Cinta itu begitu membutakan. Ya, memang begitulah adanya. Gara-gara cinta, seseorang bisa berbuat nekat. Mulai dari rela menyakiti diri sendiri hingga tega menyakiti orang yang mereka sayangi. Padahal, kamu harusnya bahagia dengan orang yang kamu cintai. Karena begitu buta dan terperdaya oleh cinta, yang kamu rasakan hanya rasa sakit.

Itulah sebabnya, banyak hal yang perlu dipikirkan sebelum jatuh cinta atau menjalin hubungan dengan seseorang. Dengan mengetahui hal ini, jika suatu saat nanti hubungan enggak bisa dipertahankan lagi, kamu enggak akan terlalu terbebani atau sangat tersakiti. Hubungan kalian pun menjadi lebih mudah dijalani.

Hemm…kira-kira apa sajakah yang harus dipikirkan matang-matang sebelum perasaanmu jatuh terlalu dalam padanya? Simak yuk pemaparan Kita Muda berikut ini.

1. Kamu enggak bisa memaksakan perasaanmu kepada orang lain.

aturan dalam hubungan
via: brightside.me

Sekeras apa pun usahamu untuk membuatnya tertarik, jika dia enggak tertarik padamu, maka dia enggak akan pernah melirikmu. Dan hal tersebut wajar karena enggak semua orang yang kita suka juga memiliki perasaan yang sama pada kita.

Daripada menunggunya atau memaksakan cintamu padanya—yang membuatmu tambah sakit atau mungkin membuatnya merasa terbebani—lepaskanlah dia. Berikanlah cintamu pada seseorang yang layak untuk mendapatkannya. Lagipula, masih banyak ikan di lautan, kan?

2. Kalau dia cinta padamu, kamu pasti bisa merasakan dan mengetahui dari gerak-geriknya.

aturan dalam hubungan
via: brightside.me

‘Apakah dia suka padaku? Apakah dia mencintaiku?’, kedua pertanyaan ini mungkin muncul di kepala ketika ada seseorang yang tengah dekat denganmu. Untuk mengetahuinya memang cukup sulit, namun ketika seseorang menyukai kita, ada dua hal yang akan mereka lakukan: mereka akan membuat kita merasa spesial atau mereka ingin membuatmu terus memperhatikannya.

Kamu cukup mengamati saja bagaimana caranya memperlakukanmu. Tak perlu mengawasinya secara berlebihan, biarkan saja semua berjalan normal. Ketika dia benar-benar mencintaimu, tanpa disadari kamu akan mengetahuinya kok dari perhatian-perhatian kecil yang dia berikan.

3. Sebelum memutuskan untuk mencintai orang lain, kamu harus tahu bagaimana caranya mencintai dirimu sendiri

aturan dalam hubungan
via: brightside.me

Ya, kalau tahu bagaimana membahagiakan dirimu sendiri, kamu pasti tahu bagaimana cara memperlakukan orang yang kamu cintai dengan baik. Ini enggak berarti kamu bersikap egois, ya.

Mampu mencintai diri sendiri membuatmu bisa menghargai orang lain dan memperlakukannya dengan penuh cinta. Kamu sangat paham seperti apa rasanya dicintai, sehingga kamu bisa melakukan hal tersebut pada pasanganmu.

4. Jangan pernah mempertahankan orang yang jelas-jelas telah menyakitimu!

aturan dalam hubungan
via: brightside.me

Kamu pengin mencintai rasa sakit? Lebih baik jangan! Cinta itu bisa bikin kecanduan. Na, kalau kamu kecanduan pada orang yang salah, beuh, yang ada malah sakit bertubi-tubi. Jika dia sudah menyakitimu atau terang-terangan enggak mencintaimu, lebih baik lambaikan tangan dan move on!

Satu hari atau dua hari, memang sakit rasanya. Namun percaya deh, kamu bakal merasa lebih baik kok kedepannya. Yang kamu butuhkan hanya melepaskan cinta yang lama dan membuka diri untuk cinta yang baru. It won’t be easy, tapi bukan berarti kamu enggak bisa mendapatkan orang yang lebih baik dan lebih layak untuk dicintai, kan?

Sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus dipahami atau dilakukan Kawan Muda sebelum jatuh cinta? Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa membantu mempermudah hubungan Kawan Muda kedepannya 🙂

Sumber: Brightside