Sudah Pernah Lihat Belum? 9 Foto Sejarah Ini Kamu Pasti Nggak Pernah Lihat Sebelumnya di Buku Sejarahmu!

2.275 views

Di era teknologi seperti sekarang, mengabadikan momen spesial dalam hidup seakan lebih mudah. Kehadiran kamera yang mudah di dapat dengan harga yang juga terjangkau memungkinkan kita untuk mendalami fotografi lebih mendalam. Dahulu sebelum teknologi berkembang, sulit sekali untuk mengabadikan momen spesial karena kehadiran kamera masih terbilang jarang. Sehingga kalau kita menemukan foto hitam putih yang bisa merujuk pada kejadian sejarah lampau, maka momen tersebut sangatlah langka.

Nah ada beberapa foto dibawah ini yang bisa membuktikan kejadian sejarah populer masa dulu. Dijamin deh, kalian akan sulit sekali untuk menemukan foto-foto ini di buku sejarah yang kamu miliki. Dilansir dari brightside, ini dia foto-foto tersebut:

1. The Titanic Orphans

via: brightside.me

Michael dan Edmond Navratil merupakan salah satu korban selamat dari tenggelamnya kapal Titanik. Ayah mereka tewas dalam kejadian tersebut, dan foto kedua anak ini disebarkan di koran untuk mengetahui keluarga mereka. Sebelum foto ini disebar tidak ada yang tahu nama asli dari kedua anak ini, dan mereka dinamakan Louis dan Lola serta diberi julukan the Titanic orphans. 

2. Pinhus Karlinsky

via: brightside.me

Pinhus Karlinsky merupakan seorang pria yang bekerja di tanggul Chernigov berumur 84 tahun. Pengambil foto ini, S.M. Prokudin Gorsky, menuliskan dalam notesnya bahwa Pinhus sudah bekerja sejak 66 tahun, dan foto ini diambil pada tahun 1909! Luar biasa kan?

3. Francis Mellersh

via: brightside.me

Pria yang sedang dicukur rambutnya dalam foto adalah Francis Mellersh, seorang pilot dari Royal Air Force. Foto ini diambil pada tahun 1942 di Fairlop Airfield Base, Essex, Inggris. Francis dicukur rambutnya tepat sebelum pergi untuk melakukan misi lain.

4. Georges Blind

via: brightside.me

Georges Blind merupakan salah satu anggota pemberontak Prancis pada masa Perang Dunia II. Ketika tertangkap pada tahun 1944 oleh Nazi, Georges menolak untuk berbicara dan akhirnya diputuskan untuk dieksekusi. Namun ternyata akhirnya Georges dideportasi ke Blechhammer, sebuah kamp konsentrasi, dan terbunuh disana. Foto ini diselamatkan oleh seorang fotografer dari Prancis secara diam-diam.

5. Ku Klux Klan

via: brightside.me

Ku Klux Klan merupakan sebuah organisasi berbahaya yang sudah ada sejak jaman perang sipil di Amerika Serikat pada tahun 1865. Dalam foto ini, salah satu member Ku Klux Klan sedang mengendarai mobil sambil membawa tali gantungan diluar kaca jendelanya. Tali gantungan ini sebagai bentuk ancaman untuk orang Afrika Amerika di Miami ketika mereka hendak mengambil bagian dalam pemilihan di Mei 1939.

6. Florence Thompson

via: brightside.me

The Great Depression merupakan salah satu kejadian sejarah yang mengancam kehidupan banyak orang di Amerika Serikat pada tahun 1929-1939. Seorang fotografer bernama Dorothea Lange berusaha mengabadikan ekspresi yang dimiliki dari orang-orang pada masa tersebut. Salah satunya adalah Florence Thompson. Florence merupakan seorang ibu tunggal dari 7 anak. Foto ini sangatlah populer, dan memperlihatkan bentuk nyata masalah yang ada pada era kontemporer di Amerika Serikat.

7. Salvador Allende

via: brightside.me

Presiden Chili, Salvador Allende, sedang berjalan keluar dari tempat tinggalnya pada 11 September 1973. Pada saat itu di Chili sedang dalam masa pemberontakan yang dipimpin oleh militer negara. Salah satu penjaga dari kediaman president sedang memegang pistol otomatis berjenis AK-47, hadiah dari Fidel Castro. Beberapa waktu kemudian Allende ditemukan tewas terbunuh oleh pistol tersebut.

8. Yellow Bellies

via: brightside.me

Kalian pasti berpikir ketika melihat foto ini, “kok mereka tidurnya tengkurap begitu, ya?” atau “aneh banget, nggak capek apa ya tidur posisi begitu?”. Tapi jangan salah lho, para pekerja abad 20 ini disebut yellow bellies karena di punggung mereka ada pisau grinder, sehingga tidur dengan posisi ini melindungi punggung mereka sekaligus mencegah agar mereka tidak bungkuk. Nah anjing-anjing ini mereka dibawa dari rumah sebagai teman yang menemani mereka pada saat tidur untuk menghangatkan kaki mereka.

9. Shigeki Tanaka

via: brightside.me

Shigeki Tanaka merupakan orang pertama yang berhasil mencapai garis finish pertama pada acara Maraton Boston tahun 1951. 6 tahun sebelumnya, Tanaka merupakan salah satu orang yang selamat dalam pemboman Hiroshima oleh American Air Forces. Ketika Tanaka sampai di garis finish, semua orang yang melihat hal tersebut terdiam dan tidak menyambut dengan meriah.

Wah foto-foto ini berkesan sekali ya memang, Kawan Muda? Banyak diantara foto-foto ini yang tidak diketahui sebelumnya sehingga dengan adanya foto ini bisa membantu kita untuk memperdalam ilmu sejarah. Kalau ada foto-foto lain yang tidak di share disini, jangan lupa berbagi di kolom komentar, ya!