

Mungkin saat mengucapkannya kamu tidak sengaja, tapi coba pahami bagaimana perasaan pasangan yang mendengarkannya. Iya kalau dia biasa saja, kalau diam-diam menyimpan luka dalam hati? Jangan sampai deh!

5. Meninggalkan pasangan di tengah-tengah pertengkaran hebat.

bertengkar dengan pasangan
via: brightside.me

Ketika pertengkaran mulai memuncak, jangan seenaknya pergi meninggalkan pasangan begitu saja! Apalagi dengan membanting pintu atau teriak-teriak sebelum keluar rumah.

Lebih baik nih, bilang ke pasangan kalau kamu enggak pengin membicarakannya dulu karena kondisi kalian tengah kacau. Bukannya pergi begitu saja dalam kondisi marah, jika kamu ingin pergi sejenak untuk menenangkan pikiran, utarakan dengan baik-baik kepadanya. Biat kalian saling introspeksi dan pengertian.

6. Memilih pisah ranjang.

bertengkar dengan pasangan
via: brightside.me

Setelah bertengkar, kamu memutuskan untuk tidur jauh-jauh dari pasangan. Hemm, ini sih enggak akan memperbaiki hubungan kalian, malah menambah runyam saja! Tahu enggak sih, dengan tidur bersama, perasaan kesal yang tadinya meluap-luap perlahan akan menguap.

Di pagi hari, meski masih kesal, perasaan kesalmu enggak akan sebesar sebelumnya. Berbeda saat kamu dan pasangan memilih tidur terpisah, hati kalian belum melepas dendam dan kekesalan yang belum terselesaikan semalam. Akibatnya, kalian masih dipenuhi rasa kesal dan semakin besar kemungkinannya untuk betengkar hebat lagi.

7. Membicarakan masalah di tempat umum.

bertengkar dengan pasangan
via: brightside.me

Kamu enggak hidup dalam sinetron atau drama Korea, jadi jangan membuat pertengkaran kalian menjadi konsumsi publik. Selain membuat masalah tambah pelik, kamu enggak malu apa dilihatin banyak orang?!?

Kalau kalian kebetulan berselisih paham tempat umum, sebelum memanas nih, carilah tempat yang aman untuk membicarakannya. Ingat, berdua saja! Mungkin kalian bisa pulang dulu atau mendiskusikannya di mobil.

Intinya sih, agar pertengkaran enggak berubah jadi petaka, jangan pernah melakukan hal-hal yang berpotensi menyakiti hati pasanganmu.Memang, tidak mudah mengendalikan ego, tapi cobalah untuk bersikap dewasa dan mau mengalah.

Oh iya, selain tindakan-tindakan di atas, hindari juga ucapan-ucapan yang bisa menyakiti hati atau yang bisa membuat pasangan makin emosi. Semoga informasi di atas bermanfaat, Kawan Muda 🙂

Sumber: Brightside