10 perusahaan ini “mengendalikan” dunia. Dan kamu menggunakan produknya sehari-hari

27.868 views
via: kaskus.co.id

Kawan Muda mungkin sudah enggak asing lagi dengan produk-produk seperti Nescafe, Kit Kat, Garnier, Maybelline atau The Body Shop. Eits… Kita Muda enggak lagi iklan ya, tapi pengin tahu saja apakah Kawan Muda tahu kalau semua produk tersebut berasal dari satu perusahaan yang sama yaitu Nestlé S.A.?!?

Tanpa disadari, hampir sebagian besar orang di dunia membeli produk dari perusahaan itu-itu saja. Dan mungkin sebagian besar uangmu juga lari ke perusahaan yang sama meskipun produk yang kamu beli berbeda-beda.


BACA JUGA :


Ya, ada 10 perusahaan besar dunia yang ternyata menjadi “penguasa” untuk sebagian besar barang kebutuhan sehari-hari yang dijual di pasaran. Tanpa mereka nih, entahlah apa yang terjadi pada kita semua. Karena memang produk yang mereka keluarkan adalah yang mayoritas dipakai dan dibutuhkan sebagian besar orang.

Hemm… kira-kira perusahaan apa sajakah itu? Yuk, kita simak daftarnya.

1.  Kraft Foods

via: confectionerynews.com

Semua pasti tahu biskuit Oreo, coklat Cadbury, atau Toblerone yang punya bentuk khas itu. Tapi sadar enggak sih kalau mereka berada di bawah bendera perusahaan yang sama yaitu Kraft Foods?!? Perusahaan yang didirikan pada tahun 1903 oleh James Kraft ini memang menjadi penghasil makanan kemasan terbesar kedua di dunia dan barang produksinya telah dijual di 155 negara, lho!

2. Nestlé S.A.

via: canadians.org

Kalau Kawan Muda menganggap Nestlé cuma mengeluarkan produk susu dan kopi saja, hemm…kamu salah besar! Memang sih, Nestlé adalah produsen produk makanan terbesar di dunia. Namun ternyata, beberapa merk pakaian dan make up ternama juga berada di bawah perusahaan ini, lho. Sebut saja Yves Saint Laurent, Diesel, Giorgio Armani, Garnier, Maybelline, The Body Shop, hingga Kiehl’s!

3. Procter & Gamble

via: vucareercenter.wordpress.com

Perusahaan ini identik dengan produk samponya. Tapi siapa sangka, ternyata perusahaan ini juga punya produk-produk lain yang bikin Kawan Muda bengong-bengong deh kalau tahu list-nya. Seperti pakaian Lacoste, baterai Duracell, hingga produk pelembut pakaian Downy! Selain produsen produk kemasan, P&G juga dikenal sebagai perusahaan perikanan terbesar, lho! Keren!

4. Johnson & Johnson

via: veganrabbit.com

Mendengar nama ini pasti yang terlintas di benak Kawan Muda adalah produk perlengkapan bayi dan balita. Ya, Kita Muda juga punya anggapan yang sama. Tapi ternyata, Johnson & Johnson punya lebih dari 230 anak perusahaan, lho! Tak hanya perlengkapan bayi dan balita, perusahaan ini juga memproduksi kosmetik, produk kesehatan, sampai peralatan medis!

5. Unilever

via: emaze.com

Kalau yang ini semua pasti sudah tahu lah ya produk-produknya apa saja. Hehe, karena tanda “U”-nya itu lho familiar dan sering terlihat di produk-produk yang kita pakai sehari-hari. Coba deh kamu hitung berapa banyak produk di rumah kamu yang berasal dari Unilever, hehe.

6. Mars

via: pitt.edu

Mungkin banyak orang yang enggak sadar, tapi hampir setiap harinya sebagian besar orang mengonsumsi coklat dan permen dari perusahaan yang sama yaitu Mars! Ckck, pasti kamu mengira coklat M&M dan Snickers itu berasal dari perusahaan yang berbeda, hihi…

7. Kellogg’s

via: thekrazycouponlady.com

Buat kamu yang sehari-harinya sarapan sereal, pasti sudah enggak asing dong dengan merk Kellogs’s. Mungkin kamu berpikir Kellogg’s hanya memproduksi sereal saja. Tapi ternyata nih, Kellogg’s juga memproduksi obat-obatan, lho!

8. General Mills, Inc.

via: generalmills.com

Pernah tahu es krim Häagen-Daz? Nah, ternyata brand premium tersebut ada di bawah perusahaan General Mills, Inc., lho! Selain memproduksi makanan, perusahaan ini juga memiliki fokus untuk memproduksi mainan dan pakaian.

9. PepsiCo

via: pinterest.com

Kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan produk minuman berkarbonasi rasa kola dengan merk Pepsi. Merk ini berada di bawah perusahaan PepsiCo yang ternyata juga menjadi induk dari sederet produk ternama seperti Lay’s, Doritos, Lipton, Quaker, bahkan KFC dan Pizza Hut!

10. Coca-Cola

via: seekingalpha.com

Kalau yang satu ini produk minuman kola-nya adalah saingan dari Pepsi. Selain terkenal dengan minuman Coca Cola-nya, perusahaan ini juga memproduksi merk lain seperti Fanta, Sprite, Minute Maid, dan berbagai produk minuman non alkohol lainnya.

Nah, itulah 10 perusahaan besar dunia yang sebagian besar produknya menemani aktivitas kita sehari-hari. Hehe, enggak menyangka kan kalau ternyata kita tuh beli produk ya cuma muter-muter di perusahaan itu saja. Atau mungkin ada yang jadi konsumen loyal satu perusahaan saja?!?