Tahu Nggak Sih? Ternyata 7 Negara Dunia Ini Pernah Memindahkan Ibukotanya, Lho!

1.369 views

Kawan Muda, pasti kalian sudah mendengar wacana untuk memindahkan ibukota dari yang di Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan? Hal ini karena kondisi Jakarta yang dianggap tidak bisa lagi menjadi ibukota yang layak, seperti banjir, lahan sedikit, dan penduduk yang semakin banyak. Makannya wacana itu seakan menjadi hal yang “harus” terjadi agar kondisi Jakarta nggak tambah parah.

Nah ternyata ada lho beberapa negara yang “sudah” pernah memindahkan ibukotanya dulu, seperti yang akan dilakukan oleh Indonesia. Yuk, kita lihat 7 negara tersebut:

1. Nigeria

via: bbc.co.uk

Pada tahun 1991, Nigeria memindahkan ibukotanya dari Lagos ke Abuja karena terlalu padat. Sama seperti Jakarta, Lagos merupakan kota terbesar dan pusat ekonomi di Nigeria. Abuja dipilih agar menjadi lebih “netral” untuk kelompok agama dan etnis yang ada di Nigeria.

2. Rusia

via: bbc.co.uk

Dulunya, ibukota Rusia itu Moscow dari abad 14 hingga tahun 1712. Kemudian berpindah ke St. Petersburg pada tahun 1712 – 1918, dengan tujuan untuk lebih dekat ke wilayah Eropa. Tapi pada akhirnya dipindahkan kembali ke Moscow pada tahun 1918 hingga saat ini.

3. Brazil

via: bbc.co.uk

Sebelum Brasilia, Rio de Janeiro merupakan ibukota dari Brazil. Tapi lagi-lagi karena kepadatan penduduk, pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibukotanya ke Brasilia pada tahun 1961. Pemindahan ibukota ini dianggap berhasil lho, dan banyak negara yang meniru cara pemindahan Brazil ini karena kesuksesan dan keberhasilannya.

4. Myanmar

via: bbc.co.uk

Kawan Muda pasti tahu dong, kalau Myanmar dipimpin oleh Junta Militer? Nah pada tahun 2005, Junta Militer ini memindahkan ibukota yang tadinya Rangoon menuju Naypyidaw, sebuah kota yang hingga tahun 2005 tidak dipublikasikan kehadirannya. Meskipun begitu, Naypyidaw adalah sebuah kota yang lebih terpusat dan strategis daripada Rangoon, lho!

5. Kazakhtan

via: bbc.co.uk

Almaty dulunya merupakan ibukota Kazakhtan ketika merdeka dari Uni Soviet di tahun 1991. Tetapi kemudian pemerintah memindahkan ibukota ke Astana pada Desember 1997. Pemindahan ini karena kurangnya lahan, rentan terkena gema bumi, dan dekat dengan negara independen lain, yang ditakutkan akan mengakibatkan gesekan politik.

6. Tanzania

via: bbc.co.uk

Ini merupakan salah satu negara yang pindahnya sampai sekarang belum selesai. Tanzania memindahkan ibukotanya dari Dar es Salaam ke Dodoma. Meskipun sudah pindah, hampir semua kedutaan negara asing dan kantor kementrian masih berada di Dar Es Salaam, dan kantor majelis nasional berada di Dodoma. Padahal pemindahannya sudah sejak tahun 1970, tapi sampai sekarang belum juga selesai!

7. Ivory Coast

via: bbc.co.uk

Ivory Coast atau Cote d’Ivoire merupakan sebuah negara yang terletak di wilayah Afrika Barat. Pusat ekonomi dan kota terbesarnya adalah Abidjan, tapi ditahun 1983 dipindah ke Yamoussoukro. Kota Yamoussoukro merupakan daerah asal pemimpinnya pada saat itu, yaitu Felix Houphouet-Boigny. Meskipun sudah menjadi ibukota, hampir sebagian besar kantor pemerintahan dan kedutaan berada di Abidjan.

Tuh kan, ternyata banyak juga ya negara-negara yang sudah memindahkan ibukotanya! Pemindahan ibukota ini tentu adalah hal yang baik, meskipun agak sulit dan kewalahan pada awalnya, tapi kalau buat kemajuan negara sendiri, kenapa nggak? Ya nggak, Kawan Muda?

sumber: BBC