Setelah putus, jangan pacaran lagi kalau 4 hal ini masih kamu lakukan

putus cinta
Foto : SheKnows.com

Menjalin hubungan asmara ialah upaya-upaya dari anak manusia untuk menemukan: apakah orang yang ia ajak untuk menjalin hubungan ialah pasangan sejatinya. Namun tak semua niat dan hal-hal baik, selalu berakhir dengan hasil baik. Niat yang semula ingin menjadi pelabuhan terakhir, terpaksa harus kandas di tengah jalan alias putus. Hingga kemudian status yang semula kekasih, berubah menjadi mantan.

Tak semua perpisahan, direstui oleh kedua pihak. Ada pihak yang memang menghendaki putus, namun masih ada pihak yang masih ingin bersama-sama. Namun karena perpisahan harus terjadi, maka mau tak mau harus move on dari hubungan, baik itu dengan memilih untuk menyendiri dulu, atau menjalin hubungan baru. Intinya, melupakan mantan.

Namun usaha move on yang buruk ialah move on yang dilakukan dengan menjalin hubungan kembali dengan orang baru, padahal hatinya masih ada di mantan. Kita Muda menyarankan, sebaiknya, setelah putus, jangan pernah mencoba untuk pacaran lagi kalau 4 hal ini masih kamu lakukan:

1. Tujuan pacaran, demi biar mantannya cemburu.

via: ConfusedSandals.com
via: ConfusedSandals.com

Nah, ini yang paling sering terjadi: menjalin hubungan baru hanya untuk melakukan pelarian. Ini jadinya malah kasihan di semua pihak. Pertama, kasihan pacar barumu yang cuma dijadikan pelarian. Kedua, kasihan mantanmu yang hatinya tercabik-cabik. Siapa tahu ia masih belum bisa move on dari kamu. Ketiga, diri kamu sendiri. Hey Kawan Muda, sungguh menyedihkan kalau kamu menjalin hubungan dan tujuannya hanya bikin pihak lain agar tersakiti. Menyedihkan. Sungguh menyedihkan…

2. Masih kepikiran mantan.

via: MarieHumphrey.com
via: MarieHumphrey.com

Yang lagi diajak menjalin hubungan siapa, yang ada dalam pikiran siapa. Ini mungkin termasuk dalam kejahatan intelektual kali ya? Atau kejahatan pikiran, mungkin? Ah, entahlah. Tapi yang jelas, jahat banget kalau sampai kamu menjalin hubungan dengan seseorang, sementara pikiranmu bersama orang lain. Mending jujur sejak awal, biar tak ada pihak yang terlukai.

3. Suka membanding-bandingkan pacar baru dengan mantan.

via: ThoughtCatalog.com
via: ThoughtCatalog.com

Kawan Muda, saat kamu memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang, maka fokuslah. Berikan seluru perhatianmu kepadanya. Jangan ke siapa pun. Termasuk kepada mantan. Selanjutnya, terima kekasihmu yang sekarang dalam kondisi satu paket utuh: kelebihan beserta kekurangan. Kalau ternyata ia memiliki kelemahan yang ternyata kelebihannya ada pada mantanmu, maka jangan pernah sekalipun engkau membanding-bandingkannya.

4. Suka cari perhatian ke mantan.

via: nourzikra.com
via: nourzikra.com

Kalau kamu sudah punya kekasih baru, tetapi masih suka caper ke mantan, itu berarti kamu masih memendam perasaan kepadanya. Maka kalau kamu telah memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang, lupakanlah pihak-pihak lain yang berpotensi merusak perhatianmu kepada kekasih. Seperti lebih memilih perhatian ke mantan, misalnya.

Written by Ahmad Mufid

Profile photo of Ahmad Mufid

Baru rilis buku novel komedi 'Pharmacophobia', lagi bikin podcast 'Teman Becandamu' dan masih berusaha meyakinkan orangtuamu agar beliau jangan menikahiku.