Punya cowok yang super perhatian tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Ya, selama ini kita tahu kan bahwa cowok itu identik dengan sifat cuek dan enggak peka. Dan menjalin hubungan dengan cowok yang super perhatian dan protektif tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Ehm, protektif, lho, ya, bukan posesif!

Lho, bukannya protektif itu cenderung posesif juga?

Eits…jangan salah, perlakuan protektif dan posesif itu beda, lho, Kawan Muda. Memang sih, perbedaannya tipis banget karena kadang sifat posesif itu tersamarakan di balik perbuatan yang terlihat seperti cinta, care, atau usaha melindungi (sikap protektif).

Nah, biar Kawan Muda enggak bingung, yuk simak 4 perbedaan antara cowok yang posesif dan cowok yang protektif, sebagaimana dilansir dari PopBela.com.

Cowok protektif mencurahkan perhatiannya karena dia ingin melindungi, sedangkan cowok posesif menyimpan perasaan cemburu dan ingin memiliki.

Cowok protektif ingin melindungi, sedangkan cowok posesif ingin memiliki | via: businessinsider.com

Sikap protektif yang ditunjukkan cowok pada ceweknya umumnya bertujuan untuk melindungi. Perhatian dan saran yang diberikan adalah murni karena dia ingin menjaga pasangannya. Kalau cowok yang posesif, mereka ini memberikan perhatian dan saran karena takut dan cemburu ceweknya dekat atau fokus dengan cowok lain.

Cowok posesif selalu bertanya dengan penuh kecurigaan, sedangkan cowok protektif bertanya karena benar-benar perhatian dan khawatir.

Cowok posesif selalu menyimpan curiga pada ceweknya. Dia banyak bertanya bukan karena khawatir, tapi karena takut ceweknya dekat dengan cowok lain | via: businessinsider.com

Apakah dia menanyakan kabarmu setiap waktu? Apakah setiap kamu pergi dia selalu minta kamu untuk mengabari detail perjalanan atau dengan siapa saja kamu pergi? Jika iya, cowokmu termasuk tipe yang posesif.

Karena cowok yang protektif enggak akan sedetail itu saat mengkhawatirkan ceweknya. Mereka yang protektif memberi kebebasan pada ceweknya, mungkin hanya sesekali saja bertanya kabar dan menawarkan diri kalau ceweknya pulang malam (atau enggak ada yang mengantar pulang).


BACA JUGA:


Cowok protektif selalu menasihatimu agar bisa menjaga diri. Berbeda dengan cowok posesif yang suka melarang karena tak ingin kamu jauh darinya.

Cowok protektif ingin ceweknya bisa menjaga diri. Berbeda dengan cowok posesif yang cenderung mengekang dan ingin sang cewek berada di sisinya terus | via: bustle.com

Cowok yang protektif enggak akan pernah melarang atau mencampuri urusan kamu (kecuali jika kamu meminta sarannya). Ketika kamu hangout dengan teman atau bahkan cowok lain, dia hanya memintamu untuk menjaga diri dan mengabarinya jika ada apa-apa.

Kalau cowok yang posesif, dia melarang kamu pergi dengan alasan yang tak masuk diakal. Dia sebenarnya ingin kamu selalu ada untuknya dan enggak melirik orang lain. Pokoknya dia pengin kamu selalu memprioritaskan dia, bukan orang lain (apalagi teman-temanmu!).

Cowok posesif mencoba mengatur kehidupanmu, sedangkan cowok protektif berusaha menuntunmu.

Ketika cowok protektif berusaha menuntunmu agar bisa memilih dengan bijaksana, cowok posesif ingin kamu mendengarkan dan mengikuti semua kata-katanya | via: shutterstock.com

Mengatur dan menuntun itu beda, lho, Kawan Muda. Kalau mengatur, dia pengin ikut campur setiap detail persoalan hidupmu. Dia yang menentukan apa saja yang boleh dan enggak boleh kamu lakukan. Dan kamu harus menuruti apa yang dikatakannya! Di luar dari apa yang dia tahu, dia menganggap hal itu sebagai hal yang aneh dan nggak bisa dia terima.

Cowok yang punya kecenderungan menuntun atau memberikan arahan enggak akan memintamu untuk mengikuti setiap perkataannya. Misalnya nih, ketika dia melarangmu melakukan sesuatu, dia akan memberikan alasan kenapa dia tidak suka kamu melakukan hal itu dan kenapa dia tetap mengizinkan kamu melakukan hal itu. Dan pengambilan keputusan tetap diserahkan padamu.

Perbedaannya memang tipis banget sih, Kawan Muda. Karena seperti yang Kita Muda bilang tadi, sikap posesifnya mungkin tersamarkan lewat perhatian-perhatiannya. Namun, kalau perhatiannya malah membuat kamu sesak napas atau ruang gerak kamu semakin terbatas, tak terbantahkan lagi kalau cowokmu adalah golongan orang yang posesif.