Udah pacaran lama tapi putus? Mungkin 5 hal ini penyebabnya!

Saat menjalin hubungan dengan seseorang, kamu pasti menginginkan hubungan tersebut berjalan dengan baik, dalam waktu yang lama, dan berakhir bahagia. Tapi, nggak jarang nih kita melihat pasangan yang sudah lama menjalin hubungan dan terlihat bahagia tiba-tiba putus di tengah jalan.

Padahal, banyak yang mengira hubungan yang bahagia adalah ketika kamu dapat mempertahankannya begitu lama. Nah, kalau tiba-tiba putus di tengah jalan, kira-kira apa ya penyebabnya? Bukannya semakin lama berarti kamu semakin mengenal pacar dengan baik?

 

BACA JUGA: Tipe-tipe cowok yang jadi gebetan atau pacar idaman cewek dari masa ke masa

 

Daripada Kawan Muda bertanya-tanya dan bingung sendiri, yuk disimak saja penjelasannya berikut ini:

1. Mulai jenuh dengan rutinitas yang begitu-begitu saja

via: askmen.com

Terlalu sering bertemu atau nggak punya hal baru yang bisa dilakukan tiap kali nge-date akan membuat kamu dan pasangan merasa jenuh. Jenuh adalah salah satu penyebab hubungan yang telah terjalin lama bisa kandas di tengah jalan lho!

Selain itu, rasa jenuh juga bisa muncul karena hubungan kalian yang semakin hambar. Kamu dan pacar mungkin sibuk dengan kegiatan masing-masing dan pada akhirnya nggak menemukan titik temu atau sesuatu yang menarik lagi untuk dijalani berdua.

2. Pasangan suka mengatur dan membuat salah satu pihak merasa terkekang

via: youtube.com

Masih pacaran saja sudah suka mengatur, apalagi kalau nikah nanti? Sebagian orang yang telah menjalin hubungan yang lama dengan pasangan pasti memiliki ketakutan kalau-kalau pasangannya berpindah ke lain hati. Untuk menghindari hal ini, mereka akan membatasi pergaulan pasangannya.

 

BACA JUGA: Inilah 7 alasan kenapa jangan terlalu serius pacaran di usiamu yang masih muda!

 

Sikap yang terlalu posesif seperti ini malah membuat pasangan terkekang dan ujung-ujungnya akan membuat suatu hubungan berakhir.

3. Suka membesar-besarkan hal kecil

via: livestrong.com

Saat bertengkar dengan pasangan, kamu suka mengungkit-ungkit hal kecil yang sebenarnya di luar konteks. Karena kesal kamu meluapkan apa saja yang ada dipikiran untuk menyalahkan pasanganmu. Kalau pasanganmu bisa menerima dan menanggapinya dengan kepala dingin sih nggak masalah.

Bagaimana kalau dia juga ikut mempermasalahkan hal-hal kecil karena nggak mau jadi pihak yang terus menerus di salahkan?! Kalau hal ini terjadi terus menerus, bukannya nggak mungkin lho hubungan yang sudah terjalin sejak lama akan berakhir juga.

4. Tergoda oleh orang lain yang mungkin lebih menarik dari pasangan

via: indianexpress.com

Dalam keadaan jenuh atau sedang bertengkar dengan pacar, ada orang lain yang tiba-tiba datang dan menjadi penenang hatimu. Awalnya sih teman curhat dan galau masalah pacar, tapi lama-lama kok kamu kesengsem sama dia.

 

BACA JUGA: Ini lho 5 keuntungan kalau pacaran sama cewek galak. Cowok wajib baca!

 

Kamu merasa nyaman saat bersamanya dan menganggap orang tersebut lebih menarik dari pacar. Hmm, kalau begini sih sudah bau perselingkuhan ya. Dan biasanya nih selama apa pun hubungan, kalau udah dinodai perselingkuhan bisa langsung bubar jalan.

5. Kamu dan pasangan terlalu lama berada di zona nyaman

via: cosmopolitan.com

Kamu dan pacar berpendapat bahwa hubungan kalian harus dipertahankan karena sudah terjalin lama. Padahal, benih-benih ketidakcocokan sudah tumbuh di antara kalian. Kalian mungkin ingin menghargai perasaan masing-masing karena sudah saling kenal luar dalam, atau kalian takut nggak bisa menemukan pengganti yang lebih baik.

Tapi, untuk apa meneruskan hubungan yang seperti itu? Sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius dan supaya kamu nggak menyesal kelak, hubungan kalian lebih baik diakhiri saja.

**

Hubungan yang lama nggak selalu menentukan kamu berjodoh dengan pasangan dan akan langgeng dengannya, Kawan Muda. So, jangan berharap muluk-muluk dulu agar tidak sakit hati nantinya!