Bagi sebagian orang, mencari pasangan itu bak curhatan dalam lagu Cari Jodoh-nya band Wali, dari musim duren hingga musim rambutan tak kunjung aku dapatkan, tak jua aku temukan…

Iya kalau dari musim duren sampai rambutan doang nunggunya. Gimana kalau rentang dari musim duren sampai musim rambutan dikali dua, tiga, atau bahkan empat?

Ehm, lama juga ya, nunggunya. Teman atau tetangga kamu mungkin sudah menjalani hubungan di level selanjutnya dengan gebetan atau pacar mereka. Bahkan, mereka mungkin sudah bersiap untuk mencari gebetan baru. Lha, kamu?

Padahal pergaulan kamu cukup luas dan banyak yang bilang kamu ini high quality jomblo, dalam artian kamu enggak jelek-jelek amat dan punya kelebihan yang bisa dibanggakan. Tapi kok miris ya status jomblo enggak kunjung berubah?

Daripada berdiam diri, berduka nestapa sambil meratapi nasib, mending kamu nyobain aplikasi cari jodoh online. Tahu enggak, banyak lho pasangan yang berhasil dipertemukan lewat aplikasi cari jodoh online dan bahkan mereka berhasil ke jenjang pernikahan. Kali saja jodoh kamu juga lagi mencari-cari di aplikasi kencan online tersebut.

Nah, Kita Muda bakal merekomendasikan beberapa aplikasi cari jodoh terbaik 2018 yang bisa kamu coba. Ya, coba dulu dengan cari teman, siapa tahu dari teman bisa jadi demen, kan? Yuklah langsung kita lihat bersama daftarnya berikut ini:

1. Tinder

Aplikasi cari jodoh online Tinder | via: arstechnica.com

Aplikasi cari jodoh online yang satu ini memang hits banget beberapa tahun terakhir karena diklaim bisa mempertemukan banyak orang dengan jodohnya. Yup, kesempatan mendapatkan jodoh di Tinder memang besar sih karena banyak banget yang main aplikasi ini. Kamu pun enggak hanya bertemu orang Indonesia saja, ada juga orang dari negara lain.

Kelebihan aplikasi Tinder adalah kamu bisa melihat foto-foto orang yang bisa diajak berkenalan dengan swipe layar smartphone. Kalau suka ya tinggal like fotonya. Kalau jodoh, dia bakal like balik dan mungkin berlanjut pada ngobrol.

2. OKCupid

Aplikasi cari jodoh online OKCupid | via: 148apps.com

Selain Tinder, ada aplikasi cari jodoh online lain yang cukup populer, yaitu OKCupid. Kalau ingin mencari jodoh dengan aplikasi ini, kamu akan diminta untuk mengisi serangkaian pertanyaan mengenai pandangan hidup, etika hubungan, dan opini pribadi. Setelah itu kamu akan diminta untuk menambahkan foto dan taraa…siap untuk mulai mencari jodoh, hehe.

Dengan fitur pengirim pesan di dalamnya, kamu bsia langsung terkoneksi dengan orang baru dalam waktu singkat. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di PlayStore atau AppStore, dan tersedia juga versi premiumnya (meski cukup mahal sih, tapi kans kamu bertemu jodoh cukup besar saat menggunakan OKCupid).

3. eHarmony

Aplikasi cari jodoh online eHarmony | via: windowscentral.com

Sama dengan OKCupid, saat daftar di aplikasi cari jodoh online ini, kamu akan diminta untuk mengisi angket dan profil pribadi. Setelah itu kamu akan mengunggah foto, dan secara otomatis sistem akan memberikan calon kandidat pasangan secara harian. Kamu bisa melihat dan memilih mana yang cocok. Kalau sudah menemukan, tinggak berkirim pesan saja dengan calon pasanganmu itu.

Aplikasi ini aman, kok, dan kelebihannya sih dia menggali lebih dalam kepribadianmu dan mencarikan kandidat yang sesuai dengan kepribadian kamu. Nah, eHarmony bisa digunakan kalau usia kamu minimal 18 tahun dan aplikasinya bisa di-download secara gratis di PlayStore atau AppStore.

4. Hinge

Aplikasi cari jodoh online Hinge | via: goodereader.com

Hinge adalah aplikasi cari jodoh online yang cukup menarik dan informatif karena memiliki fitur video interaktif. Penggunanya juga bisa membagikan hal-hal yang disukai di sini.

Yup, aplikasi cari jodoh online ini memang enggak sembarang memasang profil pengguna, tapi benar-benar menunjukkan dengan rinci seperti apa karakter penggunannya sehingga masing-masing pengguna bisa mengenal lebih baik satu sama lain—enggak melulu lihat foto/fisik-nya saja.

Aplikasi Hinge saat ini hanya tersedia di platform iPhone saja. Hemm, semoga ke depannya muncul versi Androidnya, ya, karena aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang mencari hubungan jangka panjang.

5. Match.com

Aplikasi cari jodoh online Match.com | via: blog.match.com

Aplikasi Match ini sangat membantu dalam mempersempit ruang pencarian jodoh kamu. Ya, kali saja kamu pengin jodohnya yang dekat-dekat saja gitu, hehe, dan aplikasi ini bisa mempertemukanmu dengan jodoh yang ada di kota atau tempat yang sama dengan kamu. Unik, kan?

Aplikasi ini bisa di-download secara gratis di PlayStore atau AppStore, dan tersedia pula versi premiumnya kalau kamu pengin lebih presisi dan lebih cepat dapat jodohnya. Ya, kali aja kan kamu sudah pengin membangun hubungan serius untuk ke jenjang pernikahan? Kali saja…

Meskipun enggak selalu menjamin kamu untuk mendapatkan pasangan yang diidamkan, namun tidak ada salahnya bagi untuk mencobanya?

Jodoh itu sebuah misteri, tapi kalau kamu mau berusaha, pasti nanti bakal ketemu juga, kok. Setidaknya kalau enggak dapat jodoh, dengan mencoba aplikasi cari jodoh terbaik di atas kamu bisa dapat teman atau relasi baru. Lumayan, kan?