Selain Indonesia, ini lho 10 negara dengan pemandangan indah dan biaya hidup rendah yang layak jadi rumah kedua!

5.071 views
via: brightside.me

Sudah menjadi impian semua orang untuk bisa tinggal di tempat yang nyaman dengan keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa. Tentunya, biaya hidup juga menjadi pertimbangan saat memilih tempat yang layak ditinggali.

Sebagus apa pun suatu tempat,  kalau biaya hidupnya tinggi bakal bikin stress juga, hehe.Hidup pun bukannya nyaman malah kepikiran dengan tuntutan hidup yang makin tinggi.


BACA JUGA : Buat interior rumahmu makin keren dengan 25 trik dekorasi simpel dan unik ini!


Nah, ada beberapa negara dengan keindahan alam yang luar biasa, tapi biaya hidupnya tidak terlalu tinggi dan hidup di sana ternyata tidak sesulit seperti yang kita bayangkan. Hmm…kira-kira negara mana saja ya? Yuk,langsung saja disimak daftarnya.

1. Kamboja.

via: brightside.me
via: brightside.me

Sepertinya sudah bukan menjadi rahasia jika biaya hidup di Kamboja sangat murah. Makanan dan transportasi bisa didapat dengan harga terjangkau. Sewa rumah di Kamboja juga cukup murah, lho. Satu rumah besar dengan dua kamar tidur disewakan dengan harga kurang dari 5 juta per bulan—dan bisa lebih rendah kalau ukuran rumahnya makin kecil.

2. Vietnam.

via: brightside.me
via: brightside.me

Sebuah surat kabar ternama asal Italia  pernah menobatkan Vietnam sebagai tempat yang paling bagus untuk ditinggali. Biaya kesehariannya rendah dan wilayahnya memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Dari hutan hujan tropis hingga wilayah perairan dengan batu karang yang indah.

3. Laos.

via: brightside.me
via: brightside.me

Terkenal dengan lanskap pegunungan dan kuil-kuil Buddha yang indah, Laos menjadi salah satu negara yang menarik untuk ditinggali. Kamu bisa hidup tenang di sini dengan biaya hidup sekitar Rp 120.000/harinya.


BACA JUGA : Desa Munduk, destinasi wisata anti mainstream di Bali yang harus masuk list liburanmu!


4.Thailand.

via: brightside.me
via: brightside.me

Meski Thailand adalah destinasi wisata populer, biaya hidup di sana bisa dibilang cukup rendah. Harga sewa apartemen per bulannya sekitar Rp 2—4 jutaan dan pengeluaran untuk satu kali makan hanya Rp 13—39 ribu.

5. Nepal.

via: brightside.me
via: brightside.me

Terkenal dengan nuansa spiritual dan  keindahan alam yang bagai surga, Nepal menjadi salah satu negara dengan biaya hidup terendah di dunia—selain India. Kamu bisa makan sepuasnya dengan hanya merogoh kocek Rp 13.000! Sewa harian apartemen di Kathmandu juga murah sekitar Rp 13.000—26.000 per harinya.

6. Tiongkok.

via: brightside.me
via: brightside.me

Jangan melihat wilayah kotanya yang luar biasa padat, cobalah melongok ke daerah perdesaan Tiongkok. Suasananya damai dengan pemandangan hamparan sawah menghijau. Biaya hidup yang kamu keluarkan per harinya juga cukup rendah sekitar Rp 26.000.


BACA JUGA : Bingung pingin liburan kemana? Yuk, cek 8 destinasi yang sedang populer di kalangan wisatawan Indonesia saat ini!


7. Bulgaria.

via: brightside.me
via: brightside.me

Buat yang ingin punya pengalaman tinggal di Eropa, Bulgaria bisa kamu jadikan pilihan. Meski biaya hidupnya jauh lebih tinggi daripada negara Asia atau Amerika Latin, untuk standar Eropa biaya hidup di Bulgaria sangat murah.  Di Bulgaria kamu bisa menyewa apartemen dengan harga Rp 2.600.000/bulan.

8. Nikaragua.

via: brightside.me
via: brightside.me

Tempat menakjubkan lainnya dengan biaya hidup yang masih rendah adalah Nikaragua. Harga makanan dan sewa apartemen di negara ini cukup murah. Dengan budget 13 juta rupiah kamu bisa menyewa apartemen yang besar (serta membayar tagihan listrik dan air), biaya makan sebulan, dan masih tersisa uang untuk memanjakan diri.

9. Guatemala.

via: brightside.me
via: brightside.me

Negara yang kaya dengan peninggalan budaya ini juga worth-it banget dijadikan rumah kedua. Biaya sewa apartemen hanya Rp 2,6 juta/bulan. Budget untuk makan per minggu juga murah sekitar Rp 320.000—533.000.


BACA JUGA : 9 pantai sepi dan eksotis yang bikin kamu serasa punya pantai pribadi! Yuk, kesini!


10. Peru.

via: brightside.me
via: brightside.me

Biaya hidup di Peru memang bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Ya, tapi masih tergolong murah lah mengingat kamu bisa menikmati peninggalan budaya dan pemandangan yang luar biasa indah.

**

Dari 10 negara di atas, mana yang ingin kamu jadikan rumah kedua, Kawan Muda? Ya, kali saja kamu pengin mencoba bekerja atau wisata ke luar negeri dalam jangka waktu yang lama 🙂