Salah satu kesialan yang bisa dialami seseorang dalam hidup adalah bertemu dengan orang munafik dan menjalin hubungan pertemanan dengan mereka. Itulah mengapa orang bijak selalu mengatakan bahwa kita harus panda-pandai memilih teman atau sahabat.

Bukannya membatasi diri atau pilih-pilih teman, hanya melindungi diri sendiri dari teman yang buruk dan bisa memberikan pengaruh buruk ke diri kita. Well, mungkin akan sulit untuk mengetahui sifat seseorang yang baru kita kenal dan terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk benar-benar menyadarinya.

Biasanya kita sadar saat teman tersebut sudah terlalu banyak merugikan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Kita Muda bakal kasih tahu nih bagaimana membedakan orang yang beneran tulus dan munafik. Simak ya…

1. Kalau dari awal ketemu sampai akrab kegemarannya adalah membicarakan kejelekan orang di belakang atau selalu menggosipkan seseorang tanpa kenal lelah, kamu harus waspada karena ini bisa jadi pertanda kalau dia adalah orang yang munafik.

via: thelist.com

2. Berbeda dengan mereka yang tak pernah berkomentar miring tentang penampilan atau latar belakang seseorang dan memilih memperlakukan semua orang dengan sama rata. Orang yang seperti ini harus masuk daftar teman yang wajib kamu pertahankan.

via: huffingtonpost.com

3. Kenal sama orang yang suka bangga berlebihan pada dirinya? Terutama saat dia sudah membantu orang lain dan kebaikannya diumbar. Uh, mending orang yang seperti ini jangan terlalu dimanja atau dipuja!

via: videoblocks.com

BACA JUGA:


4. Nah, kalau dia suka berbuat kebaikan dan enggak pernah menyebarkan betapa baiknya dia atau enggak mengharapkan kamu berbalas budi di kemudian hari, ini tandanya dia adalah teman yang tulus.

via: relateinstitute.com

5. Gede omongannya tapi nol aksi? Hati-hati nih ciri-ciri orang munafik. Memang sih dia terlihat vokal, tapi kalau beraksi enggak kelihatan kerjanya! Namun ujung-ujungnya minta pengakuan karena dia sudah menggerakkan banyak orang!

via: dreamsrocket.com

6. Temanmu adalah golongan orang yang tulus jika dia tak pernah mengharapkan apa pun atas sesuatu yang dilakukannya (bahkan ketika itu adalah sesuatu yang besar sekalipun). Mereka lebih memilih melakukan tindakan nyata dalam diam ketimbang sesumbar tapi tak ada hasilnya.

via: huffingtonpost.com

7. Ketika kamu meraih sesuatu dan temanmu bahagia atas apa yang kamu capai, tak diragukan lagi dia adalah orang yang tulus. Berbeda dengan teman yang malah melihat keberhasilanmu tidak apa-apanya dan menganggap semua orang pasti bisa mendapatkannya. Orang seperti ini mending dicoret saja dari list teman!

via: myheartalchemist.com

8. Orang yang tulus akan memperlakukan seseorang sama rata, tak peduli dia berasal dari mana. Kalau dia hanya berbuat baik pada orang yang punya kedudukan saja, mending pikir-pikir lagi deh kalau mau lanjutin berteman dengannya.

via: dailymail.co.uk

Sekarang Kawan Muda sudah tahu kan ciri orang munafik yang penuh dengan tipu muslihat? Sekali lagi, Kita Muda enggak menyarankan kamu untuk menjadi orang yang pilih-pilih teman.

Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih teman agar tidak terjebak dalam pertemanan yang racun, apalagi kalau sudah ketemu orang yang munafik. Bisa bikin keki deh!

Sumber: IDN Times