Tampak Tak Masuk Akal, Adegan Gila di 14 Film Ini Ternyata Bisa Dibuktikan Secara Ilmiah Lho!

4.033 views

Percaya enggak percaya, beberapa adegan ilmiah di film sci-fi kemungkinan bisa dibuktikan secara ilmiah loh, Kawan Muda. Tentu saja ini berkat kerja para tim produksi yang pastinya sudah melakukan riset sebelum menulis naskah filmnya.

Tapi kalian tentunya sudah tahu dong, kalau kebanyakan adegan ilmiah tersebut, cuma diset sedemikian rupa biar cocok dengan logika penontonnya. Seperti teknologi dibaju Iron Man yang sampai sekarang masih sulit untuk dibuat aslinya.

Nah, berbeda dengan film yang full fiksi tersebut, beberapa film fiksi dan non fiksi di bawah ini, justru melakukan riset yang lebih mendalam supaya adegan dalam filmnya terasa sangat nyata dengan logika yang benaran bisa dibuktikan.

1. Stasiun ruang angkasa di 2001: A Space Odyssey (1968), ternyata benar-benar mensimulasikan gravitasi bumi

via: nasa.gov

Film 2001: A Space Odyssey (1968) memang disebut sebagai salah satu film fiksi yang paling akurat yang pernah ada. Adegan dimana stasiun ruang angkasa ditampilkan, ternyata tak sekedar bergerak sembarangan, tetapi stasiun ruang angkasa tersebut bergerak dengan mensimulasikan gravitasi bumi.

2. Fenomena di Sharknado (2013) ternyata pernah terjadi di Australia

via: themoviedb.org

Mungkin fenomena ini terdengar konyol namun percayalah, di sebuah kota kecil bernama Ayr di Australia fenomena tornado yang ‘mengangkut’ hiu ini pernah terjadi di tahun 2017 silam.

3. Film Into The Strom (2014) menampilkan angin topan yang sangat akurat

via: washingtonpost.com

Dalam film ini, adegan angin topan yang menyerang secara bersamaan ternyata disimulasikan dengan sangat mirip. Menariknya, mereka yang melakukan riset di film ini sampai memperhatikan detail seperti bagaimana seharusnya siklus pusat putaran untuk dua tornado ini.

4. Adegan spacewalking di Passengers (2016) dibuat sangat mirip

via: digitalspy.com

Chris Pratt dan Jennifer Lawrence yang terjebak di pesawat ruang angkasa ini, ternyata memperhatikan beberapa hukum fisika di film Passengers (2016). Seperti bagaimana mereka tersentak seketika kabel penghubungan antar mereka membentang penuh.

5. Adegan tank yang terjun bebas di A-Team (2010) ternyata benaran bisa dilakukan loh

via: fxguide.com

Kali ini, sebuah saluran di YouTube yang bernama Escapist, membuktikan bagaimana adegan luar biasa ini bisa dilakukan tanpa bantuan green screen, tentunya dengan beberapa hukum fisika juga.

6. Di Final Destination V (2011), adegan jembatan runtuh di filmnya ditampilkan sangat akurat

via: artofvfx.com

Adegan jembatan runtuh yang sangat intens di film Final Destination V (2011) ini diklaim sebagai salah satu yang paling akurat dalam sejarah perfilman Hollywood.


BACA JUGA:


7. Peluru Bruce Willis di film Live Free or Die Hard (2007) ternyata benaran bisa tembus lewat bahunya loh

via: youtube – Adrian

Sebuah majalah yang bernama smithsonian, membuktikan bagaimana Bruce Willis bisa saja menembuskan peluru pistol ke bahunya untuk membunuh orang yang berada di belakangnya.

8. Adegan The Rock membelokkan misil di The Fate of the Furious (2017) bisa dibuktikan dengan ilmiah keakuratannya

via: exploderblog.com

Disebut – sebut sebagai film yang paling diragukan ke akuratan logikanya, Fate of the Furious (2017) justru menampilkan adegan yang dinilai sangat akurat. Adegan dimana Dywane Jhonson mengubah arah peluru torpedo dari kapal selam memang terlihat mustahil, tapi nyatanya ini bisa dilakukan oleh orang yang memiliki massa otot berlebih

9. Bunge Jumping yang mustahil di GoldenEye (1995) mungkin bisa dilakukan di dunia nyata

via: xtremespots.com

Adegan mustahil di dalam film James Bond ini dibuktikan oleh saluran YouTube, Escapist. Ternyata semua aksi itu menggunakan berat badan yang juga berperan penting dalam keberhasilan aksi ekstremnya tersebut.

10. Anak panah yang terbagi dua di film Robin Hood: Prince of Thieves (1991) sudah dibuktikan oleh beberapa Youtubers

via: dailymail.co.uk

Kalau yang satu ini sudah banyak dipraktekan oleh beberapa orang di YouTube. Keakurasian yang tepat menjadi kunci utamanya.

11. Lubang Cacing di film Contact (1997) telah terbukti bersuara

via: oscarchamps.com

Meski belum ada satupun yang berhasil melakukan perjalan ke lubang cacing, bukan berarti hal ini tak bisa terbukti secara ilmiah. Ini ternyata dibuktikan dengan keakuratan dalam penggunaan frekuensi radio di film Contact (1977).

12. Ledakan bom bisa benaran bisa ditunda dengan cairan nitrogen di film Lethal Weapon 2 (1989)

via: lethalweapon.wikia.com

Sebuah halaman web membuktikan bahwa adegan Detektif Murtaugh benar bisa terjadi. Yup, persis dengan adegan di dalam filmnya, cairan nitrogen terbukti mampu menunda ledakan bom.

13. Bentuk lubang hitam di Interstellar (2015) dinilai sangat akurat

via: themoviedb.org

Halaman web space menjelaskan bahwa spesial efek yang digunakan Nolan untuk menggambarkan lubang hitam di luar angkasa, ternyata sangat akurat.

14. Topi Oddjob di Goldfinger (1964) dibuktikan sebagai senjata yang berbahaya loh

via: 007james.com

Meski terdengar sangat konyol, seorang pandai besi disaluran youtubenya memperlihatkan bagaimana ia membuat ‘senjata’ topi si Oddjob ini bisa beraksi seperti halnya dalam film James Bond yang berjudul Goldfinger (1964).

Sumber: Ranker