Tinggal bareng mertua itu serba nggak enakan. Meski begitu, cobalah berdamai dengan keadaan

bertengkar dengan mertua
Source : www.indianyouth.net

Menikah merupakan peristiwa penyatuan dua keluarga. Bukan hanya kamu dan dia saja yang menikah. Tapi juga ibumu dan ibunya, bibimu dan bibinya, kakekmu dan kakeknya. Tidak mudah menyatukan berbagai macam isi kepala menjadi satu. Itulah salah satu alasan mengapa pernikahan merupakan salah satu peristiwa sakral.

Saling mengenal saja kadang tidak cukup. Meski sudah kenal dan setuju, ada saja pihak keluarga yang tidak bisa menerima keluarga besan. Terutama sang ibu terhadap menantunya. Jika ketidakcocokan ini terjadi antara dua tokoh sentral dalam keluarga, maka DHUAARRR!!! Pecahlah perang dunia ketiga.

Baca Juga : Kalau kamu dan dia sudah cocok, berarti tanda-tanda ini ada dalam hubungan kalian

Nggak mau kan sampai terjadi perang? Jangan sampai dong kalau bisa. Buat kamu yang sudah terlanjur menikah dan punya hubungan yang kurang harmonis dengan ibu mertua dan tinggal serumah dengannya, baca dulu yang satu ini.

#1. Bagaimanapun, tanpa ibu dan ayah mertua, kamu tidak akan bertemu jodohmu yang sekarang.

Mertua dan suami
Foto : abiummi.com

Dari sekian banyak manusia yang terlahir ke dunia, takdir telah memilihkan ia sebagai jodohmu. Takdir juga telah memilihkan mertua yang itu sebagai mertuamu. Jodohmu ada berkat bantuan ayah dan ibu mertua yang memberikan naungan padanya.

#2. Cari aman. Jangan pernah menciptakan konflik setersinggung apapun kamu.

Konflik dengan ibu mertua
Foto : abiummi.com

Aturan main dengan mertua sangat sederhana. Apapun yang ia katakan, selalu katakan ‘ya’. Turuti semua perintahnya tanpa tawar-menawar. JANGAN. PERNAH. MEMBANTAH. SEDIKITPUN.

Baca Juga : 8 Hal yang bisa bikin cowok semakin setia sama kamu

#3. Berpikir positif bahwa keadaan tidak selamanya demikian.

sedih
Foto : ilovehdwallpapers.com

Tidak selamanya kamu akan mengalami hal seperti ini. Suatu saat nanti pasti ada perubahan yang terjadi. Entah mertuamu berubah menjadi baik. Entah kamu pindah rumah. Entah kamu ganti mertua. Ups.

#4. Selesaikan pekerjaan dengan baik dan sempurna.

Tuntaskan semua pekerjaan
Foto : www.selasar.com

Di dunia ini, ada dua orang yang selalu salah: cowok di mata cewek dan menantu di mata mertua. Sesempurna apapun pekerjaanmu, mertua selalu bisa menemukan celah kecil yang menjadikannya tidak sempurna. Nah, diselesaikan dengan baik dan sempurna saja masih salah. Apalagi kalau diselesaikan ala kadarnya?

#5. Anggap ini sebagai salah satu bentuk latihan dalam hidup.

gadis sedih
Foto : pixhome.blogspot.com

Nggak seru kalau hidup kita lurus-lurus aja. Harus ada sedikit belokan dan tikungan agar tidak monoton. Anggap saja hal ini merupakan sebuah latihan yang harus kamu lalui dengan baik. Jangan anggap hal ini sebagai sengsara tiada akhir. Nanti malah nggak ada akhirnya beneran lho.

Baca Juga : 6 Tanda ini menunjukkan kalau dia beneran suka sama kamu

#6. Beri kesempatan pada waktu untuk memperbaiki.

sabar
Foto : mux82.wordpress.com

Salah satu penyembuh paling ampuh adalah waktu. Beri kesempatan pada waktu untuk ikut menyembuhkan. Barangkali ayah dan ibu mertua hanya butuh waktu untuk mengenalmu.

#7. Mencari tahu mengapa ia bersikap demikian.

Mencari tahu
Foto : www.forbes.com

Daripada cuma mengeluh dan bertanya-tanya, sebaiknya cari tahu apa yang menyebabkan mereka bertingkah demikian. Sebabnya bisa karena banyak hal. Mungkin mereka cemburu terhadapmu dan takut kasihsayang anaknya akan luntur karena telah menemukan pasangan hidup. Atau mungkin mereka hanya belum bisa percaya terhadapmu.

Apapun penyebabnya, ayah dan ibu mertua tidak pernah benar-benar berniat jahat pada menantunya. Bahasa kekiniannya, mereka hanya merasa insecure.

#8. Sekeras apapun, dia masih seorang ibu/ayah. Masih ada bagian dari hatinya yang bisa kamu sentuh.

Dimarahi mertua
Foto : gadispagi.blogspot.com

Ingat baik-baik kamu, selain sebagai mertua, mereka juga sebagai orangtua. Mereka tentu masih memiliki sisi kelembutan dan kasih sayang. Hanya saja, belum ditampakkan. Ibarat minyak, dia masih alami dan belum dieksplorasi manusia. Tugas kamu untuk mengeksplorasi rasa kasih sayang mereka.

Baca Juga : Cara membedakan hubungan yang sudah dewasa dengan yang masih kekanak-kanakan. Kamu yang mana?

#9. Mengadu pada orangtua kandung tentang mertua?

mengadu ke orang tua
Foto : www.fuccha.in

BIG NO! BUKAN JALAN YANG BAIK DAN BIJAK!

***

Itulah tips-tips yang harus kamu praktikkan agar tensi dengan ibu mertua semakin mereda. Buat kamu yang belum nikah, nggak ada salahnya dibaca sebagai antisipasi dan persiapan yang lebih matang menuju pernikahan.

Written by Lia Sylvia

Apa ya ???