5 Hal yang mungkin terjadi ketika kamu ngenalin pacar ke orang tua

bertemu calon mertua
Source : Hipwee.com

Salah satu momen paling mendebarkan saat pacaran adalah ketika kamu harus membawa pacar untuk berkenalan dengan orang tua.

Ya walau sekarang ini makin banyak orang tua yang open minded, tapi pasti kamu merasa deg-degan. Kira-kira nanti dia bakal bisa ngobrol luwes nggak ya sama orang tua? Bakal dapat restu nggak ya?

Untuk menghadapi segala kecemasan, jelas kamu butuh persiapan mental dan rileks. Karena akan banyak hal yang terjadi ketika si dia akhirnya bertemu dan berkenalan dengan orang tua.

Baca Juga : 7 Cara elegan untuk PDKT ke orang yang sudah lama kamu suka

Seperti beberapa yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Senyum sungkan dan canggung, muka datar.

bertemu calon mertua
Foto : Idepernikahan.com

Ya namanya juga baru pertama kali ketemu, pasti ada lah senyum canggung-canggung begitu. Ini wajar banget kok terjadi jadi kamu jangan langsung berasumsi kalau orang tua kamu nggak sreg sama dia. Karena baru ketemu, fase canggung kayak gini malah harus terjadi. So, nantinya nggak bakal canggung-anggung lagi.

Terus bagaimana kalau orang tua pasang muka yang datar ketika pertama ketemu si dia? Nggak papa, rajin-rajin saja pasang senyum. Mungkin ortu masih kaget saja, tapi dalam hati mungkin gembira karena kamu akhirnya mengenalkan pacarmu ke mereka.

2. Pertanyaan-pertanyaan yang lebih mirip interogasi.

bertemu calon mertua
Foto : Areadewasa.com

Wajar banget kalau orang tuamu menanyakan lulusan apa dia, di mana rumahnya, sudah kerja atau belum dan lain-lainnya. Dasarnya, orang tua pasti ingin anak perempuannya mendapatkan pria yang berlatar belakang baik dan bermasa depan cerah. Bibit, bebet, bobot istilahnya. Kalau si dia kelihatan grogi, kamu boleh kok bantu-bantu jawab, tapi jangan semuanya biar doi nggak kelihatan lemah.

Baca Juga : Bukan “makeup tebal,” tapi ini 5 pesona yang membuatmu ‘jodoh-able’

Nah, penting juga nih buat ngasih tahu doi untuk nggak grogi ketika ditanya aneh-aneh oleh orang tua. Dan yakinkan juga kalau kamu selalu di sampingnya untuk mendukung. Bakal tambah semangat deh ketemu calon mertua eh orang tua kamu.

3. Todongan kisah gimana bisa jadian kalian.

bertemu calon mertua
Foto : papasemar.com

Beberapa orang tua ingin tahu bagaimana dan dimana sih kalian bertemu. Buat mereka cerita pertemuan kalian ini juga penting. Mungkin untuk diingat jadi bisa diceritakan dan dibangga-banggakan ke orang lain. Ya kan? Ortu senang sekali menceritakan kebahagiaan anaknya, termasuk juga kisah cintanya.

Gimana kalau ternyata kalian kenalnya lewat internet, apa yang akan kalian jelaskan? Nggak perlu ditutup-tutupi. Cerita saja apa yang ada sambil yakinkan bahwa tidak selamanya cinta dunia maya itu melulu penipuan.

Baca Juga : 5 Aturan pacaran di media sosial yang wajib kamu tahu

4. Rencana yang kalian impikan di masa depan.

bertemu calon mertua
Foto : loperonline.com

Ya walau mungkin nggak dibahas di pertemuan pertama, pertanyaan tentang kemana arah hubungan kalian pasti akan ditanyakan oleh orang tua. Jangan nervous, jawab saja sesuai dengan apa yang sudah kalian sepakati misal masih ingin fokus kuliah, mengejar karir atau ingin nabung untuk uang DP rumah.

Kenapa sih orang tua suka menanyakan tentang masa depan? Jawabannya sih jelas, mereka melihat pacarmu sebagai calon anak mantu. Jadi mereka ingin tahu apa sih yang sudah dia persiapkan atau setidaknya pikirkan untuk masa depan.

5. Undangan saling bertemu para orang tua.

bertemu calon mertua
Foto : hello-pet.com

Pada awalnya orang tuamu akan bertanya apakah orang tua si dia tahu kalau hubungan kalian sudah memasuki tahap saling-dikenalkan-ke-orang-tua. Ini penting buat ortumu karena menunjukkan seberapa serius hubungan kalian. Nah, tanyakan tuh ke dia apakah ortunya tahu anaknya dikenalkan ke ortu pacarnya?

Kalau semua berjalan dengan baik, pacar kamu juga harus bersiap dengan hal ini, undangan pertemuan selanjutnya. Yang lebih spesial, di pertemuan selanjutnya pacar kamu diharapkan membawa orang tuanya. Wah, pertanda baik nih!

Baca Juga : Sayang belum tentu cinta, ini dia 5 perbedaannya

Seperti naik roller coaster rasanya ketika akan membawa pacar ke orang tua. Di satu sisi ada perasaan gembira karena (sepertinya) hubungan semakin jelas dibawa kemana, di sisi lain deg-degan mengetahui seperti apa reaksi ortu ke pacarmu.

Nah, kalau mentalmu sudah siap menghadapi 5 kejadian di atas, jadi kapan pacarmu kamu kenalkan ke orang tua?

Written by Mariam G.P. Aulia

Cewek biasa-biasa aja | Suka menyendiri | Suka makan bakso dan minum coklat anget.