Tak melulu manja, ini dia 8 kelebihan yang hanya dimiliki oleh anak bungsu! Berbanggalah kamu yang menjadi bontot

Dibalik predikat manja yang telah terlanjur menempel, anak bungsu sebenarnya juga menyimpan banyak kelebihan.

anak-bungsu
Foto : quotev.com

Berbicara tentang anak bungsu memang menarik. Ada banyak hal yang memang bisa digali.

Tapi mengulik tentang anak bungsu tak hanya soal perilaku manja. Predikat manja memang sudah sedemikian melekat pada anak bontot. Padahal realitanya tak selalu demikian. Justru banyak orang yang memang terlahir sebagai anak bungsu namun mereka memiliki kemandirian yang layak diacungi jempol.

Dibalik predikat manja yang telah terlanjur menempel, anak bungsu sebenarnya juga menyimpan banyak kelebihan, Penasaran? Yuk segera cek 8 kelebihan yang dimiliki anak bungsu berikut ini.

1. Kemampuan kompromi dari si anak bungsu memang ciamik. Bersamanya tak akan ada pertengkaran menyakitkan yang hanya menguras air mata.

mengadu ke orang tua
Foto : www.fuccha.in

Terlahir sebagai anak terakhir membuat anak bungsu terbiasa dengan segala macam pernak pernik perbedaan. Mereka tidak menganggap perbedaan sebagai masalah besar. Selagi masih ada kemauan, semuanya pasti bisa dibicarakan dan dikompromikan dengan kepala dingin. Berbahagialah kamu yang memiliki pasangan seorang anak bungsu. Bersamanya tak ada pertengkaran tanpa ujung yang hanya akan membuat kepala berdenyut pening.

2. Kamu hobi cerita panjang lebar? tak diragukan lagi curhat dengan si bungsu adalah pilihan terbaik.

ayah dan anak
Foto : www.lds.org

Tak diragukan lagi, anak bungsu adalah pendengar yang baik. Bersamanya kamu bebas bercerita panjang lebar. Dengan senang hati dia akan mendengarkan ceritamu. Dia tak akan memotong ceritamu atau menampakkan raut bosan di wajahnya. Berada diposisi anak terakhir, memiliki deretan kakak yang selalu siap mendengarkan ceritanya, akan membentuk si bontot menjadi pendengar yang baik pula.

3. Ingin orang lain tahu apa yang kamu inginkan tanpa harus ngomong banyak? Kamu bisa mendapat kemudahan ini dari orang yang memiliki predikat anak bontot! Kadar sensitifitas anak bungsu memang yahud!

relawan
Foto : en.wikipedia.org

Sosok anak bungsu memiliki kecenderungan untuk dekat dengan ibunya. Seorang ibu sewajarnya memiliki hati yang lembut dan perasa. Tak heran, bila kedekatan antara ibu dan anak bungsunya juga akan menularkan sifat perasanya. Memiliki seorang sahabat yang menjadi anak bungsu akan membuatmu bersyukur. Kamu tak perlu lagi harus lelah berulang-ulang menyampaikan keinginanmu. Seperti seorang peramal jitu, dia akan segera mengetahui apa yang ada dalam benakmu.

4. Nyatanya tak hanya pandai menyenangkan orang lain, anak bungsu juga memiliki kesabaran mumpuni.

Pertanyaan
Foto : lifevolumeone.org

Siapa yang tak ingin punya pasangan yang sabar? Nah, bila kamu sedang ingin memiliki pasangan sabar, dekat dengan orang yang memiliki gelar anak bungsu bisa menjadi alternatif pilihan kamu nih. Memiliki posisi sebagai anak terakhir akan membuatnya tertempa menjadi orang dengan kesabaran lebih. Kadang pada satu waktu dia harus mengalah pada kakak-kakaknya, hal inilah yang lambat laut membentuknya menjadi orang sabar. Tak hanya itu, posisi si bungsu sebagai anak terakhir pun akan membuatnya terbiasa menghadapi remeh-temeh permasalahan yang lazimnya dihadapi anak bontot.

5. Kata Bang Donnie Sibarani “Karena wanita ingin dimengerti”,  padahal sejak dulu anak bungsu telah berusaha mengerti orang lain!

bercanda dengan adik
Foto : lolipop-cokelat.blogspot.com

Berada di posisi anak terakhir akan membuat anak bungsu terbiasa mengerti dan memahami orang lain. Dia akan mengerti orang lain sama baiknya dengan ia memahami dirinya sendiri. Baginya memahami kakak-kakaknya telah menjadi rutinitas yang menjadi biasa. Hal ini tanpa disadarinya akan membentuk anak bungsu menjadi orang yang pengertian. Jadi buat kamu yang memiliki pasangan anak bungsu tak perlu khawatir lagi ya! Tenang, dia bukan orang egois kok!

6. Tak perlu menghiba-hiba meminta pertolongan kesana kemari! selagi kamu berada di dekat anak bungsu, kamu akan baik-baik saja.

via: www.understood.org
via: www.understood.org

Masih satu paket dengan sifat pengertian yang dimilikinya, anak bungsu juga memiliki empati dan simpati yang tinggi. Ia tak akan segan-segan untuk mengulurkan bantuan untuk orang yang dirasanya membutuhkan pertolongan. Bahkan sebelum kamu meminta tolong padanya, ia telah lebih dulu memberikan bantuan padamu. Berbahagialah kamu yang menjadi anak bungsu. Bukankah tidak ada balasan untuk kebaikan melainkan dengan kebaikan pula?

7. Ingin mencari sosok pekerja keras dan pembelajar hebat? Semua kelebihan itu bisa kamu dapatkan pada anak bontot.

percaya-diri
Foto : psychologyformarketers.com

Berada di posisi anak terakhir, akan membuat anak bungsu terbiasa mengamati kehidupan saudaranya. Belajar dari pengalaman kakak-kakaknya. Tak heran bila ia tumbuh menjadi pejuang yang tangguh. Toh menjadi anak bungsu bukan berarti ta bisa menjadi kebangga keluarga. Justru itu berada diposisi terakhir membuatnya termotivasi untuk bekerja lebih keras.

Pengalaman adalah guru terbaik bagi kehidupan. Anak bungsu akan belajar banyak dari kehidupan kakak-kakaknya. Paling tidak dia tidak akan mengulang kesalahan yang telah dilakukan kakaknya. Bukan hanya pekerja keras, anak bungsu adalah pembelajar yang hebat.

8. Pantang menyerah dan pejuang tangguh! Satu paket hebat untuk menjadi pejuang kehidupan itu dapat kamu jumpai dalam diri anak bungsu.

Foto : www.huffingtonpost.com
Foto : www.huffingtonpost.com

Apa yang amunisi yang paling dibutuhkan pejuang kehidupan? Bukan tumpukan emas atau tabungan yang berlimpah. Namun, sifat pantang menyerah yang akan membawamu pada kebahagiaan dimasa depan. Tak perlu cemas bila teman hidupmu memiliki posisi sebagai anak bontot. Bersamanya tak akan ada badai yang tak bisa terlewati.

Terlahir sebagai anak bungsu akan membuatnya terbiasa menghadapi asam manis kehidupan. Pun saat kakak-kakaknya telah berkeluarga dan memiliki kehidupan sendiri, anak bungsu masih akan tetap bertahan di rumah. Menghadapi dinamika kehidupan yang terjadi di rumah, lengkap dengan segala embel-embelnya yang kadang begitu menguras emosi. Tak perlu diragukan lagi, anak bungsu adalah pejuang tangguh yang pantang meyerah.

So, buat kamu yang memiliki pasangan dan sahabat yang memiliki posisi anak bungsu, tak usah khawatir lagi! Di sisinya hidup akan terasa lebih mudah!