Pagelaran Olahraga Asia atau Asian Games 2018 akhirnya resmi dibuka pada hari Sabtu (18/8) lalu. Kawan Muda yang nonton opening ceremony alias Pesta Pembukaan Asian Games 2018, tentu masih kebawa suasana dong sampai sekarang?

Bagaimana enggak kebayang-bayang terus, enggak nyangka banget kan pesta pembukaannya se-pecah itu? Indonesia ternyata bisa, lho, bikin acara sekelas dunia begitu! Sungguh salut dan acung empat jempol deh pada pihak-pihak yang terlibat dalam proses perisapan pesta pembukaan Sabtu lalu.

Setelah di buka pada Sabtu malam, para atlet mulai berjuang untuk memperebutkan posisi juara sejak hari Minggu kemarin. Hayo, pada nonton atau mendukung para atlet Indonesia, enggak? Sebagai tuan rumah, kita harus turut menyukseskan pagelaran empat tahunan ini dengan ikut mendukung perwakilan Indonesia yang bertanding.

Nah, berbicara tentang Asian Games 2018, kita tahu nih bahwa ada sejumlah kejadian-kejadian yang ‘tak terduga’ yang terjadi menjelang dan bahkan setelah pembukaan Asian Games 2018. Beberapa memang kejadian yang enggak mengenakkan sih, tapi ada juga yang bikin kita takjub dan bangga. Hemm, kira-kira kejadian apa sajakah itu?

1. Kontroversi bendera bertiang bambu

Bendera-bendera Negara peserta Asian Games 2018 yang disangga bambu ala kadarnya | via: tribunnews.com

Pada akhir bulan Juli lalu, di pembatas jalan depan Mal Emporium Pluit berkibar bendera-bendera Negara peserta Asian Games 2018. Yang mengejutkan, bendara tersebut disangga oleh tiang bambu ala kadarnya. Hal ini tentu saja menjadi perhatian masyarakat karena dianggap ‘enggak cantik’dan ‘malu-maluin’ Indonesia.

Padahal, alasan di balik pemasangan bendera tersebut benar-benar mulia, lho. Yup, bendera tersebut dipasang atas inisiatif warga bernama Muhammad Tamran Daeng Tahang. Dia ingin ikut menyambut dan menyemarakkan gelaran Asian Games di Jakarta. Biaya pemasangan bendera pun ditanggung sendiri olehnya dan hasil patungan warga yang setuju akan idenya.

2. Stadion Jakabaring rusak sebelum Asian Games dimulai

Stadion Jakabaring rusak sebelum Asian Games dimulai | via: kumparan.com

Pagelaran Asian Games 2018 belum mulai, eh, salah stadion utamanya sudah rusak duluan. Semua akibat ulah suporter tak bertanggung jawab pasca menonton laga Sriwijaya FC versus Arema pada 21 Juli lalu di Stadion Jakabaring.

Gara-gara kericuhan suporter tersebut, kursi penonton mengalami kerusakan parah. Ya, pendukung Sriwijaya FC yang merasa tak puas karena tim mereka kalah langsung melucuti kursi dan melemparnya ke pinggir lapangan. Adududu, mau nonton bola atau ngapain sih mereka? Jangan ditiru ya, Kawan Muda!


BACA JUGA:


3. Pesta pembukaan Asian Games yang super meriah

Upacara Pembukaan Asian Games 2018 yang berjalan megah dan meriah | via: bbc.com

Meskipun ada kejadian yang tak mengenakkan sebelum pagelaran Asian Games 2018 dibuka, ‘luka’ masyarakat Indonesia akhirnya terobati dengan Upacara Pembukaan Asian Games 2018 yang berjalan megah dan meriah!

Panggung megah dengan lighting menawan, ribuan penari nan gemulai, musisi Indonesia dengan suara merdunya, benar-benar menciptakan harmonisasi yang indah. Ah, enggak bisa diungkapkan dengan kata-kata, deh, pokoknya.

Saking pecah-nya, para orang hebat di balik panggung super megah tersebut seperti Wishnutama, Rinaldy Yunardi, Dynand Fariz, Adi MS, Ronald Steven, Eko Suprianto, dan Deny Malik, kini menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia.

4. Heboh Presiden Jokowi jadi Kamen Rider

Presiden Jokowi tampil layaknya aktor kenamaan di film-film action | via: nakita.grid.id

Masih seputar Upacara Pembukaan Asian Games yang super megah,  aksi Presiden Jokowi tak luput dari perhatian publik. Bagaimana tidak, Presiden Jokowi tampil layaknya aktor kenamaan di film-film action pada Upacara Pembukaan Asian Games 2018 kemarin.

Meskipun Pak Jokowi tidak benar-benar melakukan aksi berbahaya tersebut dan digantikan oleh stuntman,  masyarakat Indonesia tetap takjub dengan akting Pak Jokowi yang begitu meyakinkan, hehe. Ngaku deh, sempat  ngira itu Pak Jokowi beneran kan?

5. Masyarakat protes pengelolaan tiket Asian Games yang semrawut di hari pertama

Masyarakat protes pengelolaan tiket Asian Games yang semrawut di hari pertama | via: Tribunnews.com

Pesta pembukaannya sih meriah, tapi tiketnya bobrok begini…

Itulah komentar dari penonton yang telah mengantre berjam-jam demi bisa menukar tiket masuk ke arena pertandingan pada hari Minggu kemarin. Mereka yang sudah datang pagi pun mengaku kecewa karena melewatkan pertandingan yang diinginkan.

Ya, inilah ujian pertama Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Hemm, semoga permasalahan tiket ini bisa segera diatasi oleh pihak penyelenggara, ya.

6. Prestasi mengagumkan atlet Indonesia di hari pertama Asian Games

Prestasi mengagumkan atlet Indonesia di hari pertama Asian Games | via: Berbagai sumber

Di hari pertama, atlet Indonesia sudah memberi suntikan semangat, nih. Yup, Edgar Xavier Marvelo menjadi atlet pertama yang menyumbang medali perak dari cabang olahraga wushu. Disusul dengan Defia Rosmaniar yang menyumbang medali emas pertama bagi Indonesia dari cabang olahraga taekwondo.

Whoaaa, awal yang baik ya untuk Indonesia. Semoga keberhasilan para atlet di hari pertama menjadi penyemangat bagi atlet lain yang akan berjuang membawa nama Indonesia di hari-hari berikutnya. Ayo, Indonesia bisa!!!