Ternyata, durasi puasa di negara-negara ini lebih cepat dari Indonesia! Mau puasa di sini saja?

Bulan Ramadhan yang dinanti-nanti kini menyapa kita kembali. Selama satu bulan penuh, umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa. Nah, selama ini kita tahu bahwa saat puasa kita akan menahan lapar dan dahaga selama lebih kurang 13—14 jam sehari.

Tahukah kamu kalau durasi puasa ini mungkin lebih cepat atau bahkan lebih lama di negara lain? Ya, waktu sahur dan berbuka sangat ditentukan oleh pergerakan matahari, Kawan Muda. Letak geografis yang berbeda secara otomatis membuat terbit dan tenggelamnya matahari berbeda-beda pula di tiap-tiap negara dan ini berimbas pada durasi puasanya.


BACA JUGA : 


Kalau kita yang berada di Indonesia terbiasa dengan durasi 13—14 jam sehari, ada lho negara-negara yang durasi puasanya lebih singkat dari kita! Ini serius, lho! Kawan Muda penasaran negara mana saja? Dilansir dari Kumparan.com, berikut negara-negara dengan durasi puasa tercepat di dunia.

1. Chili

via: worldatlas.com

Negara Chili atau Republik Chile yang terletak di tenggara Amerika Selatan, durasi puasanya hanya sekitar 9 jam 12 menit saja, lho! Umat Islam di Chile akan memasuki imsak sekitar pukul 05.31 pagi dan berbuka puasa sekitar pukul 15.00. Hemm, Kawan Muda pasti mupeng ya karena mereka imsaknya terakhir tapi buka puasanya duluan :”)

2. Argentina

via: adventureworld.co.nz

Di negara gila bola  ini, Islam memang menjadi agama minoritas tapi ini enggak menghalangi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Nah, umat Islam Argentina menjalankan puasa sekitar 9 jam 37 menit setiap harinya.

3. Brazil

via: money.cnn.com

Hemm, kayaknya negara-negara di Amerika latin rata-rata pada berbuka puasa duluan, ya? Nah, durasi puasa di Brazil hanya sekitar 11 jam saja.

4. Australia

via: gapyear.com

Selanjutnya adalah negara yang bisa dibilang tetangga jauh Indonesia yaitu Australia. Umat Islam di Negeri Kanguru durasi berpuasanya lebih cepat lho dari kita yaitu sekitar 11 jam 35 menit.

5. Afrika Selatan

via: seabrookfandh.com

Dibandingkan negara-negara di Asia lainnya, durasi puasa di negara yang beribukota di Cape Town ini lebih pendek yaitu sekitar 12 jam saja. Hemm, tapi puasa di sini banyak cobaan sih. Cuacanya sangat panas, guys!

Waduh, pindah negara saja kali ya kalau puasa biar enggak lama-lama nunggunya! Hihi, tapi agaknya berlebihan juga ya kalau harus pindah negara demi durasi puasa yang pendek.

Sebenarnya puasa itu bukan tentang lebih lama atau lebih cepat, tapi niatnya untuk beribadah. Kalau Kawan Muda sudah benar-benar niat dari hati untuk beribadah ya pasti kuat-kuat saja. Iya enggak? 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *