Inilah 7 alasan kenapa jangan terlalu serius pacaran di usiamu yang masih muda!

Gak ada cinta yang instan, cinta itu butuh proses. Saat menemukan orang yang kamu suka, jangan sekalinya langsung menyimpulkan bahwa dia jodohmu dan kamu harus menjalani hubungan serius dengannya. Buat apa terlalu serius dan terburu-buru apalagi saat kamu masih berusia 20-an?!

Ini nggak berarti bahwa anak muda nggak bisa serius, kadang di usia 20-an kamu masih suka mengeksplor hal baru dan masih labil sehingga cinta gampang datang dan pergi. Karena itu jangan terlalu mikir yang serius kalau pacaran, apalagi berharap segera menikah dengan pacarmu yang sekarang. Lho, kenapa begitu?

 

BACA JUGA: ‘Relationship goals’ tak melulu soal pacar! 4 orang ini juga berhak dijadikan ‘relationship goals’ kamu

 

Biar kamu nggak bertanya-tanya, Kita Muda akan memaparkan beberapa alasan kuat, kenapa lebih baik jangan terlalu serius dalam percintaanmu. Yuk, langsung kamu simak saja.

1. Di usia 20-an kamu masih belajar apa arti cinta sesungguhnya.

via: dallasfilmnow.files.wordpress.com

 

Cinta itu nggak hanya sekedar kamu sayang pada pasangan aja, masih ada banyak hal yang harus kamu pahami. Mencintai itu berarti harus rela berkorban demi pasangan, harus saling pengertian, nggak ada lagi yang meragukan kepercayaan masing-masing, dan lain sebagainya. Di usia 20-an ini, masih banyak lagi yang harus kamu pelajari dan jangan terlalu mudah memutuskan bahwa dia adalah cinta sejatimu. Kamu akan memahami makna cinta sejati seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman.

2. Cinta itu butuh komitmen dan di usia 20-an kamu belum mampu menyanggupinya.

via: yts.ag

Kedengarannya memang sepele, tapi cinta memang butuh komitmen jika kamu ingin serius. Tapi, komitmen adalah sesuatu yang sangat sulit untuk ditaati selamanya, apalagi saat kamu masih berusia 20-an.

 

BACA JUGA: 10 tanda relationship goals! Apakah kamu dan pacar termasuk?

 

Kamu masih ingin mencoba ini dan itu, sikapmu juga masih suka berubah-ubah sesuai mood-mu, dan masih banyak pilihan di luar sana yang membuatmu nggak sanggup menaati komitmen yang sudah ada.

3. Usia 20-an merupakan waktu yang tepat untuk mengenal dunia secara luas.

via: imovieshare.com

Usia 20-an adalah saat-saat kamu harus menikmati hidup; bersenang-senang dengan teman-temanmu dan membangun koneksi. Kalau kamu terlalu terpaku pada pacarmu dan nggak membuka diri pada dunia luar, hidupmu akan sia-sia. Padahal, banyak sekali peluang-peluang dan mungkin pasangan yang lebih baik yang bisa kamu temukan di luar sana.

4. Saatnya kamu menimba ilmu dengan baik dan membangun masa depan.

via: yjcool.blogspot.co.id

Kalau kamu pacarannya biasa-biasa saja dan nggak lebai, kamu nggak akan memikirkan pacarmu secara berlebihan dan kegiatanmu nggak akan terganggu. Akan beda ceritanya saat kamu terlalu serius memikirkan pacar, entah takut pacar selingkuh atau kamu terlalu memikirkan komentar dia tentang penampilanmu.

 

BACA JUGA: Ini lho perbedaan pacaran zaman dulu vs. zaman sekarang…

 

Bisa-bisa, pikiranmu hanya dipenuhi hal-hal tentangnya saja! Hmmm, jangan sampai hal-hal seperti ini mengganggu konsentrasi belajarmu ya. Sayang kan kalau masa depan berantakan gara-gara cowok yang nggak pantas untukmu dan belum tentu jadi jodohmu.

5. Kamu belum matang dan hubunganmu hanya berdasarkan emosional saja, sedangkan cinta butuh dedikasi utuh sekaligus kesabaran.

via: radiotimes.com

Dalam sebuah hubungan, konflik itu adalah hal yang wajar dan kamu harus mampu memikirkan solusinya dengan matang. Di usiamu yang masih 20-an, kamu mungkin masih menggunakan emosi untuk menyelesaikan masalah.

Kalau kamu terburu-buru menganggap hubunganmu serius dengannya, sifatmu yang masih emosional ini akan menimbulkan hubungan yang nggak sehat antara kamu dan pacar. Hmm, jangan sampai deh ada kekerasan!

6. Bisa saja kamu menyesal saat kamu sadar ada pilihan yang lebih baik dan ternyata hubunganmu sudah berlanjut ke pelaminan!

via: gollumpus.blogspot.co.id

Dalam hidup, kamu akan bertemu dengan banyak orang baru setiap harinya. Apalagi kalau kamu baru lulus dari kampus, dan baru masuk ke dunia kerja baru. Pasti banyak sekali orang lajang dan mungkin dialah jodohmu sesungguhnya (bukan pacarmu yang sekarang!).

 

BACA JUGA: Tipe-tipe cowok yang jadi gebetan atau pacar idaman cewek dari masa ke masa

 

So, jangan terlalu cepat memutuskan untuk menjalin hubungan serius dengan seseorang (bahkan ke pelaminan) hanya karena dia telah lama bersamamu. Kamu nggak mau kan kecewa gara-gara terlalu dini memutuskan seseorang yang layak menjadi pendampingmu?!

7. Inilah waktu yang tepat untuk berkenalan dan menyeleksi calon pasanganmu, jangan terpaku dengan satu orang saja!

via: fangirlish.com

Pacarmu yang sekarang belum tentu menjadi jodohmu di masa depan. Jadi, jangan kaku dan membatasi diri untuk bergaul dengan orang lain gara-gara takut pacar cemburu. Bukan bermaksud untuk melirik yang lain saat pacaran ya, hanya lebih berpikir logis bahwa kamu memiliki hak mencari pasangan yang baik untuk masa depanmu. Jangan sampai terbutakan oleh cinta di usia muda dan membuatmu salah pilih ya!