Pernikahan adalah momen sakral yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Karena alasan itulah, sebagian besar beranggapan bahwa resepsi pernikahan harus berkesan dan meriah agar tak terlupakan seumur hidup. Sayangnya, meriah dan berkesan kemudian diterjemahkan ke dalam sebuah pesta yang besar-besaran dan…mahal.

Padahal, pesta yang meriah dan berkesan itu enggak harus mahal. Apalagi kehidupan setelah pernikahan juga memerlukan biaya yang enggak kalah besar, dan lebih baik uang untuk pesta disimpan untuk membina rumah tangga. Yaaa, kecuali kamu memang punya rezeki lebih atau tajir melintir seperti sederet artis berikut ini.

Bisa dibilang pernikahan mereka ini digadang-gadang sebagai pernikahan termewah di Indonesia 2017. Mungkin enggak seheboh pernikahan mewah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pada 17 Oktober 2014 silam, yang dilakukan di 3 kota besar, ditayangkan di stasiun TV nasional pula, dan biayanya mencapai Rp 1 miliar.

Namun pernikahan sederet selebriti ini, dilihat dari gedung, dekorasi, riasan, gaun, dan souvenirnya, masuk dalam kategori megah. Lantas, pernikahan siapa saja sih? Yuk, simak ulasan Kita Muda berikut ini.

1. Raisa dan Hamish Daud

Gedung resepsi pernikahan Raisa dan Hamish harga sewanya mulai dari Rp 628 juta! | via: bridestory.com

Pernikahan Raisa dan Hamish memang terlihat sederhana dan elegan, tapi kalau dihitung-hitung, dana yang dibutuhkan cukup fantastis. Dilihat dari gedung, keduanya memilih Ayana MidPlaza, Sudirman, yang menurut sebuah situs pernikahan, harga sewanya mulai dari Rp 628 juta!

Masih ingat mas kawin yang diberikan? Hamish memberi Raisa mas kawin berupa logam mulia 500 gram. Anggap saja 1 gram-nya Rp 670 ribu, kalau dikali 500 gram? Wadidaw, totalnya Rp 300 jutaan! Itu masih sewa gedung dan mas kawin, belum katering, souvenir, dan lain-lain. Hemm, kerja keras bagai kuda dulu deh…

2. Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran

Meski mas kawin hanya uang senilai Rp 950 ribu, kemewahan pesta pernikahan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran tak terelakkan | via: womantalk.com

Mas kawin yang diberikan Engku Emran pada Laudya Cynthia Bella boleh saja hanya senilai 300 ringgit atau sekitar Rp 950 ribu. Tapi kalau dilihat di mana pesta pernikahan keduanya dilaksanakan, yaitu Binjai 8 Premium Soho, Kuala Lumpur, sepertinya meski dikatakan pesta kecil sekalipun, sewa gedungnya enggak bisa dibilang murah.

3. Vicky Shu dan Ade Imam

Vicky Shu dan Ade Imam menikah di Candi Borobudur dengan adat Jawa lengkap | via: Instagram @divinevision.id

Penyanyi cantik yang satu ini melangsungkan pernikahannya di Candi Borobudur dengan tema garden party. Kawan Muda tentu bisa mengira-ngira sendiri kan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk menyewa venue di situs Warisan Dunia tersebut?

Meski Vicky Shu menolak dikatakan mewah, menikah di Candi Borobudur dengan adat Jawa lengkap (dan menggunakan sekitar 5—6 baju!), tentu membutuhkan biaya yang enggak sedikit. Namun mungkin buat Vicky Shu dan Ade Imam, jumlah segitu kecil kali, ya? Enggak kayak kita-kita crazy poor Asian :”(

4. Nassar dan Muzdalifah

Resepsi pernikahan Nassar dan Muzdalifah menelan biaya sebesar Rp 4 miliar| via: sabigaju.com

Well, dua pasangan sensasional ini memang sudah lama sih menikahnya dan sedih banget karena harus berakhir dengan perceraian :”(. Pesta pernikahan Nassar dan Muzdalifah digelar di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Nah, tempat tersebut diubah selayaknya negeri 1001 malam dengan Nassar dan Muzdalifah sebagai raja dan ratunya. Usut punya usut, resepsi pernikahan mereka menelan biaya sebesar Rp 4 miliar.

5. Anang Hermansyah dan Ashanty

Anang Hermansyah dan Ashanty diarak bak putri dan pangeran saat prosesi ngunduh mantu di Jember| via: Cumicumi.com

Pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty melangsungkan resepsi pernikahan di dua tempat, Jakarta dan Jember. Di Jakarta, keduanya menggelar resepsi mewah di sebuah hotel bintang lima dan disiarkan langsung oleh televisi nasional!

Satu bulan kemudian, keduanya melakukan prosesi ngunduh mantu di Jember. Acara di Jember ini enggak kalah meriah dari pernikahan Prince William dan Kate Middleton. Yup, dua pasangan ini naik kereta kuda dan diarak seluruh warga Jember. Pokoknya berasa pesta rakyat deh.

Itulah tadi beberapa pernikahan termewah di indonesia 2017 dan pernikahan mewah di Indonesia yang berhasil masuk Rekor MURI! Mau mewah atau sederhana, semua keputusan ada di tangan Kawan Muda.

Namun pada dasarnya, momen bahagia ini adalah pengesahan hubungan kamu dan pasangan, bukan karena gengsi semata. Betul? Bagaimana nih pendapat Kawan Muda menanggapi pernikahan mewah artis di atas?