Tak hanya ketupat dan opor ayam, ini lho makanan khas lebaran lainnya dari berbagai daerah di Indonesia….

2.548 views
via: astralife.co.id

“Kupat sayur Alhamdulillah
Tuk dimakan di hari raya
Tak ada pun tak apa-apa
Masih ada nasi uduknya”

Tak terasa ya lebaran tinggal menghitung hari. Semua orang sudah mulai sibuk nih menyambut lebaran dengan bersih-bersih rumah, hunting pakaian baru, bikin kue kering, hingga memikirkan menu apa yang akan dihidangkan saat lebaran nanti.

Hemm, berbicara tentang menu khas lebaran nih, kita umumnya mengenal ketupat dan opor ayam sebagai kuliner wajib saat lebaran. Padahal, enggak semua daerah di Indonesia menyajikan kedua menu tersebut, lho!

Ya, seperti yang kita tahu Indonesia kaya akan budaya dan setiap daerah memiliki kuliner khasnya. Nah, lebaran menjadi momen yang pas bagi tiap-tiap daerah untuk menyajikan kuliner khas masing-masing.

Lantas, selain opor ayam dan ketupat kira-kira kuliner apa saja sih yang biasanya disajikan? Yuk langsung saja kita simak satu persatu.

1. Bebek Gulai Kurma, Aceh

via: kulinen.com

Merupakan makanan khas lebaran yang sangat terkenal di Aceh. Meskipun namanya bebek gulai kurma, Kawan Muda enggak akan menemukan potongan kurma di dalamnya, hihi. Nah, makanan ini terbuat dari potongan daging bebek yang diberi kuah santan. Rasanya pun nendang karena menggunakan aneka bumbu seperti daun temurui, pandan, serai dan aneka rempah lainnya. Bebek gulai kurma biasanya disantap dengan ketupat atau nasi putih hangat, yum!

2. Timphan, Aceh

via: sajiansedap.com

Selain makanan berat seperti bebek gulai, Aceh juga punya sajian kue basah yang wajib disajikan saat lebaran yaitu Timphan. Bagi masyarakat Aceh nih, lebaran tidak akan lengkap tanpa menyuguhkan timphan. Kudapan ini terbuat dari pisang raja, tepung ketan, santan kental, air kapur sirih, telur ayam, gula pasir, nangka, daun pandan, dan kelapa parut.

3. Gulai Nangka, Medan

via: indonesian-medan-food.blogspot.com

Kalau di Medan nih, gulai nangka yang terdiri dari nangka muda, daging, dan potongan kacang panjang, dan dimasak dengan santan dan berbagai rempah khas gulai, menjadi menu khas yang wajib ada saat lebaran. Makanan ini juga dengan mudah ditemui di setiap rumah makan yang ada di Medan.

4. Semur Daging, Betawi

via: cookpad.com

Ternyata oh ternyata, orang Betawi menyajikan semur daging saat lebaran. Nah, semur ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan kuah kecap sampai menyusut. Sebelum dimasak dengan kuah kecap, dagingnya sudah dilumuri dengan berbagai bumbu halus. Whoa, pasti nendang itu rasanya! Semur daging biasanya disajikan dengan taburan kentang goreng dan ebi halus.

5. Soto Banjar, Banjarmasin

via: cookpad.com

Lebaran di Banjarmasih kurang afdol sih kalau enggak menikmati soto Banjar. Soto dengan kuah bening segar, ditambah isian suwiran ayam, soun, telur rebus, perkedel kentang, bawang merah goreng, dan seledri ini bakal menggoyang lidah Kawan Muda deh. Apalagi kalau dinikmati dengan sambal kemiri, whoaa, maknyus!

6. Ayam Gagape, Makassar

via: sajiansedap.com

Bukan opor ayam yang disajikan di Makasar, tapi ayam gagape. Menu lebaran khas Makassar ini terbuat dari potongan ayam dan buras yang direbus bersama dengan berbagai rempah hingga matang dan kuahnya mengering. Kemudian, potongan ayam tersebut dimasak lagi dengan bawang merah dan putih yang sudah ditumis bersama santan. Nah, supaya lebih nikmat makanan ini ditambahkan dengan kelapa parut sangrai. Ulala, enggak kebayang deh enaknya bagaimana….

7. Buras Makassar

via: irarachma.wordpress.com

Dalam resep ayam agape kan disebut-sebut kata buras, apa sih itu? Jadi, buras adalah makanan yang terbuat dari beras, santan, garam, dan daun salam yang dibungkus dengan daun pisang. Mirip lontong sih, tapi agak gurih dan bentuknya seperti lemper. Selain disajikan di hajatan, buras ternyata  wajib disediakan saat hari-hari besar keagamaan, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha tiba.

Nah, itu tadi menu khas lebaran yang biasanya disajikan di beberapa daerah Indonesia. Seperti kata Dhea Ananda dalam lagu Baju Lebaran, kalau tak ada kupat sayur atau ayam ya tak apa-apa. Yang penting maaf dan lahir batinnya, ” hehe.

Bagaimana  nih dengan kampung halaman Kawan Muda? Apakah ada makanan khas lainnya atau punya menu favorit yang selalu disajikan saat lebaran? Share yuk di kolom komentar.

Oh iya, Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Kawan Muda yang merayakan, mohon maaf lahir dan batin ya 🙂

Sumber: Foody.id